Horee...Pelni Operasikan Kembali Sembilan Kapal Penumpang, Ini Jadwal dan Rutenya...

Oleh : Krishna Anindyo | Kamis, 16 Juli 2020 - 20:30 WIB

PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) – PELNI
PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) – PELNI

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) – PELNI, setelah sempat menghentikan kegiatan operasional pada angkutan penumpang, kini semakin siap untuk menambah pengoperasian kapal penumpangnya. Saat ini, sebanyak sembilan kapal penumpang telah dijadwalkan akan kembali melayani angkutan penumpang pada pekan depan.

“Sembilan kapal tersebut meliputi KM Gunung Dempo, KM Dobonsolo, KM Egon, KM Kelud, KM Sinabung, KM Ciremai, KM Lambelu, KM Binaiya, serta KM Awu. KM Gunung Dempo dijadwalkan akan melakukan kegiatan operasional pada 17 Juli 2020. Enam kapal akan mulai beroperasi pada pekan depan, serta dua kapal lainnya direncanakan akan mulai beroperasi pada minggu keempat Juli 2020," ujar Direktur Usaha Angkutan Penumpang, O.M Sodikin melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id pada Kamis (16/7/2020).

Adapun KM Gunung Dempo akan melayani rute Tg. Priok - Surabaya - Makassar - Sorong - Manokwari - Wasior - Jayapura - Wasior - Manokwari - Sorong - Namlea - Makassar - Surabaya - Tg. Priok.

KM Dobonsolo dijadwalkan akan beroperasi pada 21 Juli 2020 dan melayani rute Tg. Priok - Surabaya - Makassar - Bau-Bau - Ambon - Sorong - Serui - Jayapura - Serui - Sorong - Ambon - Bau-Bau - Makassar - Surabaya - Tg. Priok.

KM Lambelu dijadwalkan akan beroperasi pada 23 Juli dengan rute Makassar - Pare-Pare - Balikapapan - Tarakan - Nunukan - Pantoloan - Balikpapan - Pare-Pare - Makassar - Bau-Bau - Larantuka - Kupang - Larantuka - Bau-Bau - Makassar - Pare-Pare - Balikpapan - Pantoloan - Tarakan - Nunukan - Balikpapan - Pare-Pare - Makassar.

Terdapat dua kapal yang direncanakan untuk beroperasi pada 24 Juli mendatang, yakni KM Kelud dengan rute Tg. Priok - Batam - Tg. Balai Karimun - Belawan - Tg. Balai Karimun - Batam - Tg. Priok , dan KM Egon yang akan melayani rute Waingapu - Lembar - Waingapu - Lembar - Surabaya - Batulicin - Pare-Pare - Batulicin - Surabaya - Lembar - Waingapu.

KM Sinabung direncanakan akan beroperasi pada 25 Juli dengan melayani rute reguler, yakni Surabaya - Makassar - Bau-Bau - Banggai - Bitung - Ternate - Bacan - Sorong - Manokwari - Biak - Jayapura (PP).

KM Ciremai yang akan beroperasi pada 28 Juli dengan melayani rute Tg. Priok - Surabaya - Makassar - Bau-Bau - Sorong - Manokwari - Biak - Jayapura - Biak - Manokwari - Sorong - Namlea - Bau-Bau - Makassar - Surabaya - Tg. Priok.

"Dua kapal yang direncanakan beroperasi pada minggu keempat Juli 2020 adalah KM Binaiya dan KM Awu. Total hingga akhir Juli, terdapat 14 dari 26 kapal penumpang PELNI yang telah beroperasi," jelas Sodikin.

“KM Binaiya direncanakan akan melayani rute Makassar - Labuan Bajo - Bima - Benoa (PP). Sementara KM Awu direncanakan akan melayani rute Surabaya - Benoa - Bima - Waingapu - Ende - Kupang - Kalabahi (PP),” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT PELNI (Persero), Yahya Kuncoro menyampaikan bahwa seluruh kegiatan operasional Perusahaan telah diiringi dengan pelaksanaan dan pengawasan protokol kesehatan yang ketat.

"Seluruh petugas operasional kami siap untuk melayani calon penumpang dengan standar protokol kesehatan yang berlaku di era adaptasi kebiasaan baru," terangnya.

Meski begitu, sejumlah kapal di atas akan kembali dijadwalkan untuk melakukan portstay menyesuaikan dengan kebutuhan operasional.

"Terdapat 5 kapal yang akan portstay untuk sementara, antara lain KM Bukit Siguntang pada 11 Juli 2020, KM Labobar (15/7), KM Dorolonda (17/7), KM Kelimutu (23/7), dan KM Nggapulu (28/7)," pungkas Yahya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:13 WIB

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University Raih Beasiswa dari Sony Music Group Global Scholars Program

Alfath, mahasiswa President University, musisi muda Indonesia asal Kabupaten Jombang, Jawa Timur, yang tengah menempuh studi sarjana Sistem Informasi untuk Bisnis dan Manajemen telah mencatat…

Pelita Air

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:51 WIB

Dukung Kelancaran Angkutan Lebaran 2024, Pelita Air Siapkan 273 Ribu Kursi Penerbangan

Pelita Air (kode penerbangan IP), maskapai medium service, menyiapkan 273 ribu kursi penerbangan selama periode angkutan lebaran pada 3 hingga 18 April 2024. Hal ini dilakukan untuk mendukung…

Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arif

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:05 WIB

15 Subsektor Ekspansi, IKI Maret 2024 Tembus 53,05

Indeks Kepercayaan Industri (IKI) bulan Maret 2024 mencapai 53,05, meningkat sebesar 0,49 poin dibandingkan bulan Februari 2024 sebesar 52,56. Kenaikan nilai IKI pada Maret ini dipengaruhi oleh…

TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

Kamis, 28 Maret 2024 - 12:50 WIB

TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

Platform hiburan digital terkemuka, TikTok, meluncurkan TikTok Rising Indonesia, program baru untuk menemukan dan mendukung talenta-talenta lokal yang sedang berkembang, membina komunitas musisi…