Hati-hati! Erick Thohir Bakal Basmi 'Raja-raja' Kecil di Perusahaan Plat Merah

Oleh : Ridwan | Selasa, 26 Mei 2020 - 11:15 WIB

Menteri BUMN Erick Thohir
Menteri BUMN Erick Thohir

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan perombakan pimpinan di perusahaan BUMN bukan hanya sekadar menempatkan orang. 

Ia menekankan perombakan tersebut demi menjaga strategis perusahaan dari oknum tidak bertanggung jawab di kalangan perusahaan pelat merah.

"Dalam menentukan kepemimpinan di BUMN kadang kita sibuk hanya penempatan orang tetapi tidak dijaga strategis perusahan ini untuk apa. Ini yang membahayakan sehingga ada raja-raja kecil atau oknum-oknum," kata Erick dalam keterangan yang diterima di Jakarta, (24/5/2020).

Erick melanjutkan, saat ini pihaknya tidak hanya fokus memproses kepemimpinan tetapi memastikan klaster bisnis BUMN diperketat dan dihubungkan dengan bidang bisnis yang saling berkaitan. Tujuannya menghindari terjadinya tumpang tindih pada bisnis antar BUMN.

"Sekarang kita akan turunkan jumlah klaster kita, yang tadinya 27 nanti hanya 12. Dan semuanya dihubungkan dengan supply chain," ujarnya.

Erick mengaku selama ini, perusahaan perusahaan pelat merah tidak fokus antara nilai ekonomi alias mencari untung dengan tujuan pelayanan publiknya.

"Kita harus melihat kalau kita melakukan nilai ekonomi dengan pelayanan publik, tetapi ini yang menjadi kondisi tidak ada kejelasan. Karena itu, kami coba klasifikasi pemecahan dan klasifikasi bagaimana nilai ekonomi dan pelayanan publik di masing-masing BUMN," ucapnya.

Sambung dia, pelayanan publik akan menjadi tanggung jawab perusahaan BUMN, utamanya untuk penanganan proyek-proyek strategis. Dengan begitu, BUMN diharapkan dapat membangun ekosistem.

"Misalnya saja, industri semen yang dihubungkan dengan industri karya, lalu industri farmasi dengan industri rumah sakit, industri pangan dengan industri pupuk," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Sabtu, 27 April 2024 - 03:00 WIB

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo menerima aspirasi dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI), terkait keberadaan UU No.7 Tahun 2014 tentang Perdagangan,…

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…