Amanat Presiden Jokowi, Prabowo Borong Sebanyak 500 Unit Rantis Maung Dari Pindad

Oleh : Hariyanto | Selasa, 14 Juli 2020 - 11:02 WIB

Menhan Prabowo Subianto dan Presiden Jokowi
Menhan Prabowo Subianto dan Presiden Jokowi

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kunjungan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto ke PT Pindad (Persero) rupanya bukan hanya sekadar menjajal kendaraan taktis (rantis) yang bernama Maung. Menhan Prabowo juga berencana untuk memborong rantis tersebut.

Direktur Utama Pindad Abraham Mose mengatakan, Prabowo berkomitmen untuk membeli 500 unit Maung. "Iya beli dan sudah komitmen 500 unit," kata Abraham dikutip dari detik, Selasa (14/7/2020).

Abraham menjelaskan, komitmen pembelian 500 unit Maung tersebut merupakan pembelian tahap pertama. Artinya ada kemungkinan Prabowo akan membeli lebih banyak lagi.

Abraham juga mengungkapkan, ini bukan kali pertama Prabowo belanja alutsista dari Pindad. Sebelumnya Prabowo juga pernah membeli Rp 4 miliar amunisi kaliber kecil dari Pindad. "Sebelumnya beliau sudah order ke Pindad juga Rp 4 miliar amunisi kaliber kecil. Luar biasa Pak Menteri kita," tambah Abraham.

Menurut Abraham, untuk rantis Maung harganya berkisar antara Rp 600 jutaan per unit. Sehingga untuk pembelian tahap pertama total anggaran yang disiapkan Kemenhan sekitar Rp 300 miliar.

Pembelian alutsista ini dilakukan setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyinggung Prabowo terkait belanja produk-produk dari luar negeri.

Sebelumnya, Jokowi sempat mengingatkan para menterinya untuk mengerem belanja luar negeri dan sentilan khusus diberikan ke Prabowo. Enam hari setelahnya, Prabowo memposting foto dengan menjajal alutsista.

Pada 7 Juli 2020, Jokowi mengumpulkan sejumlah menteri dalam rapat terbatas. Jokowi meminta jajarannya bekerja berdasarkan konteks krisis dan tidak seperti dalam keadaan normal biasa. Selain itu, pembelanjaan pemerintah harus mengutamakan produk-produk yang ada di dalam negeri.

"Saya minta semuanya dipercepat, terutama yang anggarannya besar-besar. Ini Kemendikbud ada Rp 70,7 triliun, Kemensos Rp 104,4 triliun, Kemenhan Rp 117,9 triliun, Polri Rp 92,6 triliun, Kementerian Perhubungan Rp 32,7 triliun," kata Jokowi dikutip dari laman Presiden RI, Rabu (8/7/2020).

Dari banyak menteri yang hadir, Jokowi memberi penekanan khusus untuk Prabowo. "Misalnya di Kemenhan, bisa saja di DI (Dirgantara Indonesia), beli di Pindad, beli di PAL. Yang bayar di sini ya yang, cash, cash, cash. APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara), beli produk dalam negeri. Saya kira Pak Menhan juga lebih tahu mengenai ini," tuturnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi industri Tekstil dan Produk Tekstil (TPT)

Rabu, 17 April 2024 - 06:17 WIB

Buntut Protes Keras BP2MI, Pengusaha Tekstil Desak Aparat Selidiki Permainan Curang Importir

Stakeholder industri tekstil dan produk tekstil (TPT) meminta aparat melakukan penyelidikan secara mendalam terkait protes keras yang dilakukan oleh Kepala BP2MI terhadap pemberlakuan Permendag…

APEC

Rabu, 17 April 2024 - 05:31 WIB

Bicara di Forum APEC, ID FOOD Sampaikan Inisiatif Strategis Peningkatan Akses Petani dan UMKM Perempuan di Sektor Pangan

Jakarta – Perempuan semakin memegang peranan penting dalam ekosistem pertanian dan pangan. Hal tersebut dilihat dari tumbuhnya kontribusi perempuan di tahapan rantai pasok industri pangan…

Dankormar Laksanakan Olahraga Bersama dengan Pejabat Utama Mako Kormar

Rabu, 17 April 2024 - 05:15 WIB

Dankormar Laksanakan Olahraga Bersama dengan Pejabat Utama Mako Kormar

Sebagai upaya peningkatan kesehatan dan kekompakan dalam mempererat hubungan antar Pejabat Utama Mako Kormar, Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.…

Dankormar Ikuti dan Laksanakan Penyerahan Paket Lebaran

Rabu, 17 April 2024 - 05:09 WIB

Dankormar Ikuti dan Laksanakan Penyerahan Paket Lebaran

Dalam rangka merayakan hari raya Idul Fitri 1445 H/2024 M Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP. mengikuti sekaligus menyerahkan…

Drone Mendukung Tugas Operasi Prajurit Marinir

Rabu, 17 April 2024 - 04:59 WIB

Drone Mendukung Tugas Operasi Prajurit Marinir

Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP., dan Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Muda Yayan Sofiyan, S.T., M.Si.,…