Kementan Gandeng Koperasi HKTI Perkuat Sektor Agro di Indonesia

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 04 September 2020 - 01:45 WIB

Penandatanganan MOU yang ditandatangani oleh Direktur Pembiayaan Pertanian Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) Indah Megahwa dan Sekretaris Koperasi HKTI Tani Makmur Sejahtera (Tamara) Annisa Lifta di Jakarta Rabu, 2 September 2020 di Gedung Kementan.
Penandatanganan MOU yang ditandatangani oleh Direktur Pembiayaan Pertanian Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) Indah Megahwa dan Sekretaris Koperasi HKTI Tani Makmur Sejahtera (Tamara) Annisa Lifta di Jakarta Rabu, 2 September 2020 di Gedung Kementan.

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), merupakan salah satu mitra kerja Pemerintah. Di bawah pimpinan Ketua Umum Jenderal TNI (Purn.) Dr. Moeldoko,  kesejahteraan petani merupakan agenda utama Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) terutama di masa Pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Karena itu HKTI berupaya melakukan peningkatan percepatan dan pengembangan bisnis pertanian bersama Kementerian Pertanian (Kementan) untuk memperkuat sektor agro di seluruh Indonesia.

Kerjasama ini dikukuhkan dalam bentuk penandatanganan MOU yang ditandatangani oleh Direktur Pembiayaan Pertanian Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) Indah Megahwa dan Sekretaris Koperasi HKTI Tani Makmur Sejahtera (Tamara) Annisa Lifta di Jakarta Rabu, 2 September 2020 di Gedung Kementan.

“Direktorat Pembiayaan punya pekerjaan yang tidak mudah di tahun ini, karena Mentan mencanangkan penyaluran Rp 50 triliun dana KUR ke seluruh Indonesia. Realisasi penyerapan dana KUR hingga 13 Agustus 2020 sudah mencapai Rp 25,8 triliun, sementara untuk asuransi pertanian masih ada 1 juta hektar yang harus dituntaskan di tahun ini. Untuk itu diperlukan strategi yang tepat,” jelas Indah Megahwati.

Indah juga mengatakan bahwa melalui berbagai pihak, Kementan akan terus mendampingi para petani agar penyerapan dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) di sektor pertanian yang sudah setengah jalan bisa lebih cepat terealisasi.

Harapannya adalah pada akhir tahun semua bantuan ini sudah bisa terserap sehingga dapat bermanfaat untuk ketersediaan pangan, peningkatan ekspor, dan dapat menyejahterakan petani.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Koperasi HKTI Tamara Annisa Lifta K.D menyambut baik harapan Kementan tersebut.

 “Sebagai mitra pemerintah HKTI siap totalitas dalam melakukan penyebaran stimulus ini ke seluruh Indonesia. Percepatan penyerapan KUR tentunya akan makin memperkuat roda perekonomian dan ekosistem bisnis di sektor agro yang saat ini menyumbang 12% PDB Indonesia,” tegas Annisa Lifta K.D.

Dalam hal ini, lanjutnya, HKTI melalui Koperasi Tamara yang diketuai oleh MayJend TNI (Purn.) Winston Simanjuntak akan terus berupaya memaksimalkan efekfitas dan efisiensi ekosistem di sektor agro bisnis dengan menggandeng Perbankan dan banyak mitra offtaker demi meningkatkan kesejahteraan petani Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Jumat, 26 April 2024 - 05:21 WIB

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…