Kabar Gembira! Mendikbud Tegaskan Tak Akan Ada Sekolah yang Dana BOS-nya Turun, Nadiem: Tahun Depan Naik

Oleh : Candra Mata | Kamis, 24 September 2020 - 11:36 WIB

Mendikbud Nadiem
Mendikbud Nadiem

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menegaskan tidak akan menurunkan anggaran Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di tahun depan. 

Bahkan Menteri Nadiem memastikan sekolah-sekolah terpencil akan mendapat kenaikan dana BOS.

“Kabar gembira, tidak akan ada sekolah yang dana BOS-nya diturunkan. Sekolah-sekolah kecil dan sekolah di daerah tertinggal akan meningkat dana BOS-nya tahun depan," ucap Nadiem saat rapat dengar pendapat di DPR (23/9).

Untuk itu, jelas Nadiem, pihaknya saat ini tengah membuat perhitungan dana BOS dengan menggunakan dua variabel, yakni melalui indeks jumlah peserta didik serta yang kedua melalui konfigurasi indeks kemahalan konstruksi dari Badan Pusat Statistik (BPS).

Atas dua indeks tersebut dipastikan dana BOS pada tahun depan tidak akan ada pengurangan dana.

Meski demikian, nantinya tidak semua sekolah serta merta mendapatkan tambahan dana BOS tersebut. 

"Dana BOS diberikan hanya kepada sekolah yang ada di daerah, terutama daerah tertinggal, terdepan dan terluar atau 3 T," ujarnya.

Alasan kenaikan di daerah 3T, sebut Nadiem karena sejauh ini ada ketidakadilan terkait implementasi dilapangan berdasarkan sistem penghitungan dana BOS terdahulu, dimana hitungan dana didasarkan atas banyaknya peserta didik yang ada di sekolah.

“Sekolah-sekolah yang berada di daerah-daerah terluar dan tertinggal bisa dibilang dirugikan, karena murid mereka sedikit, sarana yang diberikan kualitasnya jadi rendah. Kebalikannya dengan sekolah yang memiliki jumlah murid yang besar," tandas Nadiem.

Perlu diketahui, Kemendikbud telah menganggarkan kenaikan dana BOS untuk sekolah yang berada di daerah 3T total nya mencapai Rp 2,5 triliun untuk tahun depan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

DukungSDG’s (Suitainable Development Goals), Indra Karya SediakanProgram Bantuan AksesAir Bersih Berbasis Teknologi “Smart Water”di Madura

Selasa, 20 Oktober 2020 - 21:47 WIB

Indra Karya Sediakan Program Bantuan Akses Air Bersih Berbasis Teknologi “Smart Water”di Madura

Jakarta (19/10) –Terbatasnya penyediaan air bersih masih menjadi permasalahan mendasar beberapa wilayah dan kawasan di Indonesia bahkan dunia.

Mitsubishi Xpander Spesial Black Edition

Selasa, 20 Oktober 2020 - 21:35 WIB

Resmi Meluncur, Segini Harga Mitsubishi Xpander Spesial Black Edition

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) resmi meluncurkan edisi spesial Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition dan Mitsubishi Xpander Black Edition.

Sekjen Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) Herry Margono

Selasa, 20 Oktober 2020 - 18:39 WIB

Iklan Galon Sekali Pakai Dinilai Memberi Informasi yang Salah, P3I: Itu Tidak Boleh dan Melanggar Etika Periklanan

Seringkali iklan-iklan seperti galon sekali pakai itu dibuat seperti berita biasa dengan menyembunyikan statusnya bahwa itu sebenarnya adalah iklan. Padahal, itu harus tegas disebutkan adalah…

Persija Jakarta

Selasa, 20 Oktober 2020 - 18:00 WIB

Persija Soccer School Ciptakan Talenta Sepak Bola Berbakat

Persija Soccer School sendiri merupakan program pembinaan sepakbola bagi Persija yang bertujuan mempersiapkan pemain dari umur 10 hingga 16 tahun untuk nantinya bisa masuk ke program Elite Pro…

Petani cegah hama di persawahan

Selasa, 20 Oktober 2020 - 17:37 WIB

Hindari Cara Berbahaya, Kementan Arahkan Pengendalian Tikus Yang Aman

Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan respon cepat menanggapi berita dari Bojonegoro mengenai bahaya penggunaan stroom listrik untuk mengendalikan tikus di sawah. Tikus merupakan salah…