Keren! PT Bio Konversi Manfaatkan Sampah Pasar Menjadi Pupuk Organik

Oleh : Krishna Anindyo | Sabtu, 05 September 2020 - 09:38 WIB

Wakil ketua Komisi IV DPR RI - Dedi Mulyadi Saat Kunjungi Pabrik Pengolahan Limbah PT Bio Konversi Indonesia (Photo by Ayu/Man)
Wakil ketua Komisi IV DPR RI - Dedi Mulyadi Saat Kunjungi Pabrik Pengolahan Limbah PT Bio Konversi Indonesia (Photo by Ayu/Man)

INDUSTRY.co.id - Bekasi - Wakil ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi mengapresiasi pemanfaatan limbah atau sampah pasar menjadi pupuk organik yang berguna untuk tanaman pertanian yang dilakukan oleh PT Bio konversi Indonesia.

Hal ini diungkapkan Dedi saat mengunjungi pabrik pengolahan limbah PT Bio Konversi Indonesia, Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (4/9/2020).

"Selama ini limbah organik dan non organik belum optimal dimanfaatkan. Dan kebetulan ada industri (walaupun saya lihat skalanya masih kecil), mampu memanfaatkan seluruh limbah. Tadi kami lihat bersama, limbah yang digunakan merupakan limbah pasar. Dan ini menurut saya sangat baik untuk pertumbuhan ekonomi, yang diawali dengan pertumbuhan ekosistem," ujar Dedi melalui keterangan yang diterima redaksi pada Sabtu (5/9).

“Pemanfaatan sampah pasar ini, tidak hanya berguna untuk kesehatan lingkungan sekitar, namun juga bermanfaat untuk pertanian. Bahkan tidak hanya itu pupuk organik ini selain harganya lebih terjangkau oleh petani, juga sebagai salah satu solusi untuk mengatasi ketergantungan petani kita terhadap pupuk kimiawi, yang notabene menggunakan bahan baku impor,” lanjut Dedi.

Tidak berlebihan jika kemudian Dedi yang didampingi oleh beberapa anggota Komisi IV DPR RI lainnya seperti Guntur Sasono, alien Mus, Slamet, Vita Ervina, Emma Umiyatul chusna, Abdullah Tuasikal, T.A Khalid, dan Mutarom berharap kedepan akan dapat muncul pabrik-pabrik sejenis di seluruh Indonesia, yang bisa mengolah limbah atau sampah pasar menjadi pupuk organik yang bermanfaat bagi pertanian. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia

Jumat, 20 Mei 2022 - 19:00 WIB

Menteri Bahlil Tegaskan Indonesia Tak Akan Ekspor EBT ke Negara Manapun

Terkait dengan Energi Baru Terbarukan (EBT), Bahlil menjelaskan bahwa Indonesia belum akan melakukan ekspor EBT ke negara manapun. Menurutnya, pemerintah Indonesia akan fokus terlebih dahulu…

Pameran lukisan bertajuk Wanderlust Indonesia

Jumat, 20 Mei 2022 - 18:35 WIB

Sambut G20 & Dukung Ekonomi Kreatif, KEK Morotai Gelar Pameran Lukisan Bertajuk "Wanderlust Indonesia"

Menyambut G20 yang diadakan di Indonesia pada bulan November 2022 sekaligus memperingati Hari Kebangkitan Nasional pada 20 Mei 2022 dan mendukung ekonomi kreatif, salah satu anak usaha PT Jababeka…

Glamshine Kosmetik Luncurkan Produk Terbaru Aqua Beads

Jumat, 20 Mei 2022 - 18:10 WIB

Glamshine Kosmetik Luncurkan Produk Terbaru Aqua Beads

Glamshine kosmetik resmi mengeluarkan produk terbaru dengan nama Aqua Beads yang akan di luncurkan pada tanggal 20 Mei, 2022 di Chakra venue & lounge, The Breeze Bumi Serpong Damai (BSD) Kota…

Petugas Dokter dan Perawat tangani Virus Corona (ist)

Jumat, 20 Mei 2022 - 17:54 WIB

PDSI Dibentuk, Komisi IX Akan Bahas RUU Praktik Kedokteran

Jakarta-Revisi Undang-Undang (UU) Nomor 29 Tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran bakal dibahas. Anggota Komisi IX DPR RI Putih Sari mengatakan, penggodokan payung hukum praktik kedokteran itu…

MenkopUKM Teten Masduki

Jumat, 20 Mei 2022 - 17:20 WIB

Tahun ini, Menteri Teten Pastikan UMKM Siap Bangkit dari Pandemi

Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM) Teten Masduki memastikan pada tahun 2022 UMKM sudah siap bangkit dari pandemi COVID-19.