Cegah Covid-19 di Kawasan Industri, Kemenkes Bersama Jababeka dan PT Yasulor Loreal Gelar Kampanye Disiplin Pakai Masker

Oleh : Candra Mata | Rabu, 02 September 2020 - 13:40 WIB

Jababeka dan Kemenkes serta PT Yasulor Loreal Kampanye Disiplin Pakai Masker
Jababeka dan Kemenkes serta PT Yasulor Loreal Kampanye Disiplin Pakai Masker

INDUSTRY.co.id - Cikarang, Kementerian Kesehatan bersama PT Jababeka Tbk dan PT Yasulor Loreal Manufact Indonesia menggelar kampanye Disiplin Pakai Masker kepada semua lapisan masyarakat di Cikarang terutama pekerja didalam dikawasan industri sebagai bentuk upaya pencegahan terjadinya penularan COVID-19. 

Dalam kampanye tersebut turut dibagikan seribu masker di masing-masing perusahaan didalam kawasan.

Sekretaris Direktorat Jendral Kesehatan Masyarakat Kartini Rustandi mengatakan sosialisasi dilakukan untuk meyakinkan pihak perusahaan bahwa upaya yang mereka lakukan merupakan bagian dari pemutusan penularan COVID-19.

“Kampanye ini adalah salah satu titik awal untuk terus menerus kita ingatkan kepada semua parusahaan. Kampanye ini merupakan awal untuk terus kita sosialisasikan supaya para pekerja paham mengapa mereka harus pakai masker, cuci tangan pakai sabun, dan jaga jarak,” ucap Kartini di Cikarang, Rabu (2/9).

Menurutnya, melalui kampanye Disiplin Pakai Masker ini diharapkan seluruh perusahaan didalam kawasan Jababeka dapat senantiasa disiplin dan terus menerapkan protokol kesehatan di tempat kerja nya.

Selain itu, sambungnya, penggunaan masker dalam upaya pencegahan menjadi sangat penting, mengingat penularan COVID-19 umumnya melalui droplet/cairan tubuh yang keluar dari hidung atau mulut seseorang yang telah terinfeksi pada saat batuk ataupun bersin.

"Memakai masker sangat penting sebagai upaya mencegah terjadinya penularan COVID-19, terutama ketika berada di kerumunan atau berdekatan seperti di tempat kerja, transportasi umum (misalnya bus) dan tempat-tempat umum lainnya. Masker dapat menghalau percikan air liur yang keluar saat berbicara, menghela napas, ataupun batuk dan bersin sehingga dapat mengurangi penyebaran virus tersebut," jelas Kartini.

Kampanye Disiplin Pakai Masker (DPM) ini rutin dilakukan sejak 10 Agustus hingga 6 September mendatang. Kemudian dilanjutkan dengan kampanye Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) pada 7 September sampai 6 Oktober 2020. Berikutnya digelar juga Kampanye Jaga Jarak (KJJ) yang akan dimulai 7 Oktober hingga 6 November 2020.

"Dunia usaha dan masyakat pekerja memiliki kontribusi besar dalam memutus mata rantai penularan karena besarnya jumlah populasi pekerja dan besarnya mobilitas serta interaksi penduduk dalam aktivitas bekerja," tandas Kartini.

Perlu diketahui, PT Jababeka Tbk sejatinya merupakan pengembang kawasan industri pertama di Indonesia. Kota Jababeka di cikarang dihuni sekitar 1 juta orang. Selain memiliki 1700 pabrik (tenant), kawasan terbesar di Asia Tenggara ini dilengkapi oleh berbagai sarana dan infratruktur, seperti hunian dan area komersial, rekreasi dan kuliner, serta sarana pendidikan.

Sementara PT Yasulor Indonesia merupakan produsen produk perawatan kulit dan rambut tingkat global dibawah brand L’Oreal dan bagian dari L’Oreal Manufacturing.

PT Yasulor sendiri memiliki 450 karyawan. Perusahaan ini menerapkan protokol kesehatan ketat sejak kasus pertama COVID-19 ditemukan di Indonesia, dan sampai saat ini belum ditemukan kasus positif.  

Upaya yang dilakukan pihak perusahaan sejauh ini, antara lain penutupan pabrik, upaya pembatasan karyawan dilakukan tanpa pemutusan hubungan kerja, penyediaan sarana skrining suhu karyawan, penyedian sarana cuci tangan pakai sabun, modifikasi tempat kerja dilakukan secara maksimal disertai evaluasi ketat kondisi kesehatan karyawan harian.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

IFG Life

Kamis, 25 April 2024 - 06:55 WIB

Perempuan Indonesia Kian Menunjukan Peran Strategis di Sektor Asuransi

Peran perempuan dalam industri asuransi di Indonesia semakin penting dan strategis, baik sebagai konsumen, maupun karyawan dan pengambil keputusan. Jenjang karir semakin terbuka, kendati masih…

Kedua kiri : Direktur Utama IFG Hexana Tri Sasongko Ketiga kiri: Asisten Deputi Bidang Jasa Asuransi dan Dana Pensiun Kementerian BUMN Hendrika Nora Osloi Sinaga tengah : Komisioner Komisi Informasi Pusat Samrohtunnajah Ismail

Kamis, 25 April 2024 - 06:47 WIB

Perkuat Implementasi Keterbukaan Informasi, IFG Bersama Lima BUMN Selenggarakan Forum Edukasi Keterbukaan Informasi Publik

Indonesia Financial Group (IFG), BUMN Holding Asuransi, Penjaminan,dan Investasi berkomitmen mendukung implementasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) secara berkelanjutan dalam rangka penerapan…

Panglima TNI Pimpin Apel Bersama Wanita TNI Tahun 2024

Kamis, 25 April 2024 - 06:23 WIB

Panglima TNI Pimpin Apel Bersama Wanita TNI Tahun 2024

Apel Bersama Wanita TNI kembali digelar dalam rangka Hari Kartini Tahun 2024 yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto didampingi Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Evi…

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Paparan Alat Simulasi Pertempuran

Kamis, 25 April 2024 - 06:12 WIB

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Paparan Alat Simulasi Pertempuran

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr. Opsla., CHRMP., CRMP., didampingi Wadan Kormar Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima paparan dan demo dari…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

Kamis, 25 April 2024 - 05:33 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

Kesehatan TNI harus menjadi besar tangguh dan mandiri, baik dari segi sumber daya manusia, sarana dan prasarana maupun sistem metodanya sehingga dapat menghasilkan kinerja yang optimal dalam…