Petani Tetap Dapatkan Benih Berkualitas di tengah Pendemi Virus Corona

Oleh : Herry Barus | Senin, 06 April 2020 - 07:45 WIB

Petani Padi (Ilustrasi)
Petani Padi (Ilustrasi)

INDUSTRY.co.id - Purwakarta-PT East West Seed Indonesia (Ewindo) selaku pemimpin pasar benih sayuran di Indonesia memastikan setiap petani tetap mendapatkan benih sayuran berkualitas ditengah pandemi COVID-19.

 "Kami sudah penuhi stok benih seluruh dealer di Indonesia, petani tinggal memanfaatkannya," kata Glenn Pardede saat dihubungi, Selasa.

 Meski demikian, untuk pengiriman dari gudang ke dealer-dealer sementara ini masih menunggu petunjuk dari pemerintah terkait adanya kebijakan karantina di masing-masing wilayah.

 "Kami belajar dari Filipina dan Thailand yang menerapkan karantina wilayah. Khawatir distribusi terganggu selama pelaksanaan karantina wilayah," kata Glenn.

 Terkait hal itu melalui asosiasi Hortindo, Asbindo, dan Kadin Indonesia telah bersurat kepada Kepala BNPB dengan tembusan kepada Kementerian Pertanian dan Menteri Perhubungan untuk memastikan ketersediaan benih petani tetap aman.

 Glenn mengatakan kebijakan ini diambil sesuai dengan amanat Presiden Joko Widodo kepada Menteri Pertanian agar aktivitas petani tetap berjalan ditengah-tengah wabah untuk menjamin keberlangsungan pangan khususnya sayuran yang memang dibutuhkan untuk daya tahan tubuh.

 Glenn juga memastikan telah menerapkan protokol mencegah wabah COVID-19 di areal pabrik serta memastikan lingkungan dalam kondisi steril agar kapasitas produksi 5.000 ton benih sayuran per tahun tidak mengalami gangguan.

 "Kami juga telah menugaskan tenaga penyuluh lapangan untuk menyosialisasikan protokol mencegah penularan Virus Corona (COVID-19). Kami selalu mengingat kepada petani untuk selalu membersihkan tangan menggunakan sabun, menjaga jarak (physical distancing), dan menggunakan masker agar tidak tertular," jelas Glenn.

 Glenn mengatakan juga telah menginstruksikan agar penyuluh tidak lagi mengumpulkan petani untuk melakukan pendampingan, namun mendatangi satu persatu serta memanfaatkan layanan media sosial sebagai sarana konsultasi kepada petani.

 Kemudian di dealer-dealer dan toko pertanian Ewindo juga menyediakan sarana galon air mineral untuk mencuci tangan agar pengunjung tetap aman untuk membeli kebutuhan benih sayuran yang diinginkan.

 Petani juga diminta menanam sayuran untuk jangka waktu di atas dua bulan seperti cabai, tomat, jagung dengan harapan setelah masa karantina wilayah selesai tanaman sudah dapat dipanen, jelas Glenn.

Kemudian di lingkungan pabrik di Purwakarta, perusahaan akan mendistribusikan 1000 unit Alat Pelindung Diri (APD) lengkap kepada sejumlah rumah sakit di wilayah tersebut.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Salah satu model rumah yang dikembangkan PT BNI Syariah dan kepemilikannya ditawarkan melalui KPR BNI Griya Swakarya iB Hasanah. (Foto: Humas BNI Syariah)

Kamis, 28 Mei 2020 - 23:09 WIB

Gapai Miliki Rumah Bersama BNI Syariah

Mempunyai rumah sendiri idaman bagi semua orang, tidak sedikit orang yang sudah punya anak sudah sudah besar-besar namun belum juga miliki hunian pribadi. Apalagi pengantin baru, tentunya sudah…

BCA

Kamis, 28 Mei 2020 - 20:30 WIB

IHSG Finish di Zona Hijau, Saham Bank BCA Naik 6,65 Persen

Pada akhir perdagangan Kamis (28/5/2020), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) finish di zona hijau sore ini. Pasar modal Indonesia ditutup naik 74,6 poin atau 1,60% ke level 4.716,18

Direktur Utama BNI Syariah Abdullah Firman Wibowo (Doc: BNI Syariah)

Kamis, 28 Mei 2020 - 20:04 WIB

BNI Syariah Siap Perkuat Bisnis Remittance

PT Bank BNI Syariah masuk BUKU 3 dan optimis dapat meraih bisnis internasional seperti remittance. Modal inti BNI Syariah di atas Rp5 triliun.

Ilustrasi Pergerakan Saham

Kamis, 28 Mei 2020 - 20:00 WIB

Naik, PT Jasuindo Tiga Perkasa Tbk Cetak Penjualan Rp1,44 Triliun Sepanjang 2019

Emiten PT Jasuindo Tiga Perkasa Tbk (JTPE) cetak penjualan sebesar Rp1,44 triliun hingga periode 31 Desember 2019 naik dari penjualan Rp1,27 triliun hingga periode 31 Desember 2018.

Ilustrasi inflasi

Kamis, 28 Mei 2020 - 19:59 WIB

Inflasi Mei 2020, Diperkirakan Rendah di Level 2,21 Persen

Ramadhan kali ini 1441 H atau 2020, tingkat inflasi tergolong rendah karena permintaan juga rendah. Inflasi Mei 2020 selama Ramadhan ini diperkirakan 2,21 persen year on year atau 0,09 persen…