Sidang Pembobolan Nomor Rekening Ilham Bintang Dimulai, Indosat Dan Commonwealth Bank Melenggang

Oleh : Krishna Anindyo | Selasa, 07 Juli 2020 - 10:45 WIB

Para Tersangka yang Diduga Menjadi Kasus Pembobolan Bank
Para Tersangka yang Diduga Menjadi Kasus Pembobolan Bank

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kasus pembobolan nomor telepon selular Indosat dan nomor rekening Commonwealth Bank milik wartawan senior Ilham Bintang memasuki babak persidangan. Berkas Kasus Pembobolan Rekening Ilham Bintang Dilimpahkan Ke JPU.

Kasus ini terjadi awal Januari lalu, saat Ilham Bintang berada di Australia. Setelah menguasai nomor telepon selular Indosat miliknya, kelompok pembobol mengeruk rekening Ilham Bintang sebanyak 98 kali di Commonwealth Bank.

Dalam persidangan yang akan digelar Rabu lusa (8/7), Ilham Bintang diundang hadir untuk didengarkan keterangannya sebagai saksi korban.

Sebagai terdakwa, Desar, satu dari kawanan pembobol yang memalsukan identitas Ilham Bintang. Berkas perkara kasus ini dilimpahkan ke Kejaksaan pada 3 Juni lalu.

Polda Metro Jaya menangkap delapan tersangka sepuluh hari setelah kejadian. Mereka adalah Desar alias Erwin, warga Tulung Selapan, Sumatera Selatan; Toti Rosmiwati, warga Cipayung, Depok; Wasno, warga Pesanggrahan, Jakarta Selatan; Arman Yuniarto, warga Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Kemudian, Jati Waluyo, warga Cileduk, Tangerang Selatan; Hendri Budi Kusumo, warga Bojong Gede, Bogor; Rifan Adam Pratama, warga Kemayoran, Jakarta Pusat; dan Heni Nur Rahmawati, warga Tambun Utara, Bekasi.

Dari pengamatan atas perjalanan kasus ini tidak ada pihak Indosat dan Commonwealth Bank yang ditetapkan sebagai tersangka.

Padahal, kedua instansi tersebut memiliki peran besar sehingga pembobolan baik nomor telepon maupun nomor rekening milik Ilham Bintang terjadi.

Dalam sejumlah keterangan yang diperoleh sebelumnya, karyawan Gerai Indosat di Bintaro Jaya Xchange yang menerima pihak yang mengaku sebagai Ilham Bintang tidak mengikuti standar prosedur operasional. Karyawan itu hanya diberhentikan oleh pihak Indosat.

Begitu juga dengan pihak Commonwealth Bank yang dinilai tidak mengambil tindakan apapun saat mengetahui ada transaksi tidak biasa dari nomor rekening Ilham Bintang.

Bagaimanapun juga kasus pembobolan kartu telepon Indosat dan pembobolan rekening Commonwealth Bank milik Ilham Bintang ini bukan kasus kejahatan elektronik biasa. Kasus ini juga terkait erat dengan perlindungan konsumen dan nasabah.

Itu sebabnya, seluruh pihak terkait termasuk OJK, mendapat sorotan dari masyarakat dan pemerintah.

Jaksa Penuntut Umum perkara ini, Mujiono SH membenarkan sidang yang menghadirkan Ilham Bintang akan digelar di PN Jakarta Barat Rabu (8/7) siang.

“Mengenai tidak adanya pihak Indosat dan Commoonwealth yang jadi tersangka itu menjadi ranah penyidik dari pihak kepolisian”, kata Mujiono melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id pada Selasa (7/7/2020).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

3xtra Ordinary Meet and greet sinetron Buku Harian Seorang Istri yang berlangsung secara virtual

Sabtu, 23 Januari 2021 - 20:52 WIB

Meriah 3xtraOrdinary Meet and Greet 'Buku Harian Seorang Istri'

Perpaduan antara teknologi dan situasi pandemi telah merubah kebiasaan dalam hal meet and greet atau biasa disebut jumpa penggemar. Hal inilah yang dilakukan oleh para pemain sinetron “Buku…

SEMARAK HUT KE-71, BTN GELAR LOMBA KARYA TULIS DAN FOTO JURNALISTIK

Sabtu, 23 Januari 2021 - 20:17 WIB

Gelar Lomba Karya Tulis dan Foto Jurnalistik, BTN Siapkan Hadiah Total Sebesar Rp171 Juta

Jakarta-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. memproyeksikan sektor properti akan menunjukkan kebangkitan pada 2021.

Menteri BUMN Erick Thohir

Sabtu, 23 Januari 2021 - 19:15 WIB

Terpilih Jadi Ketua Umum MES, Erick Thohir: Ini Amanah

Penetapan Erick sebagai Ketua Umum MES yang baru melalui keputusan 11 (sebelas) orang tim formatur yang dibentuk saat Munas berlangsung.

Foto Kolase Sandiaga Uno di Infinite Studio Batam dan Animator

Sabtu, 23 Januari 2021 - 18:45 WIB

Studio Animasi Perfilman di Batam Bikin Menteri Sandi Geleng-geleng: Kerenn, Tak Kalah Dari Hollywood...

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno mengungkapkan bahwa Indonesia memiliki studio animasi dan perfilman yang tak kalah dengan yang ada di Hollywood Amerika Serikat.…

Erick Thohir Jamin Vaksin Covid-19 Asli dan Aman

Sabtu, 23 Januari 2021 - 18:24 WIB

Jamin Vaksin yang Dikirim ke Pelosok Negeri Asli, Erick Thohir: Bismillah, Semua Ada Barcodenya...

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menegaskan vaksin Covid-19 yang dikirim dari kantor Bio Farma di Bandung dalam kondisi asli dan terjaga kualitasnya. "Dimasing-masing vaksin…