PLN Berhasil Energize GISTET 500 kV Tambun 2 dan SUTET 500 kV Tambun 2 Incomer

Oleh : Hariyanto | Senin, 01 Juni 2020 - 15:37 WIB

Listrik Ilustrasi
Listrik Ilustrasi

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT PLN (Persero) berhasil memberikan tegangan pertama (energize) pada proyek Gardu Induk Substation Ekstra Tegangan Tinggi (GISTET) 500 kiloVolt (kV) Tambun 2 serta transmisi Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 500 kV Tambun 2 Incomer.

Dua infrastruktur tersebut merupakan proyek strategis nasional yang memiliki peran penting dalam meningkatkan keandalan kelistrikan di pulau Jawa, khususnya di DKI Jakarta dan sekitarnya.

“Di tengah pandemi COVID-19 ini, kami terus berkomitmen untuk menyelesaikan proyek infrastruktur kelistrikan guna meningkatkan keandalan pasokan listrik," kata General Manager Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat, Ratnasari Sjamsudin melalui keterangan pers yang dikutip INDUSTRY.co.id, Senin (1/6/2020).

GISTET 500 kV Tambun 2 dan GIS 150 kV Tambun 2 akan memperkuat pasokan listrik di wilayah Jakarta Timur, Bekasi dan Tambun dengan membantu penyaluran daya dari GITET 500 kV Bekasi yang saat ini sudah overload.

"Kebutuhan listrik di sekitar Jakarta ini terus meningkat, dengan beroperasinya GISTET 500 kV Tambun ini bisa mengurangi beban GITET 500 kV Bekasi yang saat ini sudah mulai penuh," tambah Ratnasari.

GISTET 500 kV Tambun 2 dibangun dengan menggunakan teknologi Gas Insulated Substation untuk mendukung optimalisasi pemanfaatan lahan di daerah padat penduduk serta untuk meningkatkan keandalan operasi dari gardu induk 500 kV.

Ratnasari Sjamsudin menambahkan bahwa tahun ini ada sekitar 109 proyek infrastruktur kelistrikan di wilayah jawa bagian barat yang akan diselesaikan dengan nilai investasi mencapai Rp19 triliun. Sedangkan sepanjang 2019 lalu PLN UIP JBB berhasil menyelesaikan 42 proyek infrastruktur dengan nilai investasi Rp12,6 triliun.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Robert Alberts Pelatih Persib Bandung (Foto Dok PR)

Rabu, 23 September 2020 - 18:00 WIB

Ini Alasan Pelatih PERSIB Robert Berikan Sesi Latihan Bek Lebih Awal

Pelatih Robert Alberts mengungkapkan pentingnya materi latihan yang spesifik bagi pemain di setiap posisi. Oleh sebab itu, dalam agenda latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Rabu 23…

Ilustrasi obat-obatan (Tribun)

Rabu, 23 September 2020 - 17:45 WIB

Kemenperin Manfaatkan Balai Besar Kimia Tingkatkan Riset Bahan Baku Industri Farmasi

Kementerian Perindustrian terus mendorong pemanfaatan sumber daya lokal sebagai bahan baku industri farmasi di dalam negeri.

Tanaman talas hasil pertanian lokomotif Pandeglang

Rabu, 23 September 2020 - 17:18 WIB

Talas Beneng, Produk Ekspor Unggulan Kabupaten Pandeglang

Di masa pandemi ini permintaan luar negeri untuk Talas Beneng ternyata tidak menyurut. Selain Belanda, ada lima negara baru yang menampung hasil panen Talas Beneng asal Pandeglang. Pemerintah…

Pertamina (Foto: Ist)

Rabu, 23 September 2020 - 17:05 WIB

Pertamina Akan Bangun SPBUN di Pelabuhan Krui Lampung

Sesuai hasil pemantauan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) dan PT Pertamina (Persero) Sales Area Lampung-Bengkulu, keberadaan SPBUN nantinya sangat diperlukan untuk keperluan…

Coca Cola Serahkan Bnatuan Ambulans ke PMI

Rabu, 23 September 2020 - 17:00 WIB

Coca Cola Serahkan Bantuan Ambulans ke PMI

Penyerahan bantuan kepada PMI merupakan realisasi bertahap dari kontribusi Coca-Cola yang telah disalurkan melalui Palang Merah Indonesia untuk mendukung upaya bantuan darurat dan kemanusiaan…