Panglima: TNI Siap Terus Membantu Satgas Penanganan Covid-19

Oleh : Herry Barus | Senin, 28 September 2020 - 14:00 WIB

Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C) Hadi Tjahjanto, S.I.P
Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C) Hadi Tjahjanto, S.I.P

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Tentara Nasional Indonesia (TNI) siap untuk terus mendukung langkah Satuan Tugas Penanganan Covid-19 (Satgas Covid-19) baik dalam mendistribusikan peralatan kesehatan maupun vaksin ke seluruh Indonesia. Seluruh angkatan sudah disiapkan untuk mendukung operasi kemanusiaan guna mencegah agar jangan sampai masyarakat terancam virus corona.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyampaikan hal tersebut saat menerima kunjungan Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo di Markas Besar TNI Cilangkap, Jakarta, pertengahan pekan ini.

“Sejak awal penanganan covid-19, TNI mendukung semua langkah yang ditempuh pemerintah untuk mengendalikan penyebaran virus corona. Saya sudah bertemu dengan pimpinan dari seluruh angkatan di banyak daerah untuk meminta semuanya siap melanjutkan operasi kemanusiaan, termasuk ketika kelak harus mendistribusikan vaksin ke seluruh daerah,” ujar Panglima TNI.

Marsekal Hadi menambahkan, semua peralatan yang dimiliki Angkatan Udara maupun Angkatan Laut siap untuk dipergunakan untuk mendistribusikan logistik kesehatan ke seluruh pelosok tanah air. Semua prajurit TNI juga siap untuk melaksanakan tugas bagi operasi kemanusiaan yang harus dijalankan.
        

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 mengucapkan terima kasih atas dukungan yang telah diberikan TNI. “Sejak awal terbentuknya Gugus Tugas, TNI memberikan dukungan yang luar biasa. Pendistribusian alat pelindung diri bagi dokter dan petugas medis ke seluruh Indonesia pada awal Maret lalu bisa terlaksana berkat dukungan TNI,” ujar Doni kepada sejumlah awak media.        

Bukan hanya dalam pendistribusian logistik, menurut Doni, TNI juga membantu dalam penanganan kesehatan. Dokter-dokter dan petugas medis dari Tim Kesehatan TNI di seluruh Indonesia terlibat langsung dalam menangani warga yang terinfeksi covid-19. Penanganan Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet,  di Pulau Galang, RS Indrapura  di Surabaya juga bisa berjalan baik berkat dukungan Tim Kesehatan TNI.
         

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 menjelaskan, perjuangan yang harus dihadapi tampaknya masih akan panjang, apalagi dalam dua bulan terakhir tingkat penularan semakin meningkat. Penegakan disiplin bagi diterapkannya protokol kesehatan merupakan langkah yang harus dilakukan sebelum ditemukan obat dan vaksin untuk covid-19.
         

Panglima TNI sependapat bahwa perang melawan covid-19 merupakan perang berlarut. Untuk itu semua komponen masyarakat harus ikut terlibat baik itu dunia usaha, masyarakat madani, dan juga media massa. 
         

“TNI sendiri sekali lagi siap untuk mendukung segala upaya dalam menghadapi wabah covid-19,” tegas Marsekal Hadi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.