Petani Klaten Siap Pasok 90 Ribu Ton Beras Sampai Mei 2020

Oleh : Wiyanto | Selasa, 31 Maret 2020 - 12:47 WIB

Petani Klaten panen padi
Petani Klaten panen padi

INDUSTRY.co.id - Jateng - Mengantisipasi efek dari penyebaran wabah covid-19 Kementerian Pertanian dan Pemerintah daerah melakukan langkah strategis untuk memenuhi ketersedian pangan dalam negeri. Meskipun aktivitas terhambat namun Pemerintah memastikan kecukupan pangan aman terpenuhi sampai bulan Ramadhan nanti.

Hampir di seluruh wilayah saat ini sedang memasuki masa panen raya, tak terkecuali di Kabupaten Klaten Jawa Tengah.

"Bulan Maret ini produksi padi kami sekitar 50.380 ton GKP (setara 31.236 ton beras), dan April Mei 2020 dipredikasi panen sebanyak 97.680 ton gabah (setara 60.562 ton beras)" ujar Widiyanti (Wiwit) Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Kabupaten Klaten.

Selain padi ada beberapa komoditi yang akan panen seperti jagung sebanyak 19,20 ton, cabai rawit dan cabai besar masing-masing panen 1 ton dan 0,80 ton.Disamping itu juga akan panen bawang merah 0,30 ton pada bulan Mei.

Wiwit mengatakan selain memantau stok pangan pemda Klaten juga fokus menjaga Petani dan ASN DPKPP Kabupaten Klaten dari penyebaran penyakit Covid – 19. Antisipasi dilakukan dengan melakukan sosialisasi sejak awal Maret 2020 kepada ASN, Kelompok Tani, dan KTNA agar tidak mengadakan pertemuan rutin yang bersifat mengumpulkan banyak orang selama masa tanggap darurat. Komunikasi antar anggota kelompok tani dan dengan PPL atau POPT - PHP bisa dengan media sosial.

Wiwit menekankan agar semua pihak dapat mematuhi anjuran pemerintah terkait wabah Covid 19. Untuk petani diharapkan bisa fokus terhadap pekerjaannya dengan memperhatikan “pola hidup bersih dan sehat”.

Kepada petani wiwit berpsean agar petani memanfaatkan aktifitas fisik yang dilakukan sebagai olahraga, berjemur disinar matahari untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan tak lupa mencuci tangan dan tubuh usai beraktifitas disawah saat kembali kerumah.

Senada dengan wiwit, Warjito Kepala Balai Besar Pengembangan Pengujian Mutu Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura Kementan, mengatakan sesuai arahan Mentan SYL agar selalu menjaga kesehatan, cuci tangan dengan sabun, melakukan social distancing dan ikuti anjuran pemerintah, dan para petani tetap semangat meningkatkan produksi guna memasok pangan secara cukup bagi penduduk.

Melihat data panen di kabupaten Klaten, Warjito memastikan pasokan pangan Kabupaten Klaten dan sekitarnya di tengah situasi pandemi Corona ini aman. Masyarakat dihimbau tidak perlu panik terkait ketersediaan pangan.

"Negeri kita ini negeri agraris, dan ini keunggulan kita dari negara-negara lain yang terdampak corona, terkait ketersediaan pangan" tutur nya. Tak lupa Warjito mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak khususnya petani yang bahu membahu bekerjasama mengatasi efek dari penyebaran wabah covid 19 ini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…