Luhut Pandjaitan: Indonesia Ini Negara Super Kaya, Bayangkan, Kita Dirampok Puluhan Tahun, Tapi Masih Kaya Aja Tuh

Oleh : Candra Mata | Minggu, 26 Juli 2020 - 19:00 WIB

Luhut Binsar Pandjaitan (ist)
Luhut Binsar Pandjaitan (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menyatakan Indonesia merupakan negara yang super kaya.

"Bayangkan, kita dirampok oleh banyak orang berpuluh tahun, tapi kita masih kaya saja tuh," kata Luhut dalam sebuah webinar pada Sabtu (25/7/2020).

Meskipun begitu, Luhut berharap agar ke Indonesia bisa mengolah sendiri sumber daya alam yang dimilikinya, sehingga bisa menghasilkan nilai tambah.

"Sekarang jangan lah. Kekayaan itu harus ditambah. Lebih bagus lagi dengan nilai tambah, dengan value added, dengan teknologi," kata Luhut.

Dirinya menegaskan tidak ingin Indonesia hanya mengandalkan ekspor komoditas untuk mendapatkan pemasukan.

"Hilirisasi sangat penting, jangan sepeti Freeport lebih dari 55 tahun itu kita ekspor saja," ungkapnya.

Luhut juga optimis Indonesia masih akan terus menjadi daya tarik bagi investor asing karena sumber daya alam, jumlah penduduk dan letak geografis yang strategis.

"Letak geostrategi kita di lintas silang dunia, Lalu lintas Dunia. Lalu dengan jumlah penduduk Indonesia 237 juta jiwa maka akan mudah untuk menyerap tenaga kerja," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pavilion Indonesia di POWER Uzbekistan 2024

Senin, 20 Mei 2024 - 09:34 WIB

Tujuh Perusahaan Dilibatkan, Kemenperin Buka Peluang untuk Perluas Pasar Ekspor di Power Uzbekistan 2024

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) membuka peluang bagi para pelaku industri dalam negeri untuk memperluas pasar ekspornya, terutama ke negara-negara nontradisonal. Strategi yang dilaksanakan…

Direktur Utama Asuransi Jasindo, Andy Samuel

Senin, 20 Mei 2024 - 09:25 WIB

Hari Kebangkitan Nasional, Asuransi Jasindo Bangkit untuk Ekonomi Indonesia Tumbuh

Memeringati Hari Kebangkitan Nasional, PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) menyatakan komitmennya untuk terus mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Digital art & creative (ilustrasi)

Senin, 20 Mei 2024 - 07:50 WIB

Digelar Offline, Bengkel Animasi Digital Art & Creative Festival 2024 Kembali Hadir di Bandung

Bengkel Animasi bekerjasama dengan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) serta Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) kembali menggelar ajang 'Bengkel Animasi Digital Art & Creative…

Tingkatkan Ketahanan Iklim, Kementerian PUPR Dukung Kerja Sama Meteorologi WMO dan BMKG

Senin, 20 Mei 2024 - 07:44 WIB

Tingkatkan Ketahanan Iklim, Kementerian PUPR Dukung Kerja Sama Meteorologi WMO dan BMKG

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama dengan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati melakukan Pertemuan Bilateral…

(Kiri-Kanan): Komisaris Utama Effendi, Komisaris Independen M Slamet Brotosiswoyo, Direktur Operasional Iwan Sanyoto, Direktur Utama Rini Dwiyanti dan Direktur Keuangan Ingo Steil

Senin, 20 Mei 2024 - 07:38 WIB

Surya Biru Murni Acetylene Tebar Dividen

PT Surya Biru Murni Acetylene Tbk (SBMA), perusahaan gas industri terkemuka, secara resmi mengumumkan pembagian dividen tunai sebesar Rp1,1 miliar untuk tahun buku 2023.