Kementerian PANRB Segera Selenggarakan Anugerah ASN 2020

Oleh : Herry Barus | Selasa, 28 Juli 2020 - 08:30 WIB

Kementerian PANRB Segera Selenggarakan Anugerah ASN 2020
Kementerian PANRB Segera Selenggarakan Anugerah ASN 2020

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Anugerah Aparatur Sipil Negara (ASN) kembali digelar oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) di tahun 2020. Pelaksanaannya ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri PANRB No. 131/2020 tentang Anugerah ASN Tahun 2020.

Ajang Anugerah ASN merupakan penghargaan bagi ASN sebagai individu maupun organisasi yang telah memberikan kontribusi luar biasa dan secara nyata dapat mengilhami, menggerakkan serta membangkitkan semangat ASN yang lain dalam peningkatan kualitas SDM aparatur. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi sistem penghargaan (reward) yang memberikan kontribusi positif terhadap budaya atau iklim dalam suatu organisasi serta dapat meningkatkan motivasi jajaran ASN di seluruh pelosok nusantara untuk lebih berkinerja dan berprestasi.

“Di sisi lain, kontestasi ini diharapkan dapat menstimulasi lahirnya para pemimpin masa depan, serta dapat mendorong terwujudnya sistem manajemen talenta ASN nasional,” bunyi surat yang ditandatangani oleh Menteri PANRB Tjahjo Kumolo tersebut .

Anugerah ASN 2020 mengusung tema “ASN Berkinerja dan Berdampak Nyata”. Sama dengan tahun sebelumnya, ajang Anugerah ASN 2020 dibagi ke dalam tiga kategori, yakni Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Teladan, PNS Inspiratif, dan The Future Leader. Penilaian untuk semua kategori akan mempertimbangkan aspek inovasi yang terdiri atas originalitas dan dampaknya terhadap masyarakat/organisasi serta menilai strategi penerapannya, serta perspektif keterkaitannya dengan reformasi birokrasi.

Untuk mengikuti ajang Anugerah ASN Tahun 2020, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh peserta. Diantaranya, ASN yang akan diusulkan belum pernah mendapatkan Anugerah ASN; memiliki rekam jejak jabatan, integritas, dan moralitas yang baik; serta memiliki inovasi/prestasi yang luar biasa yang dirasakan oleh organisasi dan atau masyarakat.

Sementara syarat khusus untuk masing-masing kategori yaitu menduduki Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama dan berusia paling tinggi 58 tahun pada 1 Desember 2020 bagi Kategori PPT Teladan; menduduki Jabatan Administrasi atau Jabatan Fungsional bagi Kategori PNS Inspiratif; menduduki Jabatan Administrasi atau Jabatan Fungsional dan berusia paling tinggi 38 tahun pada 1 Desember 2020 bagi Kategori The Future Leader.

Peserta yang mengikuti ajang ini akan melewati berbagai tahapan seleksi demi terjaringnya nomine terbaik dari masing-masing kategori. Tahapan seleksi tersebut meliputi seleksi administrasi, penilaian portofolio, publikasi kandidat di website menpan.go.id atau media lainnya, presentasi dan wawancara, serta penilaian rekam jejak dan integritas

Peserta dapat melakukan pendaftaran untuk mengikuti Anugerah ASN 2020 mulai 27 Juli hingga 1 September 2020. Untuk kategori PNS Inspiratif dan The Future Leader, peserta dapat diusulkan oleh masyarakat, lembaga pemerintah, lembaga non pemerintah, organisasi profesi atau organisasi lainnya. Sementara kategori PPT Teladan diusulkan oleh instansi.

Penganugerahan bagi pemenang Anugerah ASN 2020 rencananya akan diserahkan oleh Menteri PANRB pada 11 Desember 2020. Bagi para pemenang Anugerah ASN 2020 akan mendapatkan sertifikat, serta dipertimbangkan untuk mendapat kenaikan pangkat luar biasa serta penghargaan lainnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Kamis, 26 Mei 2022 - 18:00 WIB

Ketua MPR RI Hadiri Pernikahan Ketua MK dengan Idayati

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo turut bahagia atas kelancaran prosesi pernikahan Ketua Hakim Mahkamah Konstitusi Anwar Usman dengan adik kandung Presiden…

Presiden Jokowi

Kamis, 26 Mei 2022 - 17:19 WIB

Pandemi Melandai, Presiden Jokowi Harap Aktivitas Seni dan Budaya Bangkit

Presiden Joko Widodo berharap melandainya pandemi menjadi momentum aktivitas seni dan budaya untuk bangkit kembali setelah terhenti selama dua tahun. Pernyataan ini disampaikan Presiden setelah…

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia bersama Anindya Bakrie saat berfoto bersama Menteri Investasi Inggris Lord Grimstone

Kamis, 26 Mei 2022 - 15:30 WIB

Bertemu Menteri Investasi Inggris, Bahlil Pastikan Kerja Sama RI-Inggris Bakal Diteken pada KTT G20 di Bali

Di sela kunjungan kerjanya ke Davos, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia bertemu dengan Menteri Investasi Inggris Lord Grimstone kemarin siang (25/5)…

Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI Mardani H. Maming

Kamis, 26 Mei 2022 - 15:00 WIB

Ini Kontribusi 50 Tahun HIPMI untuk Indonesia Menuju Era Keemasan

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) sedang menuju era keemasan yang tahun ini akan menginjak usia 50 tahun. Anggota HIPMI di seluruh Indonesia akan tetap berjuang untuk membangun ekonomi…

Mentan SYL menyaksikan Porang yang akan diolah

Kamis, 26 Mei 2022 - 14:52 WIB

Kementan Dukung Investor Bangun Pabrik Olahan Porang Skala Besar di Lombok Barat

Pabrik pengolahan porang menjadi tepung glukomanan berkadar 90 persen mulai dibangun di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.