Bank BTN Kucurkan Relaksasi Kredit, Pelaku Industri Properti Nasional Bisa Bernafas Kembali

Oleh : Candra Mata | Rabu, 06 Mei 2020 - 21:32 WIB

Bank BTN dan HIPMI
Bank BTN dan HIPMI

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pandemi Covid-19 sudah menjangkiti seluruh sektor dunia usaha saat ini, tak terkecuali dengan industri properti. 

Melambatnya roda perekonomian yang membuat daya beli menurun menjadi penyebab industri properti lesu. Berdasarkan laporan riset Colliers International soal Pasar Properti Jakarta dan Hotel Bali untuk Kuartal I-2020, tingkat serapan penjualan apartemen di Jakarta pada kuartal I-2020, rata-rata mengalami penurunan dari kuartal sebelumnya dari level 87,2% menjadi 85,5%.

Data terbaru nasional hingga pertengahan April 2020, pekerja terdampak corona di sektor formal yang di-PHK ada 229.789 orang. 

Sementara itu yang dirumahkan ada 1.270.367 orang. Sehingga total pekerja terdampak di sektor formal ada 1.500.156 orang di 83.546 perusahaan. 

Selain itu, sektor informal juga terdampak. Sebanyak 443.760 orang dari 30.794 perusahaan di-PHK.

Anggawira selaku Wakil Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) turut menyampaikan apresiasinya kepada Bank BTN atas dukungannya dalam industri properti. 

Dengan diberikannya relaksasi kredit kepada para pengusaha pengembang, proyek pembangunan dapat tetap berlangsung dan pemutusan hubungan kerja atau PHK dapat dihindari.

"Dalam keadaan pandemi seperti ini memang sudah seharusnya semua pihak saling support dan berkolaborasi satu sama lain. Kami dari dunia usaha juga turut mengapresiasi dan berterimakasih kepada Bank BTN. Karena selain membuat sektor properti Indonesia terus survive, ratusan ribu pekerja dapat terselamatkan dari PHK. Malah, lapangan pekerjaan baru akan tercipta," ujarnya melalui keterangan tertulis kepada Industry.co.id Rabu malam (6/5).

Pengusaha yang juga merupakan anggota Komite Investasi Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia tersebut menambahkan bahwa Bank BTN telah melakukan tugasnya sebagai bank umum nasional dengan baik sesuai fungsi yang dimilikinya, yaitu memberikan layanan unggul kepada masyarakat Indonesia dan mendukung pembiayaan sektor perumahan.

"Dukungan yang dilakukan Bank BTN terhadap sektor industri properti Indonesia patut diberikan apresiasi. Karena hal tersebut memiliki arti Bank BTN juga telah menyelamatkan sebuah sektor ekonomi beserta para pelakunya, termasuk pemiliki usaha beserta ribuan karyawannya, dengan melakukan fungsinya dengan baik. Yaitu sebagai bank umum nasional yang mendukung pembiayaan sektor perumahan dengan produk yang mereka miliki," tambahnya.

Di tempat lain, Ketua Umum Real Estate Indonesia (REI), Paulus Totok Lusida mengusulkan beberapa hal yang bisa menyelamatkan industri properti dan perekonomian nasional. 

Salah satunya adalah restrukturasi kredit tanpa mengurangi peringkat kolektabilitas. Menurut Totok, kelangsungan bisnis real estat saat ini sangat bergantung terhadap kebijakan perbankan, sehingga REI meminta dapat dilakukan penghapusan bunga kredit selama 6 bulan atau penangguhan pembayaran bunga dan angsuran pokok selama 12 bulan.

"Selain itu pencadangan dana atau sinking fund bisa dibuka blokir dan tidak harus dipenuhi pada setiap bulan selama masa Covid-19, tidak membekukan rekening deposito milik debitur agar dapat digunakan oleh debitur untuk kelangsungan usaha dan memenuhi kewajiban kepada karyawan, serta biaya retensi diharapkan dapat dicairkan. Namun, kebijakan ini harus diikuti dengan instruksi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga seluruh perbankan mengikuti dan mematuhinya," ungkap Totok.

Sebagai informasi, berkat dukungan yang diberikan oleh Bank BTN, PT Pollux Aditama Kencana yang merupakan anak perusahaan PT Pollux Properti Indonesia Tbk. dapat melanjutkan pengembangan proyek Mega Superblok terintegrasi bernama Pollux Chadstone Cikarang yang terdiri dari mall, hotel, service apartment dan strata apartment yang diproyeksikan menjadi ikon landmark tertinggi dan superblok terbesar di Jawa Barat dengan gross floor area lebih dari 300.000 m2.

Pada Selasa, 5 Mei 2020 perusahaan tersebut menggelar 'Opening Louis Kienne Hotel Chadstone' yang dilakukan secara terbatas dengan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19. Sebagai bentuk kepedulian PT. Pollux Properti Indonesia Tbk. bersama PT Pollux Aditama Kencana terhadap upaya pemerintah dalam rangka memutus rantai penyebaran COVID-19, Louis Kienne Hotel Chadstone meluncurkan layanan khusus berupa isolasi ekslusif bagi para ekspatriat yang berada di Cikarang dan sekitarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…