Festival Flavors dan Reflection of Indonesia, Paris Promosikan Kuliner Indonesia

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 18 April 2017 - 16:25 WIB

Chef Degan Septoadji Bersama Lima Juru Masak Profesional Asal Indonesia Menggelar Serangkaian Acara Promosi Bertajuk Festival Flavors & Reflection of Indonesia
Chef Degan Septoadji Bersama Lima Juru Masak Profesional Asal Indonesia Menggelar Serangkaian Acara Promosi Bertajuk Festival Flavors & Reflection of Indonesia

INDUSTRY.co.id, Paris - Untuk memperingati 67 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Perancis, Duta Besar Republik Indonesia untuk Perancis, Monaco dan Andorra Hotmangaradja Pandjaitan akan secara resmi membuka rangkaian acara kuliner yang bertajuk Festival Flavors & Reflection of Indonesia.

Chef Degan Septoadji bersama lima juru masak profesional asal Indonesia menggelar serangkaian acara promosi bertajuk Festival Flavors & Reflection of Indonesia bertempat di salah satu hotel ikonik kota Paris, Intercontinental Le Grand Paris, pada 15-21 Mei 2017.  

Berlokasi di Opera Ballroom, event yang bertemakan Pekan Festival Flavors & Reflection of Indonesia yang menyuguhkan pagelaran seni budaya dan pariwisata Indonesia. Perhelatan ini sekaligus menjadi kelanjutan upaya promosi yang telah diselenggarakan akhir tahun lalu.

Menurut Chef Degan, dalam siaran pers yang diterima Industry.co.id, Seleasa (18/4/2017), mengatakan, "Merupakan kehormatan bagi saya untuk kembali ke Paris dan mempresentasikan kuliner Indonesia dalam skala yang lebih tinggi bersama tim dari Bali di negara Perancis sebagai pusat gastronomi dunia."

Dalam perjalanan promosi kuliner Indonesia di Paris kali ini Chef Degan didukung tim kuliner profesional yang terdiri dari Agus Wiryawan, executive chef Banyan Tree Ungasan Bali, Agus Pandetria, executive chef Courtyard Marriott Nusa Dua Bali, Theodorus Setyo, executive sous chef Padma Legian Bali, Chef de Cuisine Gede Susila Yadnya dan Watini, head chef Café Degan Bali.

Latar belakang pengalaman masing-masing chef dan ketrampilan mengolah hidangan Indonesia menjadi salah satu kekuatan dan pertimbangan dibentuknya tim ini.

Selama sepekan, para chef profesional tersebut akan menampilkan sejumlah hidangan khas Nusantara mewakili beberapa daerah dalam acara gala dinner dan ragam set menu yang ditawarkan pada tamu, antara lain Udang Dabu Dabu, Bebek Bumbu Bali, Salmon Lodeh, Rendang Sapi dan Brem Bali.

Sebagai negara yang memiliki kekayaan kuliner, hidangan Nusantara akan ditampilkan secara moderen dengan tetap berpegang pada keaslian citarasa dan kekayaan rempah serta bumbu dalam proses mengolahnya.

Menurut Dubes Hotmangaradja diplomasi kuliner merupakan salah satu upaya paling efektif dalam membina pergaulan global dan hubungan antar negara karena sifatnya yang universal.

“Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar memiliki beragam kakayaan, termasuk budaya kuliner, yang patut diperkenalkan pada masyarakat dunia dan dieksplorasi lebih lanjut agar dapat menembus pasar global,” ungkap Hotmangaradja.

Selian itu, Chef Degan juga akan tampil di kampus Institusi Kuliner terkemuka dunia, Le Cordon Bleu, Paris, untuk berbagi informasi mengenai kuliner dan budaya Indonesia kepada sejumlah mahasiswa Perancis. Agenda lain yang telah dijadwalkan termasuk workshop bagi para diaspora Indonesia di Perancis dalam membangun usaha kuliner Indonesia di perantauan.

Ia kembali ke Indonesia tahun 2010 dan bekerja dibidang kuliner termasuk tampil sebagai juri dalam acara TV MasterChef Indonesia, pembicara dan konsultan kuliner, serta mempromosikan kuliner Indonesia di kancah mancanegara. Sejauh ini Chef Degan telah membawa kuliner Indonesia ke Thailand, Vietnam, Inggris, Jerman dan Perancis.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

Sabtu, 25 Mei 2019 - 15:05 WIB

Tiga Perusahaan ini Bakal Sulap Tanjung Lesung Jadi Objek Wisata Kelas Dunia

Tiga perusahaan yang berasal dari Indonesia, China, dan Singapura berkomitmen akan menjadikan Pantai Tanjung Lesung, Banten, sebagai objek wisata berkelas dunia.

PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF (Foto Istimewa)

Sabtu, 25 Mei 2019 - 13:15 WIB

Perang Dagang AS-China Tak Berdampak pada Laju Bisnis Indofood

Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk. Franciscus Wellirang menyebut tidak ada kekhawatiran terkait perang dagang Amerika Serikat (AS) dan China.

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani

Sabtu, 25 Mei 2019 - 12:05 WIB

Ini Harapan Kadin untuk Pemerintah Lima Tahun Kedepan

Sejumlah pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyatakan sejumlah harapan kepada pemerintah untuk lima tahun mendatang.

PGV Hadirkan Talk show Memilih Sekolah Bareng Kak Seto Sekolah Dekat Rumah Untungkan Orangtua & Anak

Sabtu, 25 Mei 2019 - 11:46 WIB

Lingkungan Baik dan Nyaman, Sekolah Dekat Dengan Hunian Jadi Pilihan

Menjelang tahun ajaran baru merupakan periode sibuk bagi para orangtua yang memiliki anak usia sekolah. Terutama bagi mereka yang baru pertama memasukan si buah hati ke tingkat pendidikan dasar.…

BNI Syariah. (Foto: IST)

Sabtu, 25 Mei 2019 - 11:40 WIB

BNI Bersama BNI Syariah Berkontribusi di Halal Park BUMN Bandara Soetta

Jakarta - BNI bersama BNI Syariah kembali berkontribusi maksimal untuk mendorong halal ekosistem. Setelah sebelumnya berpartisipasi di Halal Park Gelora Bung Karno (GBK), hari ini, Kamis (23/5),…