PostgreSQL 13 Tingkatkan Kenyamanan dalam Pengembangan Aplikasi

Oleh : Herry Barus | Kamis, 24 September 2020 - 17:00 WIB

PostgreSQL 13
PostgreSQL 13

INDUSTRY.co.id -Jakarta- PostgreSQL Global Development Group memperkenalkan  PostgreSQL 13, versi terbaru dari software database open source tercanggih di dunia.

Berbagai keunggulan yang dibenamkan di PostgreSQL 13 mencakup peningkatan signifikan pada sistem pengindeksan dan pencariannya yang menguntungkan bagi database besar, penghematan ruang, dan peningkatan kinerja untuk indeks, waktu respons yang lebih cepat untuk query yang menggunakan agregat atau partisi, perencanaan query yang lebih baik saat menggunakan statistik yang ditingkatkan, dan banyak lagi.

Kemajuan Kinerja Berkelanjutan

Melanjutkan keunggulan dari versi sebelumnya, PostgreSQL 13 secara efisien dapat menangani data duplikat dalam indeks B-tree, yang merupakan indeks standar database. Hal ini memberikan keuntungan dengan menurunkan penggunaan ruang yang dibutuhkan indeks B-tree, sambil meningkatkan kinerja query secara keseluruhan.

PostgreSQL 13 memperkenalkan pengurutan bertahap, di mana data yang diurutkan dari langkah sebelumnya dalam query dapat mempercepat pengurutan di langkah selanjutnya. Selain itu, PostgreSQL sekarang bisa menggunakan sistem statistik yang diperluas (diakses melalui CREATE STATISTICS) untuk membuat plan yang lebih baik untuk query dengan klausa OR dan pencarian atas daftar IN / ANY.

Di PostgreSQL 13, lebih banyak pilihan query pengelompokan dan agregat dapat meningkatkan efisiensi fungsi pengelompokan, karena query dengan kelompok besar tidak harus dimasukkan seluruhnya ke dalam memori. Query dengan tabel partisi mendapatkan manfaat terbesar, karena saat ini ada banyak kemungkinan dimana partisi dapat dipangkas dan dapat digabungkan langsung.

Pengoptimalan Administrasi

Di PostgreSQL 13, sistem vacuuming terus ditingkatkan salah satunya adalah dengan pelaksanaan secara paralel untuk indeks. Administrator dapat memilih jumlah parallel worker yang akan dijalankan. Selain itu, proses autovacuum dapat dimulai oleh INSERT data.

Replication slot, yang digunakan untuk mencegah write-ahead log (WAL) dihapus sebelum diterima oleh replika, dapat disesuaikan di PostgreSQL 13 untuk menentukan jumlah maksimum file WAL yang harus dipertahankan dan membantu menghindari terjadinya error karena sisa space disk habis.

PostgreSQL 13 juga menambahkan lebih banyak cara agar administrator dapat memantau aktivitas database, termasuk menampilkan statistik penggunaan WAL pada EXPLAIN, status proses dalam membuat backup dengan base backup maupun menjalankan ANALYZE. Selain itu, integritas data hasil dari pg_basebackup dapat dipastikan oleh pg_verifybackup yang baru. Hal ini sangat menarik, seperti pepatah: backup yang tidak dapat diandalkan bukanlah backup, namun sampah.  

Kenyamanan dalam Pengembangan Aplikasi

PostgreSQL 13 memudahkan untuk bekerja dengan tipe data PostgreSQL yang berasal dari sumber data yang berbeda. Dirilisnya versi terbaru ini menambahkan fungsi datetime() untuk SQL/JSON. Selain itu, fungsi gen_random_uuid(), kini tersedia tanpa harus menginstal ekstensi apa pun.

Sistem partisi PostgreSQL lebih fleksibel, mendukung logical replication dan trigger BEFORE pada level row.

Peningkatan Keamanan

Fungsi/fitur ekstensi dapat diinstall oleh user biasa, selama sudah ditandai sebagai “trusted” oleh Superuser, beberapa ekstensi secara default sudah ditandai sebagai trusted: pgcrypto, tablefunc, hstore, dan lainnya.

Fitur menarik seperti FDW, yang dapat menghubungkan PostgreSQL dengan database lainnya seperti Oracle, MySQL, dll dapat menggunakan otentikasi berbasiskan sertifikat sehingga lebih aman.

Penggunaan Open Source dalam bisnis menghindarkan kita dari Vendor Lock-In

Di era ketika hampir semua bidang bergantung pada teknologi, platform open source menjadi pilihan yang tak terelakan. Disebutkan Julyanto Sutandang, CEO Equnix Business Solutions, perusahaan lokal penyedia solusi IT berbasis software open source, platform open source adalah masa depan karena menawarkan efisiensi, kemandirian, kedaulatan dan kebebasan dalam mengadopsi teknologi.

"Sejak awal kami selalu optimistis dan percaya bahwa open source adalah solusi masa depan. Selain efisiensi, terutama open source memungkinkan kita mengadopsi teknologi apapun secara bebas dan mandiri serta future proof," sebutnya. “Apalagi Indonesia seperti yang baru saja disampaikan oleh Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani, sedang menghadapi krisis ekonomi, dengan prediksi pertumbuhan minus 1,7 hingga 0,6 persen di tahun 2020 ini, tentunya ini saatnya bagi banyak Korporasi besar untuk mulai lebih memanfaatkan Open Source sebagai solusi tersebut”, kata Julyanto lebih lanjut.

Semua keunggulan Open Source pada masa kini ada pada PostgreSQL 13 yang menawarkan kinerja maksimal. Julyanto mengatakan, PostgreSQL 13 menampilkan kolaborasi dan dedikasi komunitas global dalam memajukan kemampuan database relasional open source tercanggih di dunia.

“Inovasi yang dibawa oleh setiap rilis versi terbaru dengan reputasinya dalam menjaga integritas data, keandalan dan kinerja tinggi, menjadi alasan mengapa lebih banyak orang memilih menggunakan PostgreSQL untuk mendukung aplikasi mereka,” ujarnya.

“PostgreSQL memberikan pengalaman manajemen data yang lebih baik untuk beban kerja besar, dengan pengoptimalan untuk administrasi transaksi finansial enterprise, keamanan lebih baik dan kinerja yang tinggi. PostgreSQL adalah buah pengembangan global secara berkesinambungan lebih dari 25 tahun,” sambungnya.  

Software database ini juga telah menjadi basis data relasional open source terbaik pada industri finansial dan telekomunikasi didunia.

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA)

Jumat, 29 Maret 2024 - 07:00 WIB

Ini Strategi ARNA Bidik Laba Bersih Rp461 Miliar di 2024

PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp2,4 triliun, serta laba bersih yamg mencapai Rp445,29 miliar sepanjang tahun 2023.

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin