Hati-hati! Erick Thohir Bakal Basmi 'Raja-raja' Kecil di Perusahaan Plat Merah

Oleh : Ridwan | Selasa, 26 Mei 2020 - 11:15 WIB

Menteri BUMN Erick Thohir
Menteri BUMN Erick Thohir

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan perombakan pimpinan di perusahaan BUMN bukan hanya sekadar menempatkan orang. 

Ia menekankan perombakan tersebut demi menjaga strategis perusahaan dari oknum tidak bertanggung jawab di kalangan perusahaan pelat merah.

"Dalam menentukan kepemimpinan di BUMN kadang kita sibuk hanya penempatan orang tetapi tidak dijaga strategis perusahan ini untuk apa. Ini yang membahayakan sehingga ada raja-raja kecil atau oknum-oknum," kata Erick dalam keterangan yang diterima di Jakarta, (24/5/2020).

Erick melanjutkan, saat ini pihaknya tidak hanya fokus memproses kepemimpinan tetapi memastikan klaster bisnis BUMN diperketat dan dihubungkan dengan bidang bisnis yang saling berkaitan. Tujuannya menghindari terjadinya tumpang tindih pada bisnis antar BUMN.

"Sekarang kita akan turunkan jumlah klaster kita, yang tadinya 27 nanti hanya 12. Dan semuanya dihubungkan dengan supply chain," ujarnya.

Erick mengaku selama ini, perusahaan perusahaan pelat merah tidak fokus antara nilai ekonomi alias mencari untung dengan tujuan pelayanan publiknya.

"Kita harus melihat kalau kita melakukan nilai ekonomi dengan pelayanan publik, tetapi ini yang menjadi kondisi tidak ada kejelasan. Karena itu, kami coba klasifikasi pemecahan dan klasifikasi bagaimana nilai ekonomi dan pelayanan publik di masing-masing BUMN," ucapnya.

Sambung dia, pelayanan publik akan menjadi tanggung jawab perusahaan BUMN, utamanya untuk penanganan proyek-proyek strategis. Dengan begitu, BUMN diharapkan dapat membangun ekosistem.

"Misalnya saja, industri semen yang dihubungkan dengan industri karya, lalu industri farmasi dengan industri rumah sakit, industri pangan dengan industri pupuk," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi aset kripto

Selasa, 19 Maret 2024 - 16:06 WIB

Bitcoin Koreksi Setelah Cetak ATH, Ini Strategi yang Perlu Dipertimbangkan

Minggu lalu  menjadi perjalanan rollercoaster bagi investor Aset Kripto, karena Bitcoin (BTC) mencapai rekor tertinggi sepanjang masa sebesar $73,000 pada Kamis (14/3/2024), namun aksi profit-taking membawa…

Prof. Budi Soesilo Supanji

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:48 WIB

President University Perkenalkan Budaya Indonesia di East-West Center AS

Ketua Yayasan President University Prof Budi Susilo Supanji akan bertolak ke Amerika Serikat (AS) dalam rangka menghadiri undangan East-West Center yang dibangun oleh Presiden John F Kennedy…

Penandatangan perjanjian kerjasama PT Easterntex dengan PLN

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:46 WIB

Dukung Upaya Penggunaan Energi Bersih, PT Easterntex Beralih Menggunakan Listrik Dari PLN

PT Easterntex telah beralih dari penggunaan listrik yang berasal dari pembangkit milik pribadi menjadi menggunakan listrik yang disuplai oleh PT PLN (Persero) dengan kapasitas sebesar 15 Megawatt…

PT Pamapersada Nusantara Jalin Kerjasama Dengan PT Pelita Air Service

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:37 WIB

Fasilitasi Perjalanan Dinas Karyawan, PT Pamapersada Nusantara Jalin Kerjasama Dengan PT Pelita Air Service

PT Pamapersada Nusantara dan Pelita Air Service melaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerjasama terkait sarana transportasi pesawat untuk karyawan PAMA Group dalam melaksanakan perjalanan…

IFG Life

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:22 WIB

Sabet Penghargaan Asuransi, IFG Life Tegaskan Komitmen Pulihkan Kepercayaan Publik

Dalam menjalankan bisnisnya, IFG Life menjunjung tinggi tata kelola yang baik dan manajemen risiko yang kuat dan penuh kehati-hatian. Perusahaan juga mengoptimalkan pemanfaatan teknologi untuk…