Kabar Baik! Pasien Sembuh Capai 72%, Dokter Reisa: Mari Kita Doakan Pasien yang Sedang Dirawat Bisa Sembuh Kembali

Oleh : Candra Mata | Selasa, 22 September 2020 - 16:52 WIB

Dokter Reisa
Dokter Reisa

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Perkembangan pasien sembuh dari COVID-19 atau selesai melakukan isolasi mengalami peningkatan. Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 dr Reisa Broto Asmoro menyebut, sejak Maret hingga pekan ketiga September 2020, lebih dari 72% pasien positif COVID-19 sudah sembuh atau jumlahnya mencapai 180.797 orang.

 "Jumlah kasus selesai isolasi pasien COVID-19 di pekan ketiga September meningkat dibandingkan pekan sebelumnya. Ini berarti terapi yang diterapkan oleh para tenaga medis di Indonesia efektif," jelasnya dilansir redaksi dari laman Covid-19.go.id pada Selasa (22/9).

Menurut Reisa, Per hari kemarin saja jumlah pasien sembuh dari COVID-19 bertambah 3.870 kasus. 

Dimana pasien sembuh terbanyak berasal dari tiga provinsi yakni DKI Jakarta (1.299), Jawa Timur (341) dan  Jawa Tengah (321).

Dijelaskan Reisa, keberhasilan itu dilakukan mulai dari pemberian obat yang menekan infeksi virus di tubuh pasien, mempercepat masa penyembuhan, mengurangi risiko kematian, termasuk menguatkan imunitas tubuh pasien, baik melalui kombinasi obat yang optimal maupun asupan gizi yang seimbang. 

Selain itu, banyaknya angka kesembuhan yang terjadi sebut Reisa sangat penting bagi ilmu kesehatan.

Salah satunya melalui pasien yang telah sembuh menghasilkan terobosan pada ilmu kesehatan. 

Seperti penggunaan terapi plasma convalescent. Penjelasannya, yaitu terapi yang menggunakan plasma darah pasien yang telah sembuh. Plasma 55%, sel darah putih kurang dari 1%, dan sel darah merah 45%.

Rangkaian terapi dan pemakaian kombinasi obat serta suplemen yang direkomendasikan. Selain itu pasien sembuh juga memberikan informasi lebih, tentang pemetaan genetik virus agar para peneliti dapat mengembangkan vaksin. 

"Mari kita doakan agar semakin banyak kasus aktif atau pasien yang kini sedang dirawat, sembuh kembali," tandas Reisa. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sekjen Kemenperin Achmad Sigit Dwiwahjono

Sabtu, 05 Desember 2020 - 12:05 WIB

Topang Daya Saing, Kemenperin Dorong Teknologi Pengelolaan Limbah Industri

Perkembangan teknologi pengelolaan limbah industri terus berkembang sejalan dengan semakin tingginya permasalahan lingkungan, baik yang menggunakan teknologi fisika, kimia, maupun biologi.

MoU Mandiri Syariah dengan PLN

Sabtu, 05 Desember 2020 - 12:04 WIB

Mandiri Syariah Kucurkan Pembiayaan Sindikasi Rp1,2 Triliun untuk PLN

PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) berkomitmen mendukung pembangunan infrastruktur negeri, salah satunya melalui dukungan finansial belanja modal atau capital expenditure (capex) PT Perusahaan…

Sepeda Kuning Lipat Model Brompton Merek Bamsoet

Sabtu, 05 Desember 2020 - 12:00 WIB

Sepeda Kuning Lipat Model Brompton Merek Bamsoet

Calon Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) ini mengungkapkan spesifikasi sepeda kuning lipat 'Bamsoet' yang spesial itu. Antara lain memiliki berat 12 Kg, frame set dari chromoly, brake system…

Kegiatan MoU PT Indra Karya (Persero) dan Yayasan Air Adhi Eka di Kementerian PUPR

Sabtu, 05 Desember 2020 - 11:15 WIB

Indra Karya Jalin Kerjasama Strategis dengan Yayasan Air Adhi Eka Kementerian PUPR

Terjalinnya kerjasama ini merupakan langkah positif PT Indra Karya (Persero) untuk terus berkontribusi pada pengerjaan proyek-proyek strategis di sektor Sumber Daya Air.

Menuju Kuala Tanjung Port & Industrial Estate Sebagai Indonesia’s Logistic & Supply Chain Hub

Sabtu, 05 Desember 2020 - 11:00 WIB

Menuju Kuala Tanjung Port & Industrial Estate Sebagai Indonesia’s Logistic & Supply Chain Hub

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 bersinergi dengan Pertamina untuk pengelolaan sarana dan fasilitas bunker penunjang bahan bakar minyak (BBM) dan jalur pipa gas di Pelabuhan…