Fasilitas PT Pupuk Kujang di Nilai Terlalu 'Klasik', Komisi VI Desak Revitalisasi Teknologi

Oleh : Candra Mata | Selasa, 21 Juli 2020 - 18:50 WIB

Pabrik Pupuk Kujang (Foto Ist)
Pabrik Pupuk Kujang (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Anggota Komisi VI DPR RI Herman Khaeron menilai fasilitas teknologi yang dimiliki PT Pupuk Kujang sudah terlalu 'klasik'. 

Ia mendesak agar PT Pupuk Kujang merevitalisasi teknologi demi mengejar produktifitas, serta menghadirkan pupuk yang baik dan murah bagi para petani nasional dalam rangka menuju kedaulatan pangan.  

"Pupuk Kujang 1A itu dibangun pada tahun 1975. Jadi, sudah 45 tahun, kemudian yang satunya sudah 20 tahun 1B nya. Tentu, untuk mengejar produktifitas, teknologi lama sudah harus direvitalisasi. Industri pupuk harus bisa menjamin keberlangsung dalam rangka menuju kedaulatan pangan. Juga, dalam rangka menghadirkan pupuk yang murah bagi para petani," ungkap Herman Khaeron dalam keterangan terrulis yang diterima redaksi Industry.co.id Selasa (21/7).

Ia juga mengimbau agar PT Pupuk Kujang segera mengupayakan regasifikasi. 

Menurutnya, regasifikasi mendesak untuk dilakukan mengingat gas sebagai resource atau sumber bahan baku yang persentasenya hampir 80 persen untuk industri pupuk.   

"Kami mengimbau PT Pupuk Kujang harus tersedia berkesinambungan, kalau sumber gas dalam negeri sudah mulai menurun. Mengingat, resource gas sebagai sumber utama hampir 80 persen untuk industri pupuk. Semestinya, bisa segera dilakukan regasifikasi. Jadi, harus dibangun dengan pihak lain," pungkas Herman.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Dukung Penuh Proyek Revamping TPPI

Kamis, 24 September 2020 - 17:17 WIB

Usai Diakuisisi Pertamina, TPPI Tancap Gas Garap Proyek Revamping Platforming dan Aromatik Senilai USD 180 Juta

Proyek tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Platforming Unit dari 50.000 barrel per hari menjadi 55.000 barrel per hari dan kapasitas produksi Paraxylene  600.000 ton per tahun menjadi…

COTTON Day 2020

Kamis, 24 September 2020 - 17:15 WIB

Lewat COTTON Day 2020, Ratusan Pelaku Industri Tekstil Bertemu Dorong Transformasi Pasca Pandemi Covid-19

Cotton Council International dengan merek dagang COTTON DAY kembali mengadakan agenda tahunan yang mempertemukan para pelaku industri tekstil dan fashion di Indonesia.

Tambang Batubara (ist)

Kamis, 24 September 2020 - 17:03 WIB

Menteri Arifin: Hilirisasi Sektor Minerba Jadi Kunci Pengoptimalan Produk Pertambangan

Menurut Menteri Arifin, Kebijakan hilirisasi ini harus direspon dengan industri-industri hilirnya. Pasalnya, industri pendukung inilah yang akan menampung hasil dari produk yang sudah di hilirisasi.

PostgreSQL 13

Kamis, 24 September 2020 - 17:00 WIB

PostgreSQL 13 Tingkatkan Kenyamanan dalam Pengembangan Aplikasi

Berbagai keunggulan yang dibenamkan di PostgreSQL 13 mencakup peningkatan signifikan pada sistem pengindeksan dan pencariannya yang menguntungkan bagi database besar, penghematan ruang, dan…

PLTS Ilustrasi (ist)

Kamis, 24 September 2020 - 16:50 WIB

Pemerintah Targetkan Tambahan 16,7 Giga Watt Pembangkit EBT, Ini Tantangannya

Rencananya, pemerintah akan menambahkan 16,7 Giga Watt (GW) dalam kurun waktu 10 tahun sesuai dengan Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) Perusahaan Listrik Negara 2019 - 2028.