PP Properti Sisihkan Rp34,2 Miliar dari Laba Bersih 2019 untuk Dividen

Oleh : Abraham Sihombing | Jumat, 05 Juni 2020 - 11:49 WIB

Taufik Hidayat, Direktur Utama PT. PP Properti Tbk (Dok. Industry)
Taufik Hidayat, Direktur Utama PT. PP Properti Tbk (Dok. Industry)

INDUSTRY.co.id -Jakarta - PT PP Properti Tbk (PPRO), pengembang properti terkemuka di Indonesia, telah melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) untuk Tahun Buku 2019 pada Rabu (03/06/2020) di Plaza PP, Wisma Subiyanto - Jakarta.

 

Para pemegang saham menyetujui seluruh laporan dan rencana Perseroan dalam agenda RUPS Tahunan tersebut. RUPST tersebut dilakukan dengan mengikuti protokol pencegahan covid-19 yang mengacu pada Peraturan Gubernur No. 33 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta, dan pasal 10 ayat 2, POJK No. 15/POJK.04/2020 Tentang Rencana Dan Penyelenggaraan Rapat Umum Pemegang Saham Perusahaan Terbuka.

 

Dalam agenda rapat RUPST, para pemegang saham telah menyetujui pembagian dividen untuk tahun buku 2019 sebesar 10% dari laba bersih 2019. Direktur utama PPRO, Taufik Hidayat mengemukakan, dalam ketidakpastian kondisi pandemic saat ini, PPRO tetap membagikan dividen senilai Rp34,2 miliar atau setara dengan 10% dari perolehan laba bersih yang diatribusikan kepada entitas induk sebesar Rp342 Miliar.

 

“Kendati jumlah dividen yang dibagikan turun dari tahun lalu, Kami berusaha untuk tetap menjalankan komitmen kami untuk terus menciptakan nilai tambah bagi para pemegang saham,” ungkap Taufik.

 

Disamping itu, PPRO juga melaporkan pencapaian kinerja yakni total asset PPRO mencapai Rp19,58 triliun, mengalami peningkatan 18,87% dibandingkan Total Aset tahun 2018 sebesar Rp16,48 triliun. Sedangkan total ekuitas PPRO tahun 2019 mencapai Rp6,12 triliun, mengalami peningkatan 5,27% dibandingkan total ekuitas tahun 2018. Peningkatan ekuitas dari penambahan laba perusahaan di tahun berjalan 2019 yang berasal dari kegiatan operasional perusahaan.

 

Tahun 2020 PPRO memfokuskan dalam menyelesaikan proses pembangunan apartemen yang siap diserahterimakan di tahun ini, yang mana unit tersebut sudah terjual dan pembangunan apartemennya sedang berjalan. Adapun beberapa yang akan diserahterimakan pada tahun ini diantaranya; di Surabaya terdapat Grand Sungkono Lagoon Tower Caspian dan Grand Dharmahusada Lagoon, di MalangBegawan apartemen, di Semarang- Amartha View dan The-Alton, di Depok – Evenciio dan di BSD-The Ayoma Apartemen.

 

Selain fokus serah terima apartemen, PPRO memperkuat kerjasama dengan perbankan untuk bunga KPA sebesar 1,75%, memperkuat digital marketing melalui kerjasama dengan Tokopedia, Mamikos dan Travelio.

 

Sehubungan diterbitkannya PP No.25 tahun 2020 tentang penyelenggaraan Tabungan Perumahan Rakyat (TAPERA), “PPRO siap menjadi mitra bagi BP Tapera dengan menyediakan sejumlah proyek residensial yang kami miliki di lokasi-lokasi strategis dengan harga yang terjangkau” tutup Taufik.

 

Selain memutuskan pembagian Dividen Tunai, keputusan RUPS tahunan Perseroan juga menetapkan perubahan susunan Dewan Komisaris dan Direksi terhitung sejak ditutupnya RUPS ini, untuk masa jabatan 5 tahun, sebagai berikut:

 

Komisaris Utama         : Abdul Haris Tatang

Komisaris                     : Sarwono Oetomo

Komisaris Independen : Kelik Wirawan Wahyu Widodo

 

Direktur Utama            : Taufik Hidayat

Direktur Realty            : Galih Saksono

Direktur Komersial      : Sinurlinda Gustina M

Direktur Independen merangkap Direktur Pengembangan Bisnis dan HCM : Nanang Siswanto

Direktur Keuangan       : Mustarno

 

(Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Robert Alberts Pelatih Persib Bandung (Foto Dok PR)

Rabu, 23 September 2020 - 18:00 WIB

Ini Alasan Pelatih PERSIB Robert Berikan Sesi Latihan Bek Lebih Awal

Pelatih Robert Alberts mengungkapkan pentingnya materi latihan yang spesifik bagi pemain di setiap posisi. Oleh sebab itu, dalam agenda latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Rabu 23…

Ilustrasi obat-obatan (Tribun)

Rabu, 23 September 2020 - 17:45 WIB

Kemenperin Manfaatkan Balai Besar Kimia Tingkatkan Riset Bahan Baku Industri Farmasi

Kementerian Perindustrian terus mendorong pemanfaatan sumber daya lokal sebagai bahan baku industri farmasi di dalam negeri.

Tanaman talas hasil pertanian lokomotif Pandeglang

Rabu, 23 September 2020 - 17:18 WIB

Talas Beneng, Produk Ekspor Unggulan Kabupaten Pandeglang

Di masa pandemi ini permintaan luar negeri untuk Talas Beneng ternyata tidak menyurut. Selain Belanda, ada lima negara baru yang menampung hasil panen Talas Beneng asal Pandeglang. Pemerintah…

Pertamina (Foto: Ist)

Rabu, 23 September 2020 - 17:05 WIB

Pertamina Akan Bangun SPBUN di Pelabuhan Krui Lampung

Sesuai hasil pemantauan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) dan PT Pertamina (Persero) Sales Area Lampung-Bengkulu, keberadaan SPBUN nantinya sangat diperlukan untuk keperluan…

Coca Cola Serahkan Bnatuan Ambulans ke PMI

Rabu, 23 September 2020 - 17:00 WIB

Coca Cola Serahkan Bantuan Ambulans ke PMI

Penyerahan bantuan kepada PMI merupakan realisasi bertahap dari kontribusi Coca-Cola yang telah disalurkan melalui Palang Merah Indonesia untuk mendukung upaya bantuan darurat dan kemanusiaan…