Kementan Gandeng Koperasi HKTI Perkuat Sektor Agro di Indonesia

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 04 September 2020 - 01:45 WIB

Penandatanganan MOU yang ditandatangani oleh Direktur Pembiayaan Pertanian Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) Indah Megahwa dan Sekretaris Koperasi HKTI Tani Makmur Sejahtera (Tamara) Annisa Lifta di Jakarta Rabu, 2 September 2020 di Gedung Kementan.
Penandatanganan MOU yang ditandatangani oleh Direktur Pembiayaan Pertanian Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) Indah Megahwa dan Sekretaris Koperasi HKTI Tani Makmur Sejahtera (Tamara) Annisa Lifta di Jakarta Rabu, 2 September 2020 di Gedung Kementan.

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), merupakan salah satu mitra kerja Pemerintah. Di bawah pimpinan Ketua Umum Jenderal TNI (Purn.) Dr. Moeldoko,  kesejahteraan petani merupakan agenda utama Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) terutama di masa Pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Karena itu HKTI berupaya melakukan peningkatan percepatan dan pengembangan bisnis pertanian bersama Kementerian Pertanian (Kementan) untuk memperkuat sektor agro di seluruh Indonesia.

Kerjasama ini dikukuhkan dalam bentuk penandatanganan MOU yang ditandatangani oleh Direktur Pembiayaan Pertanian Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) Indah Megahwa dan Sekretaris Koperasi HKTI Tani Makmur Sejahtera (Tamara) Annisa Lifta di Jakarta Rabu, 2 September 2020 di Gedung Kementan.

“Direktorat Pembiayaan punya pekerjaan yang tidak mudah di tahun ini, karena Mentan mencanangkan penyaluran Rp 50 triliun dana KUR ke seluruh Indonesia. Realisasi penyerapan dana KUR hingga 13 Agustus 2020 sudah mencapai Rp 25,8 triliun, sementara untuk asuransi pertanian masih ada 1 juta hektar yang harus dituntaskan di tahun ini. Untuk itu diperlukan strategi yang tepat,” jelas Indah Megahwati.

Indah juga mengatakan bahwa melalui berbagai pihak, Kementan akan terus mendampingi para petani agar penyerapan dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) di sektor pertanian yang sudah setengah jalan bisa lebih cepat terealisasi.

Harapannya adalah pada akhir tahun semua bantuan ini sudah bisa terserap sehingga dapat bermanfaat untuk ketersediaan pangan, peningkatan ekspor, dan dapat menyejahterakan petani.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Koperasi HKTI Tamara Annisa Lifta K.D menyambut baik harapan Kementan tersebut.

 “Sebagai mitra pemerintah HKTI siap totalitas dalam melakukan penyebaran stimulus ini ke seluruh Indonesia. Percepatan penyerapan KUR tentunya akan makin memperkuat roda perekonomian dan ekosistem bisnis di sektor agro yang saat ini menyumbang 12% PDB Indonesia,” tegas Annisa Lifta K.D.

Dalam hal ini, lanjutnya, HKTI melalui Koperasi Tamara yang diketuai oleh MayJend TNI (Purn.) Winston Simanjuntak akan terus berupaya memaksimalkan efekfitas dan efisiensi ekosistem di sektor agro bisnis dengan menggandeng Perbankan dan banyak mitra offtaker demi meningkatkan kesejahteraan petani Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif

Rabu, 21 Oktober 2020 - 14:07 WIB

Menteri Arifin Minta PLN Lakukan Berbagai Upaya Untuk Ciptakan BPP Tenaga Listrik yang Efisien

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan, PLN perlu melakukan berbagai upaya optimal agar tercipta Biaya Pokok Penyediaan (BPP) tenaga listrik yang efisien.

Ilustrasi Korban PHK (foto Okezone.com)

Rabu, 21 Oktober 2020 - 14:01 WIB

Waduh Menyeramkan! Tsunami PHK di Tanah Air Bisa Capai 15 Juta Orang

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira memprediksi, pemutusan hubungan kerja (PHK) di tanah air mencapai 15 juta orang.

Ninja Xpress

Rabu, 21 Oktober 2020 - 14:00 WIB

Ninja Xpress-Mohoi Sepakat Dukung Sektor UMKM

Mengingat peran UMKM yang begitu penting bagi perekonomian nasional dan sebagai industri dengan penyerap lebih dari 86% angkatan kerja saat ini, Ninja Xpress dengan komitmennya untuk mengantarkan…

Kementerian ESDM

Rabu, 21 Oktober 2020 - 13:50 WIB

Kembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Arus Laut, Kementerian ESDM Lirik Selat Pantar NTT

Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan (P3GL) Badan Litbang Kementerian ESDM melakukan penelitian dalam rangkaian pra feasibility study (pra FS) pemanfaatan arus laut dalam pembangkit…

PT Telkom Indonesia. (Foto: IST)

Rabu, 21 Oktober 2020 - 13:36 WIB

Telkom Dikabarkan Masuk Bisnis Media

Jakarta—PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom dikabarkan akan meluncurkan lini usaha media dalam waktu dekat.