Deposit Aspal Pulau Buton Melimpah, Pertamina Lakukan Riset Untuk Kurangi Impor

Oleh : Hariyanto | Senin, 15 Juni 2020 - 14:50 WIB

Pengaplikasian Aspal
Pengaplikasian Aspal

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Pertamina (Persero) menyebutkan, kebutuhan aspal di Indonesia mencapai 1,2 juta ton per tahun. Sekitar 45% hingga 50% dari jumlah kebutuhan tersebut masih dipenuhi dengan mengimpor.

Melalui kajian dan riset Fungsi Research and Technology Center (RTC), Pertamina kini berupaya untuk memanfaatkan ketersediaan aspal yang sangat tinggi di Pulau Buton dan sekitarnya. Diperkirakan, jumlah deposit aspal Buton mencapai 650 juta ton.

Principal I Petrochemical & Petroleum Non Fuel RTC Yana Meliana mengatakan, kendati memiliki jumlah deposit yang banyak, aspal Buton tidak bisa dipakai langsung karena mengandung banyak mineral yang dapat menyebabkan rusaknya peralatan saat aplikasi.

"Agar kualitasnya baik, aspal Buton perlu diolah dulu melalui proses ekstraksi," kata Yana melalui keterangan resmi yang dikutip INDUSTRY.co.id, Senin (15/6/2020).

Disaat yang sama, lanjut Yana, aspal minyak Pertamina saat ini dinilai terlalu lunak bagi daerah tropis seperti Indonesia. Agar spesifikasi aspal sesuai dengan iklim tropis, aspal Buton kini dikaji untuk ditambahkan ke dalam aspal minyak Pertamina.

Upaya tersebut dilakukan dengan harapan meningkatkan kualitas aspal Pertamina. “Jika berhasil diaplikasikan, aspal Buton mampu menurunkan jumlah impor aspal juga,” terang Yana.

Pada Desember 2019, RTC telah selesai melakukan uji gelar hasil riset aspal Buton di salah satu jalan raya provinsi di Maros, Makassar. Uji gelar dilakukan bekerja sama dengan WIKA Bitumen dan Pusat Jalan dan Jembatan (Pusjatan), Direktorat Jenderal Binamarga Pekerjaan Umum.

Tahun ini, RTC sedang melakukan studi kelayakan pembangunan pabrik ekstraksi aspal Buton. Aspal Buton sendiri memiliki potensi mencapai 1,2 juta ton per tahun.

Selain itu, dengan cara ekstraksi ini akan mendapatkan produk dengan harga Rp5.500 per kilogram produk asbuton yang lebih murah dari harga aspal minyak sekitar Rp7.000 per kilogram aspal oil.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi

Kamis, 26 Mei 2022 - 17:19 WIB

Pandemi Melandai, Presiden Jokowi Harap Aktivitas Seni dan Budaya Bangkit

Presiden Joko Widodo berharap melandainya pandemi menjadi momentum aktivitas seni dan budaya untuk bangkit kembali setelah terhenti selama dua tahun. Pernyataan ini disampaikan Presiden setelah…

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia bersama Anindya Bakrie saat berfoto bersama Menteri Investasi Inggris Lord Grimstone

Kamis, 26 Mei 2022 - 15:30 WIB

Bertemu Menteri Investasi Inggris, Bahlil Pastikan Kerja Sama RI-Inggris Bakal Diteken pada KTT G20 di Bali

Di sela kunjungan kerjanya ke Davos, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia bertemu dengan Menteri Investasi Inggris Lord Grimstone kemarin siang (25/5)…

Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI Mardani H. Maming

Kamis, 26 Mei 2022 - 15:00 WIB

Ini Kontribusi 50 Tahun HIPMI untuk Indonesia Menuju Era Keemasan

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) sedang menuju era keemasan yang tahun ini akan menginjak usia 50 tahun. Anggota HIPMI di seluruh Indonesia akan tetap berjuang untuk membangun ekonomi…

Mentan SYL menyaksikan Porang yang akan diolah

Kamis, 26 Mei 2022 - 14:52 WIB

Kementan Dukung Investor Bangun Pabrik Olahan Porang Skala Besar di Lombok Barat

Pabrik pengolahan porang menjadi tepung glukomanan berkadar 90 persen mulai dibangun di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

PT Alkindo Naratama Tbk (“ALDO”

Kamis, 26 Mei 2022 - 14:07 WIB

Laba Bersih ALDO Melesat 70,8% pada Kuartal I-2022

PT Alkindo Naratama Tbk (“ALDO”), emiten yang bergerak pada bisnis kertas dan bahan kimia yang terintegrasi, terus meraih kinerja yang positif pada awal tahun 2022 dengan bukukan kenaikan…