Pupuk Kaltim Dorong Produktivitas Pertanian Gorontalo

Oleh : Herry Barus | Senin, 12 Oktober 2020 - 09:00 WIB

Pupuk Kaltim Dorong Produktivitas Pertanian Gorontalo
Pupuk Kaltim Dorong Produktivitas Pertanian Gorontalo

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Dorong peningkatan hasil pertanian masyarakat, Pupuk Kaltim gelar Demonstration Plot (Demplot) komoditas padi dan jagung pada lahan seluas 1,5 hektare, di Desa Hotabohu, Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo. Demplot ditandai penanaman perdana oleh Direktur Utama Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi, bersama Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel dan perwakilan Pemerintah setempat, pada pekan lalu, Jumat (09/10/2020).

Program ini merupakan kesinambungan upaya Pupuk Kaltim dalam mendukung ketahanan pangan nasional, sekaligus mendorong kesejahteraan petani melalui peningkatan hasil produksi pertanian dengan pola pemupukan berimbang. Diungkapkan Rahmad Pribadi, peningkatan hasil pertanian masyarakat menjadi salah satu fokus Pupuk Kaltim dalam mendorong kesejahteraan petani di seluruh wilayah distribusi Perusahaan. Apalagi program ini terbukti mampu meningkatkan produktivitas pertanian di berbagai daerah, dengan peningkatan hasil secara signifikan.

“Selain menyediakan pupuk berkualitas, Pupuk Kaltim sebagai anak usaha Pupuk Indonesia, sudah sepatutnya membantu petani meningkatkan produktivitas pertanian masyarakat melalui pendampingan pola pemupukan berimbang,” ujar Rahmad.

Pada kesempatan itu, Pupuk Kaltim juga menyalurkan bantuan 1 ton NPK Pelangi bagi petani Gorontalo, agar produktivitas lahan pertanian menggunakan produk Pupuk Kaltim bisa diaplikasikan serta dibuktikan langsung di luar program demplot.

Bantuan ini merupakan wujud kontribusi Pupuk Kaltim dalam memaksimalkan sektor agraris di Gorontalo, disamping kepastian penyediaan pupuk di seluruh wilayah distribusi dan sinergi BUMN pada berbagai program, sehingga kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani dapat berbanding lurus dengan peningkatan komoditas pertanian di daerah. “Ini juga bentuk kontribusi Pupuk Kaltim dalam mendukung cita-cita Gorontalo menjadi salah satu dari 5 provinsi paling makmur di Indonesia,” tambah Rahmad Pribadi.

Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel, mengapreasiasi upaya Pupuk Kaltim mendorong produktivitas pertanian di Gorontalo melalui demplot yang dilaksanakan. Upaya ini diharap membantu terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui pertanian, sekaligus meningkatkan kontribusi hasil pertanian bagi bangsa dan negara. Apalagi cita-cita Gorontalo sebagai potret pertanian paling produktif dan menjadi lumbung pangan nasional, juga bagian dari perjuangannya selaku wakil rakyat di kursi legisatif, agar daerah kelahirannya itu mampu menjadi salah satu provinsi paling makmur di Indonesia.

“Pertanian Gorontalo harus maju dan berkembang, dari biasa menjadi luar biasa. Ini yang harus kita perjuangkan bersama dan adanya dukungan Pupuk Kaltim diharap membantu mewujudkan itu,” tutur Rachmat Gobel.

Dirinya mengimbau petani Gorontalo lebih produktif, dengan terus meningkatkan kemampuan tata kelola lahan pertanian dan pemupukan yang bisa dipelajari pada Demplot Pupuk Kaltim, khususnya untuk komoditas padi dan jagung. “Kita harus bangga menjadi petani, tunjukkan jika petani juga mampu lebih sejahtera dan memberikan kontribusi besar bagi bangsa dan negara,” pungkas Rachmat Gobel.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

MasterCard (ist)

Senin, 23 Mei 2022 - 12:20 WIB

Mastercard Ciptakan Mesin Konversi Poin Pertama di Dunia untuk Mata Uang Game

Mastercard meluncurkan Mastercard Gamer Xchange (MGX), solusi yang siap digunakan dan merupakan yang pertama untuk membantu konsumen mengubah poin reward yang belum digunakan menjadi mata…

Hasil dan torehan prestasi cabang olahraga di SEA Games 2021 Vietnam tetap menjadi catatan bagi Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali untuk melakukan evaluasi, khususnya cabor yang masuk dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). (foto:raiky/kemenpora.go.id)

Senin, 23 Mei 2022 - 12:18 WIB

Alhamdulilah! Indonesia Peringkat Tiga SEA Games 2021 Vietnam

Jakarta-Kontingen Indonesia berhasil masuk peringkat tiga besar SEA Games 2021 Vietnam. Indonesia bertengger di peringkat tiga dengan total perolehan 242 medali, yang terdiri dari 69 emas, 92…

Ilustrasi aset kripto

Senin, 23 Mei 2022 - 12:14 WIB

Optimistis Pasar Kripto Bakal Pulih, BitMEX Spot Diluncurkan

Beberapa bulan terakhir pasar kripto cenderung mengalami penurunan, meski begitu BitMEX optimistis pasar kripto akan berangsur pulih dan optimisme ini terlihat dari peluncuran BitMEX Spot sebagai…

Tokoparts

Senin, 23 Mei 2022 - 12:00 WIB

Jawab Kebutuhan Pasar, Tokoparts Kini Mulai Rambah Pasar Corporate dan Fleet

Tokoparts, perusahaan rintisan yang bergerak di bidang pengadaan suku cadang untuk bengkel-bengkel dan pebisnis suku cadang di Indonesia, perkuat komitmen menjadi platform online penyedia suku…

Ginaldi Scorpinda Dokter Umum

Senin, 23 Mei 2022 - 12:00 WIB

Ginaldi Scorpinda Dokter Umum Ramaikan Industri Musik Nasonal

Bakat nyanyi Muhammad Ginaldi Scorpinda atau beken dengan nama Scorpinda turunan dari kedua orang tuanya yang suka bersenandung. Cowok yang berstatus dokter umum ini sempat membuat grup band…