Kabar Baik dari Jerman, 70 Umat Islam Indonesia Bisa Lakukan Salat Idul Adha di Tengah Pandemi

Oleh : Krishna Anindyo | Senin, 03 Agustus 2020 - 19:20 WIB

KBRI Berlin Selenggarakan Salat Idul Adha Bagi Masyarakat Indonesia di Berlin
KBRI Berlin Selenggarakan Salat Idul Adha Bagi Masyarakat Indonesia di Berlin

INDUSTRY.co.id - Berlin - Hari Raya Idul Adha merupakan salah satu momen yang sakral bagi umat muslim di seluruh dunia, termasuk bagi masyarakat muslim Indonesia di Jerman.

Di tengah pandemi Covid-19, diperlukan pengaturan khusus agar perayaan Idul Adha tidak menjadi medium penyebaran Covid-19.

KBRI Berlin selenggarakan Salat Idul Adha bagi masyarakat Indonesia di Berlin dan sekitarnya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat di KBRI Berlin dan Masjid Indonesia Al Falah (31/7/2020).

Setiap jemaah diwajibkan untuk membawa sajadah masing-masing dan wajib menggunakan masker. Selain itu, jarak antar jemaah juga diatur.

Masing-masing shaff telah ditandai dengan nomor yang jaraknya 1,5 meter antara satu sama lain.

Di KBRI, salah Iduadha yang dipimpin oleh Ustad Amru Rizal Razani mampu menampung jamaah sekitar 155 orang. Sementara di Masjid Indonesia Al Falah yang dipimpin oleh Ustad Muahammad Ihsan Karimi, mampu menampung sekitar 70 orang jemaah.

Uniknya para jemaah juga diwajibkan untuk melakukan pendaftaran secar daring sebelumnya untuk menjamin kuota di masing-masing lokasi tidak terlampau.

“Idul Fitri tahun ini, kita tidak menyelenggarakan salat di KBRI karena memang situasinya yang belum memungkinkan. Sebagai gantinya, kita distribusikan sembako dan santapan lebaran kepada mahasiswa/pelajar yang ada di sini. Alhamdulillah, pada Idul Adha ini situasinya membaik, dan sesuai standar protokol kesehatan kita bisa menyelenggarakan salat Idul Adha di KBRI. Kita juga bagikan makanan khas Idul Adha kepada jemaah yang hadir, baik di KBRI maupun di Mesjid Indonesia," jelas Duta Besar Indonesia untuk Jerman, Arif Havas Oegroseno melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id pada Senin (3/8/2020).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Usaha Mikro PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk. Supari, di diskusi "Mendorong Usaha Mikro Bertahan di Masa Pandemi"

Selasa, 22 September 2020 - 23:15 WIB

BRI Ingatkan UMKM Agar Bantuan Presiden Digunakan Buat Modal Usaha

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Persero) mengharapkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memanfaatkan Bantuan Presiden (Banpres) untuk hal yang produktif agar usahanya bisa bangkit di era pandemi.

Dropbox sampah kemasan

Selasa, 22 September 2020 - 18:38 WIB

Dukung Indonesia Bebas Sampah, Tiga Perusahaan ini Berkolaborasi Hadirkan Program Dropbox Sampah Kemasan

Aksi kolaborasi ini juga merupakan wujud dukungan sektor swasta terhadap PP RI No 97 tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah…

Presiden Joko Widodo

Selasa, 22 September 2020 - 18:22 WIB

Presiden Jokowi Instruksikan Percepatan Pembangunan Pelabuhan Patimban

Presiden Joko Widodo menginstruksikan dilakukannya percepatan pembangunan Pelabuhan Patimban yang berlokasi di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Kehadiran pelabuhan utama baru tersebut akan berperan…

Persib Bandung FC

Selasa, 22 September 2020 - 18:00 WIB

PERSIB Siapkan Pemain-Pemain Profesional

Sama seperti Saiful, Ardi Maulana atau Dudung merupakan pemain PERSIB U-20 yang berhasil masuk daftar pemain Pangeran Biru untuk kompetisi Liga 1 2020. Selain mereka, ada Kakang Rudianto dan…

Prajurit Kodam Pattimura Gelar Lomba Tembak Pistol

Selasa, 22 September 2020 - 17:00 WIB

Prajurit Kodam Pattimura Gelar Lomba Tembak Pistol

Perlombaan tersebut diikuti oleh Gubernur Maluku, personel perwakilan TNI AD, Lantamal IX, Lanud Pattimura dan Polda Maluku. Sejumlah pejabat yang turut hadir berasal dari jajaran TNI- Polri…