Hati-hati! Erick Thohir Bakal Basmi 'Raja-raja' Kecil di Perusahaan Plat Merah

Oleh : Ridwan | Selasa, 26 Mei 2020 - 11:15 WIB

Menteri BUMN Erick Thohir
Menteri BUMN Erick Thohir

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan perombakan pimpinan di perusahaan BUMN bukan hanya sekadar menempatkan orang. 

Ia menekankan perombakan tersebut demi menjaga strategis perusahaan dari oknum tidak bertanggung jawab di kalangan perusahaan pelat merah.

"Dalam menentukan kepemimpinan di BUMN kadang kita sibuk hanya penempatan orang tetapi tidak dijaga strategis perusahan ini untuk apa. Ini yang membahayakan sehingga ada raja-raja kecil atau oknum-oknum," kata Erick dalam keterangan yang diterima di Jakarta, (24/5/2020).

Erick melanjutkan, saat ini pihaknya tidak hanya fokus memproses kepemimpinan tetapi memastikan klaster bisnis BUMN diperketat dan dihubungkan dengan bidang bisnis yang saling berkaitan. Tujuannya menghindari terjadinya tumpang tindih pada bisnis antar BUMN.

"Sekarang kita akan turunkan jumlah klaster kita, yang tadinya 27 nanti hanya 12. Dan semuanya dihubungkan dengan supply chain," ujarnya.

Erick mengaku selama ini, perusahaan perusahaan pelat merah tidak fokus antara nilai ekonomi alias mencari untung dengan tujuan pelayanan publiknya.

"Kita harus melihat kalau kita melakukan nilai ekonomi dengan pelayanan publik, tetapi ini yang menjadi kondisi tidak ada kejelasan. Karena itu, kami coba klasifikasi pemecahan dan klasifikasi bagaimana nilai ekonomi dan pelayanan publik di masing-masing BUMN," ucapnya.

Sambung dia, pelayanan publik akan menjadi tanggung jawab perusahaan BUMN, utamanya untuk penanganan proyek-proyek strategis. Dengan begitu, BUMN diharapkan dapat membangun ekosistem.

"Misalnya saja, industri semen yang dihubungkan dengan industri karya, lalu industri farmasi dengan industri rumah sakit, industri pangan dengan industri pupuk," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk

Jumat, 10 Juli 2020 - 14:15 WIB

TelkomGroup Hadirkan Hyperscale Data Center Perkuat Bisnis Digital

Dalam rangka mengakselerasi bisnis digital platform sebagai enabler berbagai layanan dan solusi ICT, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) membangun data center skala besar berstandar global…

Pemprov Jatim Terima 1.000 Masker N95 Donasi dari YPP

Jumat, 10 Juli 2020 - 14:00 WIB

Pemprov Jatim Terima 1.000 Masker N95 Donasi dari YPP

EMTEK Peduli Corona Ternyata terus bergerak untuk membantu masyarakat yang membutuhkan donasi dari permisa SCTV dan INDOSIAR serta pengguna Bukalapak dan pembaca Liputan6.com

PT Duta Pertiwi Tbk. (Ist)

Jumat, 10 Juli 2020 - 13:40 WIB

DUTI Bagikan Dividen Rp555 Miliar

Pengembang properti terkemuka di tanah air, PT Duta Pertiwi Tbk (kode saham: DUTI), akan membagikan dividen senilai Rp555 miliar (setara Rp300 per saham) atau sebesar 50,32% dari Laba Bersih…

Sayaldi Saputra, Dirut Pefindo

Jumat, 10 Juli 2020 - 13:16 WIB

Stake Holder Berpengaruh Terhadap Kekuatan Perbankan dan Pembiayaan

Pandemi Corona diakui akan berpengaruh terhadap rating perbankan dan perusahaan pembiayaan. Namun permodalan yang kuat karena ditopang Grup masih dibilang cukup kokoh.

Program Pelatihan Ketenaga Listrikan untuk Pelajar SMK

Jumat, 10 Juli 2020 - 13:15 WIB

Dukung Program Listrik 35.000 MW, ExxonMobil Gelar Pelatihan Ketenagalistrikan untuk Pelajar SMK

PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI) hadir sebagai bentuk kepeduliannya, dan dalam upaya mendukung program pemerintah untuk menghadirkan penyediaan listrik 35.000 MW, dengan memberikan…