Gaya Hidup Sehat Holistik dan Sederhana Bersama Avrist Assurance

Oleh : Krishna Anindyo | Selasa, 12 Mei 2020 - 10:22 WIB

dr. Herman Irawan, Health Practitioner dari PT Avrtist Assurance
dr. Herman Irawan, Health Practitioner dari PT Avrtist Assurance

INDUSTRY.co.id - JakartaDi tengah pandemi Covid-19, mengharuskan kita mengikuti anjuran Pemerintah Indonesia yaitu kebijakan jaga jarak atau physical distancing untuk kepentingan kesehatan masyarakat dan menghentikan penyebaran virus. Pembatasan ruang gerak dan karantina mandiri di rumah tersebut pun menambah tantangan bagi para umat Islam untuk menjalankan ibadah puasa, yang telah mulai pada tanggal 24 April lalu.

Karantina mandiri DiRumahAja untuk periode berkepanjangan dapat mengancam keseimbangan jasmani dan mutu hidup masyarakat. Kondisi DiRumahAja menahan masyarakat untuk bergerak aktif sehingga mengakibatkan penambahan beban stres pada pikiran. Itulah sebabnya WHO (World Health Organization) menekankan pentingnya mempertahankan kesehatan jasmani dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, bergerak aktif dan menjaga pikiran yang sehat ketika tengah karantina di rumah.

Di tengah momentum DiRumahAja, PT Avrist Assurance (Avrist Assurance) menghadirkan sebuah gerakan kesehatan yang bertajuk Wellness Made Easy, yang merupakan sebuah manifestasi atas rekomendasi WHO mengajak masyarakat untuk menjaga kesehatan holistik melalui pikiran, tubuh, dan jiwa.

Untuk mencapai kesegaran jasmani secara holistik, Wellness Made Easy mengajak masyarakat untuk tetap aktif bergerak melalui latihan sederhana dimana saja dan kapan saja (Movewell), serta mendorong kebiasaan makan makanan yang sehat dan bertanggung jawab untuk meningkatkan nutrisi (Eatwell) agar dapat menjaga sistem imunitas tubuh.

“Setiap individu memiliki kebutuhan kalori yang berbeda-beda, tergantung  dari berbagai faktor seperti tinggi dan berat badan, jenis kelamin, dan aktivitas sehari-hari. Untuk mencukupi kebutuhan kalori, seorang individu sebaiknya menghitung kebutuhan kalori setiap harinya dengan menggunakan aplikasi calorie counter. Setelah mengetahui informasi tersebut, maka ia tinggal mengatur asupan kalori pada saat sahur dan buka puasa, sehingga tidak deposit maupun defisit kalori,” ungkap dr. Herman Irawan selaku Health Practitioner dari PT Avrtist Assurance. Senin (11/5/2020).

Saat berpuasa, seringkali kita berkomentar “kenapa bulan puasa berat badan saya malah naik?” Hal ini berkaitan dengan disiplin dalam asupan kalori dan beraktifitas saat bulan puasa. Agar kebutuhan kalori dan keseimbangan energi dapat diperoleh, serta menjaga berat badan selama bulan puasa, maka perlu diperhatikan dua faktor, yaitu asupan dan pembakaran kalori.

“Jenis makanan yang layak dikonsumsi untuk menjaga sistem imunitas tubuh dan ketika berpuasa adalah menu makanan yang memiliki manfaat untuk menjaga nutrisi, guna mencegah dehidrasi dan menjaga kualitas aktivitas keseharian. Menu kaya protein (daging, telur, tahu tempe, serta kacang-kacangan), lemak, mineral, dan air. Konsumsi buah-buahan (jeruk, apel, atau melon) pada saat berbuka puasa berguna untuk mengembalikan hidrasi yang dialami ketika berpuasa,” tambah dr. Herman.

Selain merancang menu makanan yang sehat, perlu juga aktifitas yang seimbang. Gaya hidup aktif adalah melakukan aktivitas sehari-hari yang melibatkan pergerakan tubuh yang dapat membakar energi kalori. Contoh sederhana adalah dengan berjalan kaki, naik turun tangga dan mobilitas lainnya yang bisa dilakukan di rumah.  Tentu proses output kalori akan lebih optimal apabila melakukan gerakan olah raga.

“Pada umumnya, olah raga tidak mengenal waktu. Tetapi pada saat puasa, kemampuan dan cadangan energi seseorang terbatas, sehingga kemampuan seseorang untuk menjaga cadangan energi untuk berolahraga pun berbeda-beda. Beberapa olah raga ringan yang dapat dilakukan oleh warga awam seperti jalan cepat, jogging santai atau bersepeda. Kegiatan tersebut dapat membakar antara 100 hingga 300 kalori dalam 45 menit. Tubuh menjadi ringan dan pikiran pun menjadi segar,” ujar dr. Herman.

Selama momentum DiRumahAja, Avirst Assurance menyajikan Wellness Made Easy dalam bentuk kegiatan digital yang interaktif melalui microsite dan live streaming di Instagram dengan para figur online yang akan memandu masyarkat untuk mencapai kesegaran jasmani yang holistik.

Untuk segmen EATWELL, Avrist Assurance menggandeng Celebrity Chef Yuda Bustara untuk berbagi tips sederhana menyiapkan menu buka puasa melalui Instagram Life langsung dari dapur pribadinya. Chef Yuda menyiapkan menu sehat: Salmon in a Bag dan Pineapple Baby Spinach Juice. Sebuah tips cerdas yang dibagikan adalah teknik pengolahan ikan salmon yang dibakar dengan sayur segar, serta minuman sehat yang terdiri dari buah dan sayuran segar.

Sedangkan, untuk segmen MOVEWELL, Avrist Assurance mengajak Coach Imey Lim, salah satu figur fitness online terkenal dengan memberikan kelas pilates guna menguatkan core fisik dalam bentuk Instagram Live berdurasi 60 menit. Ribuan penonton disemangati secara virtual untuk belajar menguatkan core pada bagian perut dan paha, demi menjaga kebugaran tubuh hasil pembakaran kalori maksimal selama berpuasa.

Rangkaian interaksi digital melalui IG live dari figur online tersebut berhasil mengumpulkan total sebanyak lebih dari 3.000 penonton. Oleh karena itu, Avrist Assurance pun akan menyerahkan paket donasi sumbangan berupa sembako bagi masyarakat yang terkena musibah dampak Covid-19.

“Ini adalah contoh sebuah gerakan kesehatan yang sederhana dari Avrist Assurance yang bermanfaat selama DiRumahAja dan di bulan puasa. Saya sungguh berharap bahwa jumlah total paket donasi dapat membantu meringankan beban pikiran dan ekonomi masyarakat yang terdampak musibah Covid-19, dan para penonton dapat menimba ilmu ketrampilan masak sederhana dalam kesempatan kali ini,” ujar Chef Yuda Bustara seraya menanggapi kampanye Wellness Made Easy.

“Kami sungguh berterima kasih yang sedalam-dalamnya atas partisipasi masyarakat Indonesia dimanapun berada atas tercapainya angka 3.000 paket donasi dari Avrist Assurance. Pencapaian ini merupakan wujud nyata rasa gotong royong dan manifestasi semangat warga Indonesia yang semakin erat di tengah-tengah masa pandemic. Kami targetkan Wellness Made Easy untuk terus berlanjut hingga bulan Agustus ini. Semoga, masa pandemi cepat berlalu dan kami bisa menghadirkan Wellness Made Easy dengan program offline menarik dan bermanfaat bagi keluarga Indonesia,” tutup Ernest Febrianto selaku Head of Corporate Marketing Communications, PT Avrist Assurance.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri BUMN Erick Thohir

Jumat, 19 April 2024 - 10:35 WIB

Erick Peringatkan BUMN untuk Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperingatkan BUMN untuk mengantisipasi dampak dari gejolak ekonomi dan geopolitik dunia. Erick mencontohkan inflasi AS sebesar 3,5 persen…

Founder dan CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito

Jumat, 19 April 2024 - 10:20 WIB

Akuisisi Saham Crown Group, Iwan Sunito Tawarkan Rp1 Triliun kepada Paul Sathio

CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito melayangkan penawaran penyelesaian senilai Rp1 triliun kepada Paul Sathio untuk mengakuisisi seluruh saham Crown Group.

Yili melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Jumat, 19 April 2024 - 10:16 WIB

Yili Melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Dalam semangat berbagi dan kepedulian di bulan suci Ramadhan, PT YILI Indonesia Dairy melalui merek unggulannya, es krim Joyday, telah melakukan serangkaian inisiatif program yang bertujuan…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 April 2024 - 09:55 WIB

Menperin Agus Bicara 'Blak-blakan' Soal Investasi Menggirukan Apple di Tanah Air

Indonesia tengah mendorong komitmen investasi dari Apple Inc. untuk menanamkan investasi di Tanah Air. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang turut hadir mendampingi…

Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Jumat, 19 April 2024 - 09:45 WIB

Teman Setia di Momen Berharga: Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Di era di mana musik dan hiburan bergerak dinamis dan gaya hidup yang makin modern, hal ini telah mengubah cara kita dalam menikmati musik dan memanfaatkan speaker dalam kegiatan sehari-hari…