WMI Himbau Relawan dan Warga Menanam Tanaman Produktif

Oleh : Wiyanto | Senin, 11 Mei 2020 - 07:47 WIB

Petani Cabai (ist)
Petani Cabai (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ketua Umun Wahana Muda Indonesia (WMI) Handriansyah menghimbau agar para Relawan WMI dan warga untuk menanam Tanaman produktif penopang kebutuhan harian diperkarangan Rumah.

Himbauan WMI ini dikeluarkan sebagai usaha mengatasai permasalahan ekonomi dan keterbatasan sumber panganan pokok yang diakibatkan oleh Wabah Corona (COVID-19) yang tengah melanda Indonesia.

"Jadi program ini bisa dikatakan sebagai usaha untuk memperkuat ketahanan pangan warga, karena pandemi covid-19 ini belum bisa dipastikan kapan berakhirnya" kata Handriansyah, Minggu (10/05/20).

Handriansyah menyarankan para relawan dan warga memanfaatkan tanah perkarangan ataupun menggunakan media tanam lain bagi warga yg tidak memiliki perkarangan.

"Jadi konsepnya, warga bisa menanam Ubi Kayu, sayuran, cabai, tomat hingga daun bawang diperkarangan rumah, atau bagi yang tidak memiliki tanah bisa menggunakan pot bunga, ember bekas hingga botol air mineral untuk media tanam yg digantung didinding pagar ataupun tembok rumah" urai Handrian.

Handrian menegaskan, hingga saat ini belum ada kepastian kapan Pandemi COVID-19 ini akan berakhir di Indonesia, meski banyak para ahli dan bahkan pemerintah sendiri bersuara memprediksi berakhirnya covid-19. Atas dasar itu WMI menghimbau Para Relawan dan warga untuk bersiaga dg ketahanan pangan mandiri disetiap rumah.

"Hari ini kran impor barang dari luar negeri mandeg, kebutuhan akan barang harian tinggi sedangkan didalam negeri sendiri warga petani juga terbatas geraknya akibat penerapan PSBB oleh pemerintah" ungkap Handrian.

Handrian berharap para petani didaerah mengambil peran siaga pangan dengan menanam tanaman yang menjadi kebutuhan primer dan sekunder baik padi, jagung, kentang, bawang merah dan bawang putih dan lainnya yang selama ini pasokannya sangat bergantung pada luar daerah dan luar negeri.

"Jadi contohnya kalo petani didaerah menanam Bawang putih maka suplai bawang putih beberapa bulan kedepan bisa dari hasil murni petani indonesia dan tidak dari China lagi, karena selama ini suplai bawang putih di pasaran Indonesia di dominasi oleh China". Jelasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…