Cegah Covid-19 di Kawasan Industri, Kemenkes Bersama Jababeka dan PT Yasulor Loreal Gelar Kampanye Disiplin Pakai Masker

Oleh : Candra Mata | Rabu, 02 September 2020 - 13:40 WIB

Jababeka dan Kemenkes serta PT Yasulor Loreal Kampanye Disiplin Pakai Masker
Jababeka dan Kemenkes serta PT Yasulor Loreal Kampanye Disiplin Pakai Masker

INDUSTRY.co.id - Cikarang, Kementerian Kesehatan bersama PT Jababeka Tbk dan PT Yasulor Loreal Manufact Indonesia menggelar kampanye Disiplin Pakai Masker kepada semua lapisan masyarakat di Cikarang terutama pekerja didalam dikawasan industri sebagai bentuk upaya pencegahan terjadinya penularan COVID-19. 

Dalam kampanye tersebut turut dibagikan seribu masker di masing-masing perusahaan didalam kawasan.

Sekretaris Direktorat Jendral Kesehatan Masyarakat Kartini Rustandi mengatakan sosialisasi dilakukan untuk meyakinkan pihak perusahaan bahwa upaya yang mereka lakukan merupakan bagian dari pemutusan penularan COVID-19.

“Kampanye ini adalah salah satu titik awal untuk terus menerus kita ingatkan kepada semua parusahaan. Kampanye ini merupakan awal untuk terus kita sosialisasikan supaya para pekerja paham mengapa mereka harus pakai masker, cuci tangan pakai sabun, dan jaga jarak,” ucap Kartini di Cikarang, Rabu (2/9).

Menurutnya, melalui kampanye Disiplin Pakai Masker ini diharapkan seluruh perusahaan didalam kawasan Jababeka dapat senantiasa disiplin dan terus menerapkan protokol kesehatan di tempat kerja nya.

Selain itu, sambungnya, penggunaan masker dalam upaya pencegahan menjadi sangat penting, mengingat penularan COVID-19 umumnya melalui droplet/cairan tubuh yang keluar dari hidung atau mulut seseorang yang telah terinfeksi pada saat batuk ataupun bersin.

"Memakai masker sangat penting sebagai upaya mencegah terjadinya penularan COVID-19, terutama ketika berada di kerumunan atau berdekatan seperti di tempat kerja, transportasi umum (misalnya bus) dan tempat-tempat umum lainnya. Masker dapat menghalau percikan air liur yang keluar saat berbicara, menghela napas, ataupun batuk dan bersin sehingga dapat mengurangi penyebaran virus tersebut," jelas Kartini.

Kampanye Disiplin Pakai Masker (DPM) ini rutin dilakukan sejak 10 Agustus hingga 6 September mendatang. Kemudian dilanjutkan dengan kampanye Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) pada 7 September sampai 6 Oktober 2020. Berikutnya digelar juga Kampanye Jaga Jarak (KJJ) yang akan dimulai 7 Oktober hingga 6 November 2020.

"Dunia usaha dan masyakat pekerja memiliki kontribusi besar dalam memutus mata rantai penularan karena besarnya jumlah populasi pekerja dan besarnya mobilitas serta interaksi penduduk dalam aktivitas bekerja," tandas Kartini.

Perlu diketahui, PT Jababeka Tbk sejatinya merupakan pengembang kawasan industri pertama di Indonesia. Kota Jababeka di cikarang dihuni sekitar 1 juta orang. Selain memiliki 1700 pabrik (tenant), kawasan terbesar di Asia Tenggara ini dilengkapi oleh berbagai sarana dan infratruktur, seperti hunian dan area komersial, rekreasi dan kuliner, serta sarana pendidikan.

Sementara PT Yasulor Indonesia merupakan produsen produk perawatan kulit dan rambut tingkat global dibawah brand L’Oreal dan bagian dari L’Oreal Manufacturing.

PT Yasulor sendiri memiliki 450 karyawan. Perusahaan ini menerapkan protokol kesehatan ketat sejak kasus pertama COVID-19 ditemukan di Indonesia, dan sampai saat ini belum ditemukan kasus positif.  

Upaya yang dilakukan pihak perusahaan sejauh ini, antara lain penutupan pabrik, upaya pembatasan karyawan dilakukan tanpa pemutusan hubungan kerja, penyediaan sarana skrining suhu karyawan, penyedian sarana cuci tangan pakai sabun, modifikasi tempat kerja dilakukan secara maksimal disertai evaluasi ketat kondisi kesehatan karyawan harian.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menkes Terawan (ist)

Selasa, 20 Oktober 2020 - 07:19 WIB

Presiden Joko Widodo Tugaskan Dua Menteri untuk Urus Vaksin! Menkes Terawan Urus Vaksin Gratis, Erick Thohir yang Berbayar

Jakarta- Saat memimpin rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (19/10/2020), Presiden Joko Widodo menyampaikan pembagian tugas dua menterinya dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Petani sedang menggunakan alat mesin pertanian di sawah

Selasa, 20 Oktober 2020 - 07:12 WIB

Penggunan Alsintan Tingkatkan Produksi dan Kesejahteraan Petani

Kementerian Pertanian (Kementan) telah masif menerapkan berbagai langkah terobosan guna peningkatan produktivitas pangan pokok dengan menggunakan alat mesin pertanian (alsintan) mekanisasi pertanian…

Mantan Juru Bicara Badan Intelijen Negara (BIN) Muchyar Yara

Selasa, 20 Oktober 2020 - 07:00 WIB

Gerakan Kritisi terhadap Pemerintahan Meningkat

Gerakan mengkritisi pemerintahan Presiden Jokowi nampaknya semakin membesar, ditambah lagi yang terakhir dengan disahkannya UU Cipta Kerja

Revisi UU Otonomi Khusus Harus Mampu Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat Papua

Selasa, 20 Oktober 2020 - 06:30 WIB

Revisi UU Otonomi Khusus Harus Mampu Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat Papua

Revisi UU Otsus yang dilakukan pemerintah bersama DPR RI dilakukan untuk memastikan Papua dan Papua Barat tetap mendapatkan dana otonomi khusus. Sekaligus memastikan pembangunan tetap meningkat.…

Presiden Jokowi

Selasa, 20 Oktober 2020 - 06:00 WIB

Akhir Oktober Libur Panjang, Tetap Waspada Covid-19

Disampaikan Presiden, pasca libur panjang beberapa bulan lalu, terjadi lonjakan kasus COVID-19. Ia mengingatkan agar hal sebut tidak terjadi pada libur panjang dan cuti bersama pada akhir bulan…