Bantu WNI di Italia Selatan, KBRI Roma Adakan Warung Konsuler

Oleh : Krishna Anindyo | Rabu, 21 Oktober 2020 - 11:15 WIB

Warung Konsuler di Wilayah Calabria (Photo by Kemlu)
Warung Konsuler di Wilayah Calabria (Photo by Kemlu)

INDUSTRY.co.id - Rende – Untuk mempermudah akses para WNI yang berada di Selatan Italia, KBRI Roma selenggarakan Warung Konsuler di wilayah Calabria.

Pelayanan kekonsuleran seperti pembaharuan paspor, diperlukan oleh para WNI yang berada di luar negeri, tidak terkecuali para WNI yang tinggal jauh dari kantor Perwakilan Indonesia.

Kegiatan “Warung Konsuler" juga diikuti pertemuan dengan perwakilan masyarakat dan mahasiswa Indonesia di Calabria.

“Kami tak henti mengajak masyarakat Indonesia untuk selalu kompak, rukun dan damai, serta menjalin komunikasi yang baik dengan KBRI Roma terutama pada masa kondisi kesehatan darurat di Italia akibat pandemi COVID-19," ujar Wakil Kepala Perwakilan Indonesia di Roma, J.S George Lantu melalui keterangan yang diterima redaksi pada Rabu (21/10).

Italia masih berada pada fase kedua “living with the virus". Pemerintah Italia telah menerapkan berbagai peraturan serta terus memperbarui ketentuan pembatasan untuk membendung penyebaran pandemi COVID-19.

Dalam situasi ini, KBRI Roma juga menyampaikan dukungan logistik bagi para WNI  berupa bahan makanan pokok, masker, vitamin dan hand sanitizer.

Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Calabria, Halimah Purnama Putri menyampaikan apresiasinya atas kunjungan KBRI Roma, kegiatan tersebut adalah momen yang  baik untuk menjalin keakraban dan silaturahim antara masyarat Indonesia dan KBRI Roma.

Dalam diskusi, para mahasiswa aktif menyampaikan masukan terkait situasi dan kondisi di Calabria, permasalahan kekonsuleran hingga potensi kerja sama promosi sosial budaya Indonesia dan peningkatan people-to-people contact.

Kegiatan “Warung Konsuler" dilakukan mengingat terdapat kebutuhan dan permintaan WNI yang berdomisili di Calabria untuk pelayanan kekonsuleran meliputi pengambilan data biometri untuk pembuatan dan perpanjangan paspor, lapor diri, pembuatan surat keterangan lahir dan surat keterangan lain.

Kegiatan dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol keselamtan COVID-19, antara lain pengukuran suhu tubuh, penggunaan masker dan hand sanitizer.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mensos Juliari P Batubara dan walikota Tangsel Airin berdialog dan menyerahkan bansos sembako presiden tahap V di Serpong, Tangsel

Minggu, 06 Desember 2020 - 08:00 WIB

Nikmatnya Dana Bantuan Sosial

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan tiga tersangka kasus korupsi berupa penerimaan sesuatu oleh penyelenggara negara atau yang mewakilinya di Kementerian Sosial RI terkait bantuan sosial…

Dirjen IKMA Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih

Minggu, 06 Desember 2020 - 07:15 WIB

Gelar Creative Fest, Kemenperin Dorong Industri Kreatif Berkontribusi Penuh di Masa Pandemi

Wujud nyata yang direalisasikan oleh Kemenperin guna mencapai sasaran tersebut, antara lain yakni melalui penyelenggaraan Creative Fest oleh Bali Creative Industry Center (BCIC). Tahun ini,…

Jalan Tol

Minggu, 06 Desember 2020 - 07:00 WIB

Pengusaha Jepang Tertarik Sejumlah Sektor Infrastruktur Nasional

Delegasi pemerintah Indonesia yang dipimpin Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri BUMN Erick Thohir melakukan kunjungan ke Jepang. Ini adalah kunjungan kali kedua dari…

Wadan Korps Marinir Berikan Pengarahan kepada Tandik Sesko TNI Angkatan XLVII

Minggu, 06 Desember 2020 - 06:00 WIB

Wadan Korps Marinir Berikan Pengarahan kepada Tandik Sesko TNI Angkatan XLVII

Wadankormar mengucapkan selamat atas kelulusan Tandik Sesko TNI, dan menekankan agar para Perwira Menengah berpangkat Kolonel yang berada di hadapannya segera menyesuaikan diri dengan situasi…

Prajurit MarinirTerjun Tempur

Minggu, 06 Desember 2020 - 05:30 WIB

Prajurit Yontaifib 1 Marinir Tingkatkan Kemampaun Terjun Tempur

Kegiatan terjun tempur ini dilaksanakan dengan ketinggian 6000 feet yang dibagi dalam 2 sorty 4 run dengan menggunakan pesawat Cassa U-6211 Skuadron 600 Wing Udara 1 Puspenerbal Tanjung Pinang…