Industri Batubara Lesu Akibat Pasar Menyusut Terpapar Covid-19

Oleh : Nata Kesuma | Jumat, 05 Juni 2020 - 22:31 WIB

Produsen Batubara
Produsen Batubara

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Minimnya pergerakan ekonomi membuat industri batubara turut mengalami kelesuan dikarenakan menurunnya permintaan pasar terutama yang datangnya dari India dan Tiongkok.

Lantaran hal tersebut, Harga Batubara Acuan (HBA) per Juni 2020 kembali terkoreksi ke angka USD52,98 per ton atau turun USD8,13 per ton dari Mei, yaitu USD61,11 per ton. 

"Stok batubara di India dan Tiongkok terbilang cukup tinggi. Mereka masih memanfaatkan produksi dalam negeri sendiri," kata Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi dalam keterangan tertulis, Jumat malam (5/6).

Dijelaskan Agubg, pengurangan suplai batubara dari Indonesia, tak lepas dari adanya pengaruh kuat dari dampak Covid-19 yang membatasi pergerakan ekonomi masing-masing negera. 

"Di tengah pandemi, ada kecenderungan peralihan ke sumber energi alternatif dalam negeri. Itu juga punya jadi pemicu utama selain akibat meningkatkannya hubungan Tiongkok-Australia," tegas Agung.

Diakui Agung, HBA mengalami tren penurunan semenjak Covid-19 ditetapkan sebagai pandemi oleh Word Health Organization (WHO) pada pertengahan Maret lalu. 

HbA sebelumnya sempat menguat pada 0,28% pada angka USD67,08 per ton di Maret dibanding Februari (USD66,89 per ton), HBA mengalami penurunan ke angka USD65,77 per ton pada April.

Perlu diketahui, HBA sendiri diperoleh dari rata-rata indeks Indonesia Coal Index (ICI), Newcastle Export Index (NEX), Globalcoal Newcastle Index (GCNC), dan Platts 5900 pada bulan sebelumnya, dengan kualitas yang disetarakan pada kalori 6322 kcal per kilogram GAR.

Nantinya, harga ini akan digunakan secara langsung dalam jual beli komoditas batubara (spot) selama satu bulan pada titik serah penjualan secara Free on Board di atas kapal pengangkut (FOB Veseel).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi

Selasa, 22 September 2020 - 09:37 WIB

Cataatt! Jokowi Tegaskan Pilkada 2020 Tak Akan Diundur

Jakarta, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa tahapan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 akan tetap dilaksanakan meski ditengah pandemi Covid-19. Hal tersebut dikemukakan Jokowi melalui…

Bitcoin

Selasa, 22 September 2020 - 09:35 WIB

Perusahaan Terbuka Ini Borong Bitcoin Hingga Rp8,8 Triliun

Padahal, pada awalnya perusahaan ini sempat skeptis dengan kehadiran bitcoin. Dalam beberapa wawancaranya, dia juga meyakini bahwa bitcoin lebih baik dibandingkan emas.

Pilkada 2020 (Foto Dok PR)

Selasa, 22 September 2020 - 09:15 WIB

Sepakat! Pelaksanaan Pilkada Tetap Dilangsungkan 9 Desember 2020

Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 tetap dilangsungkan pada tanggal 9 Desember 2020 dengan penegakan disiplin dan sanksi hukum terhadap pelanggaran protokol kesehatan Covid-19.

Tol Laut (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 22 September 2020 - 09:00 WIB

Kemenhub Luncurkan Buku Tol Laut Dukung Sektor Logistik

Buku ini memuat secara terstruktur mengenai program Tol Laut, dimulai dari filosofi program Tol Laut yang mengulas dari sisi sejarah, kapal dan jaringan trayek, pelabuhan dan fasilitasnya, sistem…

Jembatan Sungai Dareh

Selasa, 22 September 2020 - 08:34 WIB

Kementerian PUPR Habiskan Rp 227 Miliar Untuk Bangun Sejumlah Infrastruktur di Dharmasraya

Untuk mendukung ketahanan pangan dan air serta meningkatkan produktivitas di sektor pertanian di Dharmasraya, Balai Wilayah Sungai Sumatera V Padang Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya…