Petani Klaten Siap Pasok 90 Ribu Ton Beras Sampai Mei 2020

Oleh : Wiyanto | Selasa, 31 Maret 2020 - 12:47 WIB

Petani Klaten panen padi
Petani Klaten panen padi

INDUSTRY.co.id - Jateng - Mengantisipasi efek dari penyebaran wabah covid-19 Kementerian Pertanian dan Pemerintah daerah melakukan langkah strategis untuk memenuhi ketersedian pangan dalam negeri. Meskipun aktivitas terhambat namun Pemerintah memastikan kecukupan pangan aman terpenuhi sampai bulan Ramadhan nanti.

Hampir di seluruh wilayah saat ini sedang memasuki masa panen raya, tak terkecuali di Kabupaten Klaten Jawa Tengah.

"Bulan Maret ini produksi padi kami sekitar 50.380 ton GKP (setara 31.236 ton beras), dan April Mei 2020 dipredikasi panen sebanyak 97.680 ton gabah (setara 60.562 ton beras)" ujar Widiyanti (Wiwit) Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Kabupaten Klaten.

Selain padi ada beberapa komoditi yang akan panen seperti jagung sebanyak 19,20 ton, cabai rawit dan cabai besar masing-masing panen 1 ton dan 0,80 ton.Disamping itu juga akan panen bawang merah 0,30 ton pada bulan Mei.

Wiwit mengatakan selain memantau stok pangan pemda Klaten juga fokus menjaga Petani dan ASN DPKPP Kabupaten Klaten dari penyebaran penyakit Covid – 19. Antisipasi dilakukan dengan melakukan sosialisasi sejak awal Maret 2020 kepada ASN, Kelompok Tani, dan KTNA agar tidak mengadakan pertemuan rutin yang bersifat mengumpulkan banyak orang selama masa tanggap darurat. Komunikasi antar anggota kelompok tani dan dengan PPL atau POPT - PHP bisa dengan media sosial.

Wiwit menekankan agar semua pihak dapat mematuhi anjuran pemerintah terkait wabah Covid 19. Untuk petani diharapkan bisa fokus terhadap pekerjaannya dengan memperhatikan “pola hidup bersih dan sehat”.

Kepada petani wiwit berpsean agar petani memanfaatkan aktifitas fisik yang dilakukan sebagai olahraga, berjemur disinar matahari untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan tak lupa mencuci tangan dan tubuh usai beraktifitas disawah saat kembali kerumah.

Senada dengan wiwit, Warjito Kepala Balai Besar Pengembangan Pengujian Mutu Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura Kementan, mengatakan sesuai arahan Mentan SYL agar selalu menjaga kesehatan, cuci tangan dengan sabun, melakukan social distancing dan ikuti anjuran pemerintah, dan para petani tetap semangat meningkatkan produksi guna memasok pangan secara cukup bagi penduduk.

Melihat data panen di kabupaten Klaten, Warjito memastikan pasokan pangan Kabupaten Klaten dan sekitarnya di tengah situasi pandemi Corona ini aman. Masyarakat dihimbau tidak perlu panik terkait ketersediaan pangan.

"Negeri kita ini negeri agraris, dan ini keunggulan kita dari negara-negara lain yang terdampak corona, terkait ketersediaan pangan" tutur nya. Tak lupa Warjito mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak khususnya petani yang bahu membahu bekerjasama mengatasi efek dari penyebaran wabah covid 19 ini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bongkar muat pelabuhan

Kamis, 28 Mei 2020 - 10:39 WIB

Pelindo IV Makassar Tegaskan Pas Masuk Paotere Sesuai PD dan Kesepakatan Bersama

PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Cabang Makassar menegaskan bahwa tarif yang tertera dalam pas masuk Pelabuhan Paotere yaitu sebesar Rp15.000 untuk kendaraan dan sopir, Rp3.000 untuk per…

Foto: AFP Photo/detik.com

Kamis, 28 Mei 2020 - 10:35 WIB

Dasyat! Uni Eropa Siapkan Stimulus Rp 11.000 T untuk Pulihkan Ekonomi dari Corona

Jakarta- Badan eksekutif Uni Eropa pada hari Rabu berencana menggelontorkan 750 miliar euro (US$ 825 miliar) di pasar keuangan melalui anggaran 2021-2027. Dana tersebut setara Rp 11.550 triliun…

Pegawai Kementerian PUPR melewati gedung tempat mereka bekerja.

Kamis, 28 Mei 2020 - 10:31 WIB

Kementerian PUPR Terus Sempurnakan Penerapan Pelatihan Jarak Jauh

Sebagai upaya menyiapkan SDM untuk dapat beradaptasi dengan e-learning, Menteri Basuki mengatakan agar BPSDM menyiapkan modul-modul metode pembelajaran jarak jauh.

Ketua MPR Bambang Soesatyo

Kamis, 28 Mei 2020 - 10:30 WIB

Era New Normal Pemerintah Perlu Pertimbangan Pelonggaran Rumah-Rumah Ibadah

Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengimbau para kepala daerah dari empat provinsi dan 25 kabupaten/kota yang akan menerapkan new normal agar segera dan secara intensif menyosialisasikan…

Ilustrasi Pasien Sembuh Covid-19 (ist)

Kamis, 28 Mei 2020 - 10:30 WIB

Kabar Gembira, Peneliti di Singapura Ungkap Virus Corona Tidak Lagi Bisa Menginfeksi Orang Lain Setelah Hari ke-11

Menurut para peneliti yang terlibat dalam penelitian tersebut mengungkap virus Corona mulai menular sekitar 2 hari sebelum gejala klinis muncul dan bertahan selama setidaknya 11 hari setelahnya.…