Ade Adipati Rilis Single Kau Bilang

Oleh : Herry Barus | Minggu, 05 April 2020 - 15:00 WIB

Ade Adipati
Ade Adipati

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Masih ingat video viral seorang Pengamen Palangkaraya yang bersuara merdu di sebuah warung makan beberapa saat lalu? Video tersebut menjadi viral karena banyak disukai dan di-repost oleh netizen. Di video tersebut memperlihatkan saking merdu suara sang Pengamen, membuat semua pengunjung warung makan tersebut ikutan bernyanyi bersama.

Pengamen itu bernama Ade Adipati. Memiliki nama asli Harkat Adipati, ia lahir di Palangkaraya pada tanggal 21 April 1989. Sehari-hari Ade mengamen di rumah-rumah makan sekeliling kota Palangkaraya untuk mencukupi kebutuhan keluarganya. “Karena tulang punggung keluarga, saya enggak boleh patah semangat dalam mencari rejeki. Kemampuan saya di musik, ya saya manfaatkan kemampuan itu untuk bisa mencari pendapatan agar bisa memenuhi kebutuhan keluarga. Pokoknya yang penting halal”, ucap Ade.

Ade mulai menyukai musik sejak dirinya lulus dari bangku sekolah dan pernah mengikuti ajang pencari bakat di tingkat provinsi. Sebenarnya Ade pernah bekerja di salah satu perusahaan swasta di Kalimantan, tetapi tidak lama. Lalu Ade memutuskan hijrah ke Jakarta tahun 2011 dan mencoba mengadu nasib menjadi seorang penyanyi kafe. Namun di tahun 2014, Ade kembali lagi ke kota asalnya Palangkaraya dan kembali mengamen. “Musik adalah bagian dari hidup saya. Saya sudah bermusik dari umur 13 tahun dan memang lahir dari keluarga yang suka musik. Terutama ibu saya yang seorang biduan. Makanya enggak jauh-jauh yah, saya juga bermusik. Musik buat saya nyaman. Melalui musik, saya bisa mengungkapkan apa yang saya rasakan”, jelas Ade.

Di pertengahan tahun 2019, sekali lagi Ade kembali ke Jakarta mencoba peruntungan dengan menyanyi di café sampai akhirnya bertemu Nyonk (Kunci Band). Nyonk KUNCI adalah seorang song writer dan produser, yang berhasil mempopulerkan beberapa penyanyi, salah satunya Wahyu Selow. Hasil pertemuan tersebut, Nyonk berkeinginan memproduseri sekaligus menciptakan lagu untuk Ade Adipati.

“Senang sekali bisa bertemu dengan Mas Nyonk, yang mau membuat lagu sekaligus memproduseri saya. Saya benar-benar mengucap syukur untuk kesempatan yang Allah berikan ini kepada saya. Terutama terima kasih saya, buat para netizen atau pengguna media sosial, kalau bukan karena mereka yang mem-viral-kan saya. Enggak mungkin, saya dikenal banyak orang seperti ini. Dan mungkin kesempatan ini tidak pernah datang untuk saya. Saya merasa beruntung sekali”, ujar Ade terharu.

Lagu “Kau Bilang” karya cipta Nyonk KUNCI, menjadi single pertama Ade Adipati dalam industri musik Indonesia. Lagu bergenre Pop ini menceritakan tentang seorang yang mencoba mencari tahu kabar mantan nya yang sudah lama tak bertemu dan hingga akhirnya tahu sang mantan sudah bersama orang lain. Namun disaat itu pula dia mendengar cerita dari mantannya bahwa ternyata sang mantan tak bahagia karena pasangannya tidak seperti dirinya. “Proses rekamannya saat itu saya sedang sakit, lagi batuk. Dan waktu itu sudah mau pulang ke Palangkaraya, lalu Mas Nyonk kontek saya untuk rekaman. Proses pembuatan lagunya juga luar biasa, enggak lama yah. Hanya mendengarkan saya bernyanyi, abracadabra… jadilah lagu itu”, jelas Ade soal proses penggarapan lagu Kau Bilang.

“Saat mendengar demo lagu ini, saya sudah suka dengan lagunya karena cocok dengan karakter vocal suara saya. Hasilnya juga luar biasa. Semoga banyak yang suka dengan lagunya. Ide cerita di lagu ini juga relate dengan kisah banyak orang yang mungkin punya pengalaman yang sama. Semoga bisa diterima oleh masyarakat luas”, tutur Ade.

               

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Taralite

Rabu, 03 Juni 2020 - 18:42 WIB

Fintech P2P Lending Taralite Raih Izin Usaha Dari Otoritas Jasa Keuangan

Dengan adanya izin dari OJK tersebut, perusahaan yang merupakan bagian dari Grup OVO yang sebelumnya berstatus “Terdaftar” di OJK, kini meningkat menjadi perusahaan P2P Lending berlisensi…

Chief Credit Officer & Co-Founder, Christopher Gultom

Rabu, 03 Juni 2020 - 18:20 WIB

Sambut New Normal, Akseleran Siapkan Strategi Mitigasi Risiko Kredit

Menyambut New Normal, Akseleran menyiapkan sejumlah strategi untuk memitigasi risiko kredit bermasalah (non performing loan/NPL) guna mendukung kebangkitan perekonomian nasional.

Bank Bukopin serahkan bantuan ke terdampak covid-19 (Doc: Bank Bukopin)

Rabu, 03 Juni 2020 - 18:10 WIB

Bank Bukopin dan Agen Laku Pandai Salurkan CSR ke Terdampak COVID-19 di Solo

Di tengah kondisi pandemi virus Corona (COVID-19), Bank Bukopin berkomitmen tetap hadir di tengah masyarakat untuk saling mendukung dalam mencegah dan menanggulangi penyebaran COVID-19. Selain…

Ribuan Masker Donasi Bali United untuk Kabupaten Bulelelng

Rabu, 03 Juni 2020 - 18:00 WIB

Ribuan Masker Donasi Bali United untuk Kabupaten Bulelelng

Langkah manajemen Bali United tampak serius dalam memerangi penyebaran covid-19 di Bali. Setelah beberapa Kabupaten di Bali telah menerima puluhan ribu masker non medis dari Bali United, kali…

Primaya Hospital

Rabu, 03 Juni 2020 - 17:35 WIB

Masuki New Normal, Masyarakat Tak Perlu Takut ke Rumah Sakit

Terdapat beberapa hal yang perlu diketahui masyarakat mengenai tata cara rumah sakit dalam menjaga keamanan dan keselamatan pasien