Blibli Dukung Kemenperin RI Kampanye #SemuanyaAdaDisini

Oleh : Herry Barus | Kamis, 02 Juli 2020 - 12:00 WIB

Blibli Dukung Kemenperin RI Kampanye #SemuanyaAdaDisini
Blibli Dukung Kemenperin RI Kampanye #SemuanyaAdaDisini

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Penyelenggaraan kampanye #SemuanyaAdaDisini disinergikan dengan program e-Smart IKM pada tahun 2020. Hanya dalam waktu kurang dari 1 bulan sejak dibukanya pendaftaran pada 5 Juni 2020 lalu, sebanyak 2.925 IKM berpartisipasi dalam kampanye tersebut.

Menurut Menperin Agus Gumiwang, capaian tersebut menunjukan potensi pemasaran produk melalui e-commerce. Pemanfaatan media digital untuk penjualan IKM juga telah sejalan dengan Peta Jalan Making Indonesia 4.0. "Penjualan secara online memudahkan pemasaran hasil industri Indonesia yang sekaligus berguna untuk merevitalisasi IKM menuju industri 4.0," sebutnya.

Gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia juga diproyeksi mampu memperkuat program peningkatan penggunaan produk dalam negeri (P3DN), terutama melalui ajakan kepada masyarakat Indonesia untuk mendukung produk dalam negeri dengan belanja produk IKM Indonesia.

Sementara itu Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi menuturkan, Indonesia sebagai bangsa yang besar harus mampu bekerjasama untuk mengembangkan produk dalam negeri yang berkualitas, guna memenugi kebutuhan konsumen dalam dan luar negeri. “Kampanye #SemuanyaAdaDisini sangat pas, karena menunjukkan optimisme yang tinggi bahwa Indonesia mampu memproduksi kebutuhan sehari-hari kita,” ujarnya.

Ia memaparkan, gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia dengan mengedepankan penjualan secara online, salah satunya melalui marketplace diyakini akan mampu mengakselerasi perputaran ekonomi, menjadi sarana pemerataan ekonomi di seluruh Indonesia, serta menunjukkan keberpihakan bagi produk-produk dalam negeri.

“Sebagaimana arahan Presiden, target kita adalah dua juta UMKM masuk dalam eksositem digital. Hari ini kita sudah memiliki total 8,6 juta yang masuk dalam ekosistem digital. Kita semua telah menunjukkan komitmen dengan memberikan berbagai dukungan bagi UMKM, seperti pelatihan daring, e-learning, hingga relaksasi perizinan,” jelasnya. 

Dalam rangkaian launching kampanye tersebut juga digelar talkskhow bertema manfaat pemasaran online, yang menghadirkan narasumber Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka Kemenperin, Gati  Wibawaningsih, Digital Indonesian e-commerce Association (IdEA), juga industri besar yang telah melakukan pembinaan kepada IKM.

Pada kesempatan itu, hadir juga para pelaku IKM yang bercerita tentang kisah sukses setelah berjualan melalui platform online marketplace, seperti IKM Kopi PT Sinar Prima Food, IKM alas kaki Brodo, serta IKM Variasi Motor Gajah Jaya dan Afif Jaya Pasuruan.

Wakil Ketua Umum Bidang Ekonomi Digital idEA, Bima Laga menyampaikan, sebagai salah satu wadah bagi UMKM untuk bisa mengembangkan usahanya, idEA dan seluruh anggotanya sangat mendukung pemerintah dalam mendorong kemajuan ekonomi digital Indonesia. “Terlebih produk buatan Indonesia juga pada dasarnya memiliki kualitas yang layak dibanggakan,” ungkap Bima.

Rangkaian kampanye #SemuanyaAdaDisini diisi dengan webinar yang mengangkat berbagai macam topik, dilaksanakan pada 1-15 Juli 2020. “Dalam rangkaian webinar ini, kami akan memberikan materi terkait manfaat pemasaran ataupun pembayaran online, penjelasan mengenai penggunaan platform online, sampai cara untuk bisa berjualan online,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kusumo Martanto, CEO Blibli, menyampaikan,”Sebuah kehormatan bagi Blibli untuk kembali mendapatkan kepercayaan dari Pemerintah Indonesia, dalam hal ini Kementerian Perindustrian, untuk terus mendukung Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia melalui program #SemuanyaAdaDisini. Dukungan ini adalah bentuk komitmen Blibli untuk mendukung pertumbuhan Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Indonesia.”

Lebih lanjut Kusumo menambahkan bahwa kolaborasi serta sinergi lintas sektor merupakan elemen penting dalam memaksimalkan pengetahuan dan kemampuan para pelaku IKM untuk menggebrak pasar yang lebih luas melalui ekosistem digital. “Kami yakin bahwa dengan adopsi teknologi serta pemanfaatan sistem logistik di ekosistem kami, Blibli dapat memberikan dorongan maksimal bagi perkembangan IKM sebagai penopang ekonomi di Indonesia,” tutup Kusumo.

Kemenperin juga berupaya membangun jejaring antara pelaku IKM sebagai bagian dari supply chain dengan industri besar. “Mendekatkan IKM dengan industri berskala besar, akan memberikan peluang bagi IKM untuk berkembang dan berkontribusi dalam rantai pasok industri dalam negeri,” imbuh Gati.

Ia menambahkan, masuknya IKM ke dalam ekosistem digital merupakan cara yang efektif untuk memahami kebutuhan masyarakat dan tren permintaan, sehingga IKM dapat memproduksi barang-barang yang dapat terserap oleh pasar. “Karena itu program-program kami akan menyesuaikan dengan kebutuhan yang tidak biasa-biasa saja,” pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Taj Mahal, India (Dennis Jarvis/Flickr)

Senin, 17 Mei 2021 - 16:30 WIB

Taj Mahal Perpanjang Masa Penutupan Wisata Hingga Akhir Mei 2021

Lonjakan kasus harian Covid-19 di India semakin hari kian memburuk. Hal ini mengakibatkan rumah sakit penuh serta alat kesehatan yang dibutuhkan untuk pengobatan pasien pun menjadi terbatas.…

Daging sapi di sebuah pasar becek

Senin, 17 Mei 2021 - 16:09 WIB

Kementan Pastikan Stok Komoditas Hewani Aman Pasca Lebaran

Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) menyampaikan stok ketersediaan daging komoditas hewani khususnya ruminansia masih tersedia…

Ekspansi Lucy in The Sky

Senin, 17 Mei 2021 - 16:01 WIB

Raih Dana IPO Sebesar Rp33,7 Miliar, Lucy in The Sky Tancap Gas Lakukan Ekspansi dan Pengembangan Bisnis

PT Lima Dua Lima Tiga Tbk. sebagai pemilik dan pengelola Lucy in The Sky telah resmi melantai di bursa saham pada 5 Mei 2021 lalu. Melalui Initial Public Offering (IPO), perseroan berhasil menghimpun…

Replika Kapal Titanic di Cina (Ist)

Senin, 17 Mei 2021 - 15:30 WIB

Cina Bangun Replika Kapal Titanic Untuk Tempat Wisata

Kapal pesiar mewah nan ikonik Titanic yang diabadikan melalui film layar lebar pada 1997 ini akan dibangun replikanya di Cina. Salah satu tujuan pembangunan ini adalah sebagai daya tarik wistawan…

Pembangunan Bendungan Ameroro

Senin, 17 Mei 2021 - 15:27 WIB

Pemerintah Siapkan Dana Sebesar Rp 1,48 Triliun Bangun Bendungan Ameroro Berkapasitas 43,44 Juta m3 di Sultra

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memulai pembangunan Bendungan Ameroro di Desa Tamesandi, Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang juga masuk dalam daftar…