Perusahaan Metals Asal Australia Bawa Duit Rp 50 Triliun Bangun PLTA di Papua

Oleh : Ridwan | Rabu, 14 Oktober 2020 - 09:30 WIB

PLTA (Foto Merdeka)
PLTA (Foto Merdeka)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Perusahaan Fortescue Metals Group (FMG) asal Australia bakal menjadi calon investasi baru di Papua dengan nilai investasi mencapai Rp 50 triliun.

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Papua, Fred James Boray mengatakan untuk rencana investasi ini, pihaknya telah melakukan pertemuan dengan Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi.

"FMG akan berinvestasi hydropower atau Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Kabupaten Mamberamo Raya, dengan pengembangan mencapai 20 gigawatt atau 20 ribu megawatt," ujarnya (13/10/2020).

Fred yakin nilai positif yang didapat dari kerja sama tersebut adalah hadirnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) baru bagi Provinsi Papua.

Belum lagi industri yang terbangun di sekitar kawasan hydropower, bakal membuka perekonomian atau memicu multi player efek di tingkat masyarakat bawah.

"Jika perusahaan ini jadi berinvestasi, maka PAD Papua tak hanya dari Freeport," katanya.

Fred menyebutkan rencana investasi tersebut bergantung kepada pemerintah pusat dan FMG. Sedangkan Pemprov Papua sebagai pihak yang membantu menyiapkan sejumlah persyaratan yang dibutuhkan.

"Papua sifatnya menunggu, tinggal dari pihak kementerian yang bergerak lebih jauh, lalu disiapkan data pendukung, supaya prosesnya bisa rampung untuk penerbitan izin," jelasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Workshop dan Raker Forjukafi

Sabtu, 24 Februari 2024 - 19:23 WIB

Indonesia Diproyeksi Menjadi Negara Produsen Wakaf di Dunia

Dengan potensinya yang besar, Indonesia diproyeksi menjadi salah satu negara produsen wakaf terbesar di dunia. Untuk mewujudkan hal tersebut pemerintah bahkan telah memasukan keuangan syariah…

Danamon Ajak Nasabah Menavigasi Hidup Optimal dan Raih Kesejahteraan Finansial di IIMS 2024

Sabtu, 24 Februari 2024 - 15:54 WIB

Danamon Ajak Nasabah Menavigasi Hidup Optimal dan Raih Kesejahteraan Finansial di IIMS 2024

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) bersama dengan Fimela, Otoasia.com, dan KIS FM, menghadirkan edukasi tentang pencapaian hidup optimal melalui hobi dan kesejahteraan finansial.…

Big Bad Wolf Books gelar Pekan Grosir di ITC Kuningan Jakarta.

Sabtu, 24 Februari 2024 - 15:50 WIB

Big Bad Wolf Books Gelar Pekan Grosir Perdana di Jakarta

Big Bad Wolf Books (BBW) hadirkan Pekan Grosir BBW di ITC Kuningan Jakarta. Hadirkan koleksi buku-buku berkualitas dari berbagai genre dengan harga grosir yang mencengangkan.

Peserta Raker dan Workshop Forjukafi

Sabtu, 24 Februari 2024 - 15:09 WIB

Wakaf Uang Perlu Akselerasi Agar Potensinya yang Sebesar Ro 180 Triliun Terserap

Wakaf uang merupakan salah satu jenis wakaf yang memiliki potensi sangat besar di Indonesia. Potensinya mencapai RP 180 triliun per tahun. Meski begitu sejak dicanangkan sejak 2010, potensi…

Petugas memberikan vaksinasi ke Sapi

Sabtu, 24 Februari 2024 - 14:46 WIB

Kementan Kendalikan PMK di Pasuruan, Ingatkan Pentingnya Vaksinasi Rutin

Menindaklanjuti adanya pemberitaan terkait kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) di Pasuruan, Jawa Timur, Kementerian Pertanian melalui Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen…