Terdampak Covid-19, Bos Airmas Group Basuki Surodjo: Kami Putuskan Turun Kejalan Berbagi Makanan kepada Tukang Ojek dan Pedagang

Oleh : Candra Mata | Selasa, 07 April 2020 - 11:10 WIB

Airmas Group Berikan makanan kepada Ojol dan masyarakat
Airmas Group Berikan makanan kepada Ojol dan masyarakat

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pandemi wabah Covid-19 atau virus corona di Indonesia belum kunjung mereda. Dampaknya pun sampai mencederai kesejahteraan serta perekonomian bangsa. 

Beberapa perusahaan sudah mulai memberlakukan kegiatan bekerja dari rumah atau work from home, namun sebagian besar masih menjalankannya. Di sisi lain, puluhan ribu pekerja di tanah air terkena PHK akibat lesunya ekonomi nasional.

Pengemudi ojek online (ojol), ojek konvensional/ pangkalan (opang) dan pelaku UMKM seperti pedagang kaki lima, dan sebagainya juga merasakan hantaman keras.

Sepinya penumpang dan pelanggan, membuat mereka harus berpikir hanya untuk sekedar menyambung hidup setiap harinya. 

Sadar akan kondisi ini, gerakan sosial untuk berbagi dan agar mereka dapat bertahan setidaknya hingga pandemik ini berakhir.

Airmas Group merupakan perusahaan teknologi informasi yang bergerak di bidang e-commerce dengan bendera Ayooklik.com yang memiliki cabang di 26 provinsi di Indonesia dan unit-unit usaha lainnya memutuskan untuk turun ke jalan dan berbagi dengan membagikan lebih dari ratusan makanan berupa nasi kotak serta air mineral yang dibagikan kepada driver ojol, ojek pangkalan, pedagang kaki lima, pemulung.

“Kita sudah lakukan dari tanggal 24 Maret dan akan dilakukan setiap hari dalam beberapa waktu ke depan. Ini gerakan kecil dari kami, tapi kami juga layangkan sebuah gerakan di media sosial #BerbuatBaikEsokHari untuk kepada netizen. Kami sadar bahwa ini harus dijalankan oleh elemen masyarakat yang bisa menggerakkan. Dalam situasi seperti ini perlu kebersamaan dan kesolidan antar masyarakat. Kami mengajak #BerbuatBaikEsokHari bisa diimplementasi oleh pengusaha ataupun masyarakat yang mampu agar terus lakukan kebaikan kalau lupa hari ini besok bisa dilakukan,” ujar CEO Airmas Group, Basuki Surodjo pada keterangannya kepada Industry.co.id Selasa (7/4).

Basuki yang akrab disapa Cobaz ini menambahkan bahwa pada awalnya dirinya bersama gerakan sosial dari perusahaannya yakni Ayoopeduli.com terlibat sempat keliling untuk membagikan makanan tersebut di beberapa titik di Jakarta. 

Namun karena himbauan mengenai social distancing semakin gencar disampaikan oleh pemerintah, kini makanan tersebut disediakan di sekitaran Jalan Widya Chandra dan dipersilahkan bagi driver ojol dan masyakarat yang lewat untuk bisa mengambil makanan yang telah disediakan. 

“Kemarin kita sempat keliling di daerah Sunter, lalu juga sempat membagikan di Jalan Prof Dr Satrio, Kuningan dan diterima langsung oleh sejumlah driver ojol atau masyarakat sedang melintas, tapi karena social distancing kebijakan pemerintah maka kami tempatkan dalam beberapa titik di Jakarta salah satunya daerah Widya Chandra," tambah Cobaz.

Meski dilakukan secara terbuka, para tim yang bertugas selalu berusaha mengingatkan untuk tetap melakukan physical distancing atau menjaga jarak dengan orang lain dengan jarak aman 1-2 meter. 

Selain itu, Basuki mengatakan bahwa Ia bersama tim juga turut membagikan ratusan masker sebagai usaha dalam membantu mengurangi penyebaran wabah virus corona.

“Tujuan kami dalam gerakan sosial ini adalah agar kami dapat sedikit meringankan beban mereka-mereka yang mendapatkan upahnya secara harian dan sangat terimbas pandemik global ini. Kami berusaha agar kegiatan ini dapat terus kami lakukan secara konsisten dan mungkin dalam waktu dekat dapat menambah titik pembagian. Mari kita berdoa dengan penuh pengharapan demi pulihnya bangsa dan negara Indonesia,” tutup Ketum HIPMI Jakarta Barat itu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Samantha Clayton Herbalife

Kamis, 28 Mei 2020 - 18:00 WIB

Jangan Tinggalkan Kebugaran Tubuh Saat WFH

Di tengah pandemi COVID-19, pemerintah menghimbau masyarakat untuk menerapkan kebijakan "di rumah saja", termasuk bekerja dari rumah atau Work From Home. Kebijakan ini mempengaruhi rutinitas…

Bank BCA

Kamis, 28 Mei 2020 - 17:45 WIB

PT Bank Central Asia Tbk Suntik Modal Rp1 Triliun, Bank Royal Berubah Nama Jadi Bank Digital BCA

Setelah sebelumnya mengakusisi, emiten perbankan PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) resmi mengganti namanya Bank Royal menjadi Bank Digital BCA dengan suntikan modal awal sebesar Rp1 triliun.

Persija Jakarta (Ist)

Kamis, 28 Mei 2020 - 17:30 WIB

Manajemen Persija Jakarta Sangat Berharap Liga Segera Berjalan Kembali

Persija Jakarta telah mengambil sikap terkait lanjut atau tidaknya kompetisi musim ini. Manajemen Macan Kemayoran mempertimbangkan segala aspek baik dan buruk bila Liga Indonesia musim ini kembali…

Aktivitas industri makanan dan minuman (mamin)

Kamis, 28 Mei 2020 - 17:10 WIB

Kabar Baik! Sepanjang Januari-April 2020, Ekspor Industri Pengolahan Tembus USD 42,75 Miliar

Sepanjang Januari-April 2020, pengapalan produk industri pengolahan mampu menembus hingga USD42,75 miliar atau naik sebesar 7,14 persen dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Mochamad Iriawan, Ketum PSSI

Kamis, 28 Mei 2020 - 17:00 WIB

Ketum PSSI-Menpora Bahas Persiapan Piala Dunia dan Kompetisi

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan bertemu Menteri Pemuda Olahraga Zainudin Amali di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga, Jakarta, belum lama ini . Dalam pertemuan ini, PSSI menyampaikan perkembangan…