Masyarakat Perfilman Bersiap Hadapi Situasi New Normal

Oleh : Amazon Dalimunthe | Sabtu, 13 Juni 2020 - 08:14 WIB

Masyarakat Perfilman Berdiskusi untuk menghadapi Situasi New Normal yang di fasilitasi Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI
Masyarakat Perfilman Berdiskusi untuk menghadapi Situasi New Normal yang di fasilitasi Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI

INDUSTRY.co.id - Jakarta-  Memasuki masa transisi dari situasi akibat pandemi Cofid 19 menuju new normal, insan perfilman merumuskan berbagai hal untuk mengawal film nasional saat mulai tayang nanti. Hal tersebut mengemuka dalam acara Webinar Online bertopik ‘Mengawal Film Nasional Saat Tayang di New Normal’ yang digelar Direktorat Perfilman, Musik dan Media Baru, Ditjen Kebudayaan Kemdikbud kerjasama dengan Demi Film Indonesia (DFI), pada hari Jumat (12/6/2020). 

“Saat transisi dari Pusbang Film ke era Direktorat Perfilman, Musik dan Media Baru Kemdikbud RI, masalah film tetap menjadi pusat perhatian kita semua, “ kata Edy Suwardi selaku Kapokja Apresiasi dan Literasi Direktorat Perfilman, Musik dan Media Baru, Ditjen Kebudayaan Kemdikbud, mewakili Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid yang berhalangan ikut webinar.

Edy menerangkan, dalam upaya memajukan film nasional, di tengah situasi seperti ini  Direktorat Perfillman tetap lakukan berbagai  kegiatan. “FFI akan dilaunching Minggu besok. Juga akan ada Festival Mega Film, bagian dari Pekan Budaya Nasional di Istora Senayan, Oktober dan Apresiasi Film,” terang Edy.

Menurut Edy, menyongsong era New Normal setelah 3 bulan dilanda Cofid19, masyarakat perfilman diharapkan ikut menyesuakan. "Kepada pengelola bioskop untuk kembali memutar film nasional yang disesuaikan dengan protokol kesehatan. Kita juga akan beri akses ke komunitas-komunitas film, baik yang di Jakarta maupun yang di daerah,” harap Edy.

Sementara itu, sineas dan akademisi Sidi Saleh menekankan harus ada tranformasi di film. “Film nasional apa yang bakal jadi tumbal atau kelinci percobaan di New Normal, kita lihat saja nanti,” kata Sidi.

Dalam pandangannya bioskop akan beraktivitas kembali jika ada kebijakan pemerintah. "Bagaimana penggunaan ruangnya, bisa jadi hanya 50 persen penontonnya. Jujur, bioskop adalah jalur utama pemasukan film nasional. Sementara itu habit  penonton berubah, harus ada jarak dll. Ada juga masyarakat yang jadi takut untuk ke bioskop” tambah Sidi.

Patrick Effendy mewakili produser dan co founder Majelis Lucu Indonesia sependapat dengan pernyataan Sidi Saleh. “Kita lihat di Thailand. Minat masyarakat ke bioskop masih kecil. Sedang di Jakarta mal akan dibuka serentak 15 Juni mendatang, apakah bioskop sudah siap memutar film nasional dan asing?,” tanya Patrick.

Lola Amaria selaku produser menyatakan  memang belum  ada rencana syuting film selama pandemi C 19. “Ada opsi sih, tapi dipending dulu. Kita akan syuting lagi tahun depan dengan proses yang enggak sama. Banyak produser teman saya mengeluh, baru syuting 3 hari harus break dulu. PH sudah kehabisan modal, gaji kru film belum dibayarkan. Tiga bulan off. Solusinya? Ke digital. Tapi rasa kepuasan tetap beda jika nonton di bioskop,” urai Lola .

 

Aktris Acha Septriasa yang bermukim di Australia bersama suami dan anaknya menegaskan, seluruh bioskop di negara kanguru tersebut masih tutup, dari 22 Maret yang lalu. “Katanya sih akan dibuka lagi 1 Juli. Memang di Australia, film-film Hollywood tayangnya telat 10 hari sampai 2 minggu dibanding di Indonesia. Resto di sana sudah dibuka dengan jumlah pengunjung dibatasi, tapi bioskop kayaknya masih lama,” ucap Acha.

Pengamat film senior Yan Widjaja menambahkan, dari Januari sampai Maret 2020 baru tayang 28 judul film nasional, ditambah 8 film nasional yang tayang Desember 2019. “Masih ada 122 judul film nasional yang tertunda. Sedang film impor ada 180 judul film. Mungkin prediksi saya nanti di akhir 2020 bakal ada 4 film nasional kolosal yang tayang yaitu ‘Hamka’, ‘Bung Hatta’, ‘Taufan’ dan ‘Gatotkaca’,” tandas Yan. (AMZ)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…