Sadar, Bijak Berhemat dan Manfaat Menggunakan Pulsa Data Gadget Anda

Oleh : Hendra Triana, Praktisi IT,Dosen Dan Bisnis Analis | Jumat, 28 April 2017 - 13:00 WIB

Hendra Triana, Praktisi I.T, Dosen & Business Analyst
Hendra Triana, Praktisi I.T, Dosen & Business Analyst

INDUSTRY.co.id - Maraknya aplikasi berbasis Online dan Medsos “Jejaring Sosial”, menuntut  semua pemilik dan pengguna Smart Phone atau Gadget meng-install aplikasi tersebut, terlebih penggunaan Media Sosial seperti  WA “whatupps” , FB “Face Book “, Twiter, Istagram, Line, dan sebagainya) yang tidak terbendung, sehingga sangat maklum para pengguna, semua level dan kalangan menganggap “Smart Phone / Gadget-nya “ sebagai suatu kebutuhan utama dan wajib diberikan jatah biaya Pulsa dan Data setiap saat membutuhkannya.

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi ( ICT : Information Communication and Technology ) dalam era Smart Phone semakin Canggih dan terjangkau harganya, dapat dilihat dalam setiap Lokasi, Kondisi dan Situasi, para pengguna membawa dan menggunakan Gadget-nya ( di sarana transportasi Umum Masal, di Pasar, Mal, di Sekolah d tempat Hiburan ), setiap orang rata-rata membawa 1 (satu) Gadget bahkan ada yang lebih untuk membagi kepentingan tugas Pribadi dengan Bisnisnya dan alasan lainnya.

Karena didorong atas dasar kebutuhan komunikasi dan interaksi sosial ,akhirnya menjadi “kewajiban”  dan trend “Life Style” Gaya Hidup setiap Individu terutama di Kota-kota besar dan saat ini sampai kepelosok desa. Disisi lain memacu para Operator Penyelengara Telekomunikasi berlomba untuk Promosi dan menjual Pulsa dan Paket Data, tanpa berfikir panjang       ( tentang aspek Harga, Jumlah Quota Data, dan aspek teknis lainnya ) para pengguna jasa operator telekomunikasi langsung membeli dan menggunakannya.

Resiko Gagal transfer pulsa, hilang Pulsa, atau Quota Data yang habis sebelum waktunya, masa tenggang pakai dan banyak lagi kasus kecil lainnya yang terkadang banyak tidak dipedulikan dan tidak disadari oleh para pengguna karena nilainya tidak material             ( hitungannya hanya Ratus Rupiah saja).

Berikut Penulis mencoba meng-ilustrasikannya sebagai bahan sharing Pemahaman untuk dipikirkan oleh para pengguna Pulsa dan Data di Smart Phone dan Gadget supaya lebih berhemat dan bermanfaat  :

Berikut  contoh Promosi  salah satu Operator Telekomunikasi ….

  • Harga Paket Data 1 GB ( Gigabytes )  Rp. 50.000,-untuk 30 Hari, 1 GB (GigaBytes) = 1024 Mb (Mega Bytes), artinya Anda harus membayar  1 Gb seharga Rp.50.000,-                                             ( Lima Puluh Ribu Rupiah ), Maka, Rp.50.000 / 1024 Mb = Rp. 48.8/Mb. Yakin Jawaban Anda semua dengan Harga per Mb = Rp.48.8 , SANGAT MURAH SEKALI ?
  • Jika anda misalkan mengirimkan Video melalui WA (dibaca “whatupps” )  ukuran satu file sebesar 8.1 Mb, Artinya Anda telah mengeluarkan Biaya Pulsa Data sebesar,             8.1 Mb  x Rp.48.8,- = Rp.395.28,-, Yakin sekarang anda sudah mulai berpikir,                           MASIH MURAHKAN ?
  • Jika Uang anda yang berkurang Rp. 395.28, setiap Kirim Video mungkin masih TERASA RINGAN ? Sekarang Anda Pikirkan dan Mulai Berhitung , Rata-rata setiap Group Wa  ada sebanyak minimal 10 (sepuluh)  Orang Anggota. Jika anda mengirim Video sebesar          8.1 Mb dibuka oleh 10 Anggota, maka Anda sudah BERHASIL Memotong PULSA Teman Anda sebesar  8.1 Mb x 10 x Rp. 395.28 = Rp. 32,041.98,-
  • Dapat dibayangkan saat ini Pelanggan / Pengguna  dari setiap Operator mencapai         80 Juta Pelanggan, sebagai contoh pengguna WA kita dianggap 20% saja, maka  perhitungannya adalah : 16 Juta x Rp. 32,041.98 = Rp. 512,67 Milyar, SANGAT MENAKJUBKAN ! Ini adalah Biaya yang diterima oleh Operator Paket Data saja dalam setiap Anda Kirim Video yang berukuran 8.1 Mb, belum lagi mengirim atau men-copy dan  mem-forward (kirim ulang)  file lainnya dalam bentuk format yang beragam, silakan anda sudah dapat berhitung  sendiri  !!!
  • Tidak ada yang perlu disalahkan, Penulis hanya sekedar menyaddarkan Anda dan Teman anda sekalian untuk selalu tetap bijak, berhemat dan manfaat tidak lagi mengirimkan, mencopy atau mem-forward  video atau File format lainnya yang “dianggap” lucu, menarik dan keren apalagi hoax (Berita Bohong ), SARA dan porno-graphi/ aksi tetapi secara tidak sadar memaksa Memotong Pulsa Data                si penerimanya ?
  • Salam “Revolusi Mental  Menuju  Indonesia Emas dan Mercusuar Dunia akan segera terwujud” , semoga informasi ini bermanfaat.

Hendra Triana, berprofesi sebagai : | Bisnis Analis | Pengamat & Praktisi bidang TIK-Teknologi Informasi dan Komunikasi | Dosen Perguruan Tinggi Swasta | Sekretaris Jendral : KIRM-Komite Independen Revolusi Mental Indonesia | HT4IND.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Veolia

Senin, 24 Juni 2019 - 21:05 WIB

Veolia Water Technologies Establishes Asia Pacific Headquarters in Kuala Lumpur

Veolia Water Technologies, a leading solutions provider for both water and wastewater treatment, is pleased to announce the formation of its regional headquarters in Kuala Lumpur. The move from…

Suasana Konferensi Pers menyambut Harkopnas 2019 yang bakal diselenggarakan pada 12-14 Juli

Senin, 24 Juni 2019 - 20:59 WIB

Ini Alasan Harkopnas 2019 Diadakan di Purwokerto

Penetapan Purwokerto sebagai kota penyelenggara acara puncak Harkopnas 2019 adalah keputusan bernilai sejarah yang menarik.

Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 24 Juni 2019 - 20:00 WIB

IMF: Perang Dagang AS-Tiongkok Tak Ada Pihak yang Diuntungkan

Ketegangan perdagangan antara Amerika Serikat dan Tiongkok tidak akan menguntungkan pihak mana pun dalam jangka panjang, Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde…

Ilustrasi Ekspor (ist)

Senin, 24 Juni 2019 - 19:45 WIB

Pemerinah Bakal 'Nendang' Ekspor Lewat Insentif Fiskal

Pemerintah terus melakukan terobosan kebijakan yang dapat menggairahkan iklim usaha di dalam negeri sehingga turut memacu pertumbuhan ekonomi. Salah satu langkah strategisnya, yang dalam waktu…

LinkedIn

Senin, 24 Juni 2019 - 18:10 WIB

LinkedIn: Tiga Rising Skills Ini Pengaruhi Inovasi dan Transformasi Perusahaan di Indonesia

LinkedIn, jaringan profesional terbesar di dunia, meluncurkan Laporan Future of Skills 2019, yang mengidentifikasi 10 rising skills (peningkatan keterampilan) yang paling tinggi di antara…