Satgas BUMN NTB Salurkan 4.700 APD

Oleh : Candra Mata | Minggu, 03 Mei 2020 - 07:04 WIB

Satgas BUMN NTB
Satgas BUMN NTB

INDUSTRY.co.id - Mataram, Satuan Tugas (Satgas) Tanggap Covid-19 BUMN Wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) yang beranggotakan 34 BUMN dan dikoordinir oleh PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang kawasan pariwisata The Mandalika, telah menyalurkan total lebih dari 4.700 Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis dan masyarakat di sejumlah wilayah di NTB sejak 18 April 2020.

Bantuan APD tersebut terdiri dari 880 baju hazmat, 730 masker N95, 120 kotak masker medis, 1.730 sarung tangan, 258 kaca mata goggle, 218 face shield standar, dan 283 sepatu boots yang ditujukan bagi tenaga medis, serta 700 masker kain yang ditujukan bagi masyarakat.

Sebagian besar bantuan bagi tenaga medis tersebut telah diserahkan ke rumah sakit-rumah sakit rujukan Covid-19 di NTB yaitu RSUD Provinsi NTB di Mataram, RSUD Bima, RSUD Dr. R. Soedjono Selong di Lombok Timur, dan RS H. L Manambai Abdulkadir di Kabupaten Sumbawa. 

Sebagian lainnya disampaikan melalui Pemerintah Kota Mataram, Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Pemerintah Kabupaten Lombok Utara, Pemerintah Kabupaten Dompu dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Barat untuk kemudian disalurkan ke rumah sakit dan puskesmas di masing-masing wilayah. Sedangkan masker kain untuk masyarakat disampaikan melalui Pemerintah Kota Mataram.

Ketua Pelaksana Harian Satgas Tanggap Covid-19 BUMN NTB I Made Pari Wijaya mengatakan pihaknya memahami bahwa penyediaan APD bagi tenaga medis merupakan prioritas yang utama untuk memberikan perlindungan bagi mereka yang bertugas di garda terdepan penanganan Covid-19 di NTB, khususnya dengan masih terlihatnya tren kenaikan penderita Covid-19 saat-saat ini. 

"Oleh karena itu, melalui Satgas Tanggap Covid-19 BUMN, 34 BUMN di NTB berkomitmen untuk bersinergi dalam membantu menyediakan APD bagi tenaga medis secara bertahap, dengan harapan tidak terjadi kekurangan APD bagi mereka yang bertugas di rumah sakit dan puskesmas dalam menangani ODP, PDP, maupun pasien terjangkit Covid-19," jelas Pari Wijaya kepada Industry.co.id Minggu (3/5).

Satgas BUMN Provinsi NTB juga akan melanjutkan penyaluran bantuan perlengkapan medis lainnya ke puskesmas-puskesmas di NTB melalui Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Kota masing-masing. 

Penyaluran ini dikoordinasikan oleh para BUMN yang tergabung dalam Satgas Provinsi dan yang telah ditunjuk menjadi Koordinator atau PIC pada masing-masing Kabupaten/Kota di NTB. 

“Jadi di setiap Kabupaten ada BUMN yang jadi PIC, yang akan terus menyalurkan bantuan. Contohnya, 24 April lalu di Kabupaten Sumbawa telah kami salurkan bantuan yang diterima langsung oleh Bupatinya,” lanjut Pari. 

Para BUMN PIC ini juga terus berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah setempat, untuk memastikan bantuan sampai kepada pihak-pihak yang dituju atau yang membutuhkan.

Adapun masing-masing PIC wilayah tingkat Kabupaten/Kota di Provinsi NTB adalah ITDC sebagai Koordinator Satgas Tanggap Covid-19 di Provinsi NTB, Pelindo III di Kabupaten Lombok Barat, Bank Mandiri di Kabupaten Lombok Timur, Jasa Raharja di Kabupaten Sumbawa, BNI di Kabupaten Sumbawa Barat, BTN di Kota Mataram, Pos Indonesia di Kabupaten Bima, BRI di Kabupaten Lombok Tengah dan Lombok Utara, Bhanda Ghara Reksa di Kota Bima, dan Telkom Indonesia di Kabupaten Dompu.

“Kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi penuh upaya dari tim Satgas Tanggap Covid-19 BUMN NTB dalam mendukung pencegahan penyebaran virus Corona di NTB. Para anggota sangat tanggap, bergerak cepat, dan tetap semangat dalam mengkoordinasikan dan menyalurkan bantuan. Kami harap bantuan yang kami salurkan ini dapat menjangkau seluruh wilayah NTB dan bermanfaat bagi penggunanya,” tutup Pari.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menkeu Sri Mulyani (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 25 Mei 2020 - 06:00 WIB

DRP Nilai Menkeu Sri Mulyani Tak Hormati Kesepakatan Politik

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berkirim surat kepada DPR RI untuk mengonsultasikan kebijakannya yang belakangan banyak dikritik kalangan legislator di Parlemen, terutama Komisi XI DPR…

Bintara Marinir Sidoarjo Tingkatkan Ketahanan Pangan dengan Teknik Hidroponik

Senin, 25 Mei 2020 - 04:00 WIB

Bintara Marinir Sidoarjo Tingkatkan Ketahanan Pangan dengan Teknik Hidroponik

Dalam rangka peningkatan ketahanan pangan, Bintara Tidur Dalam Yonif 3 Marinir bercocok tanam menggunakan teknik Hidroponik dan Aquaponik di Mess Bintara Yonif 3 Marinir Gedangan, Sidoarjo,…

Presiden Jokowi

Minggu, 24 Mei 2020 - 20:40 WIB

Presiden Jokowi: Jadikan Idul Fitri Momen Menjaga Kesatuan Bangsa

Presiden Joko Widodo mengatakan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441H yang jatuh pada Minggu, 24 Mei 2020 merupakan momentum untuk menjaga kesatuan bangsa. Pernyataan ini disampaikan Presiden…

Ilustrasi Swab Test Covid-19 (ist)

Minggu, 24 Mei 2020 - 19:46 WIB

Petugas Dilarang Asal Bekerja, Berikut Panduan Aparat Pengamanan Cegah Penularan Covid-19

Aparat dalam melaksanakan tugas pengamanan dan penertiban pada pandemi Covid-19 berhadapan langsung atau kontak dengan masyarakat, sehingga berisiko terjadi penularan Covid-19. Oleh karena itu,…

Dirut Garuda Indonesia Pastikan Pelayanan Penumpang Sesuai Protokol Kesehatan di Bandara Soetta

Minggu, 24 Mei 2020 - 19:03 WIB

Dirut Garuda Indonesia Pastikan Pelayanan Penumpang Sesuai Protokol Kesehatan di Bandara Soetta

Direktur Utama (Dirut) Garuda Indonesia Irfan Setiaputra melakukan pengecekan langsung penanganan dan pelayanan penumpang di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang,…