Sinergi Pupuk Indonesia Grup Bantu Masyarakat Hadapi Pandemik COVID-19

Oleh : Herry Barus | Selasa, 14 April 2020 - 08:03 WIB

Sinergi Pupuk Indonesia Grup Bantu Masyarakat Hadapi Pandemik COVID-19
Sinergi Pupuk Indonesia Grup Bantu Masyarakat Hadapi Pandemik COVID-19

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Holding BUMN Pupuk, yakni PT Pupuk Indonesia (Persero) terus bergerak aktif membantu masyarakat dan petugas medis dalam penanganan pandemik COVID-19.

Perseroan bersama anggota holdingnya pun sangat berharap bantuan yang disalurkan dapat membantu program pencegahan dan penanganan pandemik COVID-19.

Di Kemanggisan, Jakarta Barat, PT Pupuk Indonesia (Persero) kembali melaksanakan kegiatan sosialnya dengan membagikan sebanyak 1.000 paket makan siang dan 1.000 masker kepada warga RT 02, 03 dan 014 di RW 08 Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat. Penyerahan dilakukan di Sekretariat Bersama RT 02/03 Kelurahan Kemanggisan kepada masing-masing pengurus RT.

"Kegiatan ini merupakan wujud tanggung jawab sosial Kami terhadap masyarakat yang berasa di sekitar kantor Kami yang berada di Kemanggisan, Jakarta Barat. Terlebih dengan adanya penugasan Kementerian BUMN yang menunjuk Pupuk Indonesia sebagai bagian dari Satuan Gugus Tugas (Satgas) Bencana BUMN di Wilayah Jakarta Barat," kata Wijaya.

Hal serupa juga dilakukan di beberapa daerah oleh para anggota holding. Di Aceh, PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) secara proaktif melakukan penyemprotan disinfektan di Kecamatan Dewantara dan disejumlah Desa Binaan.

Penyemprotan berfokus pada fasilitas umum seperti tempat ibadah, tempat belajar dan kantor pemerintahan seperti Kantor Kecamatan, Kantor Desa, Polsek hingga Koramil. PT PIM juga turut menyalurkan bantuan langsung kepada masyarakat berupa beras sebanyak 474 karung kemasan 10 kg.

Bantuan ini sebagai upaya mempermudah persediaan beras masyarakat di tengah himbauan untuk tidak keluar rumah.

Di Palembang Sumatera Selatan dan Karawang Jawa Barat, inisiatif serupa dilakukan oleh PT Pupuk Sriwidjaja (PUSRI) dan PT Pupuk Kujang Cikampek (PKC).

PUSRI melakukan penyemprotan disinfektan dan pembagian masker untuk masyarakat lingkungan sekitar perusahaan, serta bantuan APD ke Rumah Sakit Umum PUSRI yang ditunjuk Pemda Setempat menjadi RS rujukan COVID-19. Sedangkan PKC, selain membuat bilik sterilisasi, perusahaan membagikan bantuan masker dan cairan pencuci tangan di Kecamatan Dawuan Tengah.

PT Pupuk Kaltim juga tak kalah serius dalam memberikan perhatian  terhadap antisipasi penyebaran Covid-19 di Bontang. Selain memberikan bantuan Extra Fooding dan APD, serta pembersihan fasilitas umum melalui penyemprotan disinfektan, Pupuk Kaltim juga telah menyalurkan bantuan berupa 35 botol hand sanitizer untuk Kelurahan Loktuan, 100 liter cairan disinfektan dan 3 unit alat semprot untuk Polres Bontang, dan Kodim 0908 Bontang.

Tak hanya itu, Pupuk Kaltim juga membagikan 10.000 masker kain kepada masyarakat Bontang. "Masker kainnya sendiri dibuat oleh UKM Binaan Pupuk Kaltim di bawah supervisi Dinas Kesehatan Kota Bontang. Sehingga hal ini sekaligus memberdayakan dan memberikan pendapatan bagi UKM di tengah kondisi ekonomi yang terdampak COVID-19," ungkap Wijaya.

Adapun PT Petrokimia Gresik pada pekan lalu memberikan sosialisasi pencegahan COVID-19 kepada petani, memberikan bantuan hand sanitizer, disinfektan, dan masker ke kios-kios resmi pupuk, hingga penyemprotan disinfektan di gudang penyangga, hingga armada transportasi pupuk.

Sosialisasi dan bantuan tersebut disalurkan bertepatan dengan kegiatan panen padi di Desa Candijati, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember, dan di Desa Sidokerto, Kecamatan Karangjati, Kabupaten Ngawi.

Perusahaan juga telah menyalurkan bantuan 28 ribu paket sembako kepada masyarakat sekitar perusahaan, serta peralatan medis untuk Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ibnu Sina Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Dari 28 ribu paket sembako, sebanyak 12 ribu paket diserahkan melalui Pemkab Gresik, sementara sebanyak 16 ribu paket lainnya diserahkan langsung kepada delapan desa/kelurahan sekitar perusahaan.

Sebelumnya, Petrokimia Gresik juga telah menyalurkan bantuan ratusan botol hands sanitizer, 1.000 liter disinfektan, tenda posko, dan masker kepada sejumlah rumah sakit di Jawa Timur. Serta penyemprotan disinfektan di 25 tempat ibadah yang ada di Kecamatan Gresik, Kebomas dan Manyar.

Tak ketinggalan, PT Rekayasa Industri telah menyalurkan bantuan kepada masyarakat di tiga lokasi proyek yang sedang dikerjakan, yakni proyek gas processing facility Jambaran - Tiung Biru Bojonegoro, Proyek PLTU Lombok dan Proyek Geotermal Rantau Dedap. Bantuan berupa paket Nutrisi Snack Box (Susu, buah, telur, Roti), cairan pencuci tangan, hingga penyemprotan disinfektan.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gedung PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom)

Kamis, 19 Mei 2022 - 15:49 WIB

Ceruk Pasar Besar, Ini Sederet Keunggulan Telkom Menggeluti Bisnis Data Center via NeutraDC

Keputusan PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) menggeluti bisnis data center melalui bendera NeutraDC dinilai menemukan momentum yang tepat.

Christian Atmadjaja Direktur Virtus.

Kamis, 19 Mei 2022 - 14:38 WIB

Virtus Technology Indonesia Lanjutkan Program Virtus Bakti Negeri untuk Dukung Pengembangan SDM Digital di Indonesia

Sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap pendidikan, khususnya di bidang teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia, PT. Virtus Technology Indonesia (Virtus), penyedia solusi infrastruktur…

Ilustrasi Galon

Kamis, 19 Mei 2022 - 13:50 WIB

Ekonom Indef: KPPU Berkewajiban Desak BPOM Batalkan Wacana Pelabelan BPA Karena Berbau Persaingan Tidak Sehat

Ekonom senior Indef yang juga pengamat persaingan usaha, Nawir Messi, mengatakan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) berkewajiban mendesak Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk membatalkan…

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Kamis, 19 Mei 2022 - 13:40 WIB

Menteri Basuki : ASN Harus Memiliki Karakter yang Baik, Kuat, dan Akhlakul Karimah

Dalam rangka pengembangan kompetensi kepemimpinan, para Aparatur Sipil Negara (ASN) ke depan dituntut tidak hanya pintar atau ahli di bidangnya saja, tetapi juga harus memiliki karakter yang…

Indonesia-Singapura Perkuat Kolaborasi Sektor Parekraf Pascapandemi Covid-19 (Dok: Kemenparekraf)

Kamis, 19 Mei 2022 - 13:30 WIB

Kebijakan Masker dicabut, RI-Singapura Perkuat Kolaborasi Sektor Parekraf

Dalam pertemuan dengan Menteri Keuangan Singapura, Lawrence Wong dan Menteri Perdagangan dan Industri Singapura, Gan Kim Yong di Jakarta Pusat, Rabu (18/5/2022), Menteri Pariwisata dan Ekonomi…