Pakar Transportasi Tolak Ojek Online dan Opang Masuk UU LLAJ

Oleh : Ridwan | Rabu, 05 April 2017 - 15:24 WIB

Ilustrasi transportasi online. (Foto: IST)
Ilustrasi transportasi online. (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Keinginan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk membuat payung hukum untuk ojek, termasuk ojek online sudah mendapatkan tantangan. Meski dibutuhkan, ojek tidak pernah diakomodasi dalam Undang-undang Lalu Lintas dan Angkuta Jalan (LLAJ).

Ketua Umum Institut Studi Transportasi (Instran), Darmaningtyas menyatakan tidak setuju jika pemerintah merevisi UU No.22/2009 tentang LLAJ hanya demi mengakomodasi kendaraan ojek, dan saya juga tidak setuju dengan langkah kepala daerah untuk mengakomodasi kendaraan roda dua sebagai angkutan umum.

“Direvisi hanya untuk mengakomodasi ojek, ya jelas tidak bisa,” ungkap Darmaningtyas di Jakarta (5/4/2017).

Menurutnya, ojek online maupun pangkalan tidak bisa dijadikan angkutan umum. Pasalnya, 70 persen kecelakaan yang terjadi di jalan raya selama ini melibatkan sepeda motor. Tidak hanya itu, pemerintah juga akan mengalami kesulitan dalam melakukan kontrol terhadap ojek apabila mengakomodasi roda dua tersebut sebagai angkutan umum.

“Selam ini pemerintah melakukan kontrol terhadap angkutan umum melalui perizinan. Kalau ojek online maupun pangkalan itu kontrolnya bagaimana,” terangnya.

Seperti dikatehui, ojek merupakan anomaly dari sistem transportasi lantaran banyak angkutan umum yang ada di Indonesia dalam kondisi buruk. Oleh karena itu, pemerintah pusat maupun daerah perlu menata angkutan-angkuta umum dengan cepat.

Perlu adanya komitmen politik yang kuat, terutama dari pemerintah daerah agar pembenahan angkutan umum di daerah-dearah dapat dilakukan dengan cepat.

“Saat ini hanya sedikit pemerintah daerah yang peduli terhadap angkutan umum di wilayahnya,” tutup Darmaningtyas.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mobil listrik

Sabtu, 18 Mei 2024 - 17:57 WIB

Strategi Marketing Dalam Penjualan Kendaraan Listrik atau EV

Dunia transportasi tengah mengalami transformasi besar dengan kemunculan kendaraan listrik (EV) sebagai pemain utama. Hal ini menandakan pergeseran menuju era baru dalam mobilitas manusia, di…

Prescon HI Drone Dragrace 2 di PIK 2

Sabtu, 18 Mei 2024 - 16:27 WIB

HOGERS Indonesia Gelar Balapan Motor Besar Harley Davidson

HOGERS Indonesia menggelar lomba balapan dan ketangkasan motor Harley terbesar di Indonesia. Event berskala Nasional buatan HOGERS Indonesia Drag Race of National Event 2 (HIDRONE2) ini dilaksanakan…

Implementasi IoT untuk pertanian

Sabtu, 18 Mei 2024 - 15:02 WIB

Jadi Mitra Kemkominfo, MSMB Implementasi Sistem Pintar Berbasis IoT untuk 7 Green House di Temanggung

PT Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB), start up agritech dari Sleman, Yogyakarta, baru-baru ini menjadi mitra layanan implementasi teknologi berbasis IoT (Internet of Things) Kementerian…

Direktur Utama Telkomsat, Lukman Hakim Abd. Rauf

Sabtu, 18 Mei 2024 - 14:37 WIB

Telkomsat dan Starlink Tandatangani Kerja Sama Layanan Segmen Enterprise di Indonesia

Telkomsat dan Starlink melakukan Penandatanganan Kerja Sama (PKS) untuk layanan segmen enterprise berbagai wilayah di Indonesia.

SUPER AIR JET Buka Rute Baru

Sabtu, 18 Mei 2024 - 13:39 WIB

Dukung IKN, SUPER AIR JET Buka Rute Baru!

SUPER AIR JET mulai 6 Juni 2024 perkenalkan penerbangan non-stop pertama dari Bandar Udara Dhoho, Kediri, Jawa Timur ke Bandar Udara Internasional SAMS Sepinggan Balikpapan, Kalimantan Timur,…