Dukung Gaya Hidup Sehat, SCG Wujudkan Fasilitas Bagi Warga Sukabumi

Oleh : Herry Barus | Rabu, 25 Maret 2020 - 08:00 WIB

Dukung Gaya Hidup Sehat, SCG Wujudkan Fasilitas Bagi Warga Sukabumi
Dukung Gaya Hidup Sehat, SCG Wujudkan Fasilitas Bagi Warga Sukabumi

INDUSTRY.co.id - Sukabumi– Pandemik Covid-19 tengah menjadi sorotan di seluruh penjuru dunia, pemerintah Indonesia telah menginstruksikan agar seluruh masyarakat mendukung upaya pencegahan sebaran virus, salah satunya dengan tetap berada di rumah dan menjaga kesehatan serta kebersihan.

SCG melalui anak perusahaannya, PT Semen Jawa dan PT Tambang Sukabumi, mendukung imbauan pemerintah dengan kontribusinya pada masyarakat Sukabumi melalui pembangunan sarana air bersih di Kampung Tanjungsari, Desa Sirnaresmi.

Mulai hari ini Selasa (24/3/2020)  dan seterusnya, warga tak perlu lagi keluar rumah untuk menuju sumber air. Pipa-pipa telah dipasang untuk mengalirkan air langsung ke rumah warga. Selain itu, dibangun pula torrent untuk menjaga cadangan air. Sebelumnya, kemudahan akses serta ketersediaan air bersih menjadi kendala yang dihadapi warga dalam menjalankan gaya hidup bersih dan sehat.

 “Pembangunan sarana air bersih ini merupakan salah satu upaya SCG untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, melalui kegiatan Bina Lingkungan atau BiLik Semen Jawa. Sarana yang baru saja selesai dibangun dapat mengalirkan air bersih untuk 156 Kepala Keluarga yang tersebar di 3 RT di Kampung Tanjungsari, Desa Sirnaresmi. BiLik Semen Jawa sejak tahun 2017 memberikan kesempatan bagi seluruh karyawan untuk berkontribusi dan terlibat langsung menjaga lingkungan sekitar dengan membawa semangat “Passion for Better Society”, jelas Somchai Dumrongsil, President Director of PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi.
 

Bukan hanya pipanisasi ke rumah warga, pembangunan sarana air bersih juga dilakukan dengan memasang atap dan dinding di sekeliling sumber air sehingga sumber air terhindar dari hujan dan kotoran. Seluruh karyawan beserta masyarakat bersemangat dan bahu membahu dalam penyelesaian pembangunan sarana air bersih selama kurang lebih satu bulan, demi mendukung pula imbauan dan instruksi pemerintah untuk terus menerapkan pola hidup bersih dan sehat, sebisa mungkin berada di rumah serta social distancing demi meminimalisir penyebaran Covid-19.

 “Bagi warga kami, kemudahan akses serta ketersediaan air bersih menjadi salah satu kendala dalam mewujudkan gaya hidup sehat seperti yang diinstruksikan Pemerintah.  Kini dengan telah adanya sistem pipanisasi air bersih ke rumah warga tentu akan memudahkan masyarakat Kampung Tanjungsari untuk mengakses air bersih tanpa harus keluar rumah, sehingga kemungkinan paparan terhadap COVID-19 dapat diminimalisir,” ungkap Dedi Setiadi, SKM., Kepala Puskesmas Gunungguruh.
 

Program BiLik Semen Jawa ini menjadi salah satu implementasi filosofi SCG people yakni, kepedulian terhadap tanggung jawab sosial. Seluruh karyawan SCG dimanapun beroperasi perlu menanamkan rasa kepedulian yang tinggi selama menjadi bagian dari SCG. Selanjutnya, program BiLik ini akan berlanjut di desa lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat sekitar sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup di masyarakat Sukabumi.
 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Joko Widodo membagikan bantuan sosial bagi masyarakat penerima manfaat dan pedagang di Pasar Cibinong, Kabupaten Bogor, pada Selasa, 17 Mei 2022. Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden

Rabu, 18 Mei 2022 - 04:19 WIB

Presiden Jokowi Bagikan Bansos dan Tinjau Harga Minyak Goreng di Pasar Bogor

Presiden Joko Widodo blusukan ke Pasar Cibinong, Kabupaten Bogor, dan Pasar Gunung Batu, Kota Bogor, pada Selasa, 17 Mei 2022. Presiden membagikan sejumlah bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat…

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Retail Banking BSI Kokok Alun Akbar (kedua dari kiri) dan Direktur Utama PT Jasamarga Related Business Dian Takdir Badrsyah (kedua dari kanan)

Selasa, 17 Mei 2022 - 22:48 WIB

BSI Gandeng Anak Usaha Jasa Marga

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) tandatangani nota kesepahaman dengan anak usaha Jasa Marga yaitu PT Jasa Marga Related Business.

Ilustrasi batubara

Selasa, 17 Mei 2022 - 22:36 WIB

Kian Kokoh di Ranah Tambang! Anak usaha PT Delta Dunia Raih Kontrak Tambang Batu Bara di Australia

Jakarta - PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA), anak perusahaan PT Delta Dunia Makmur Tbk (Perseroan), melalui anak perusahaannya di Australia BUMA Australia Pty Ltd (BUMA Australia) akan memulai…

(Foto dari kiri ke kanan) Section Head PT Multipolar Technology Tbk Ignasius Oky Yoewono, Director Enterprise Application Services Business PT Multipolar Technology Tbk Jip Ivan, dan Department Head Hybrid Database Solution PT Multipolar Technology Tbk Yemmy Sukandar sedang berbincang di sela-sela seminar tentang keamanan siber yang diselenggarakan oleh Infobank di Pullman Jakarta Thamrin, Jakarta, Selasa (17/5).

Selasa, 17 Mei 2022 - 22:25 WIB

Multipolar Technology mengusung solusi IBM Guardium dan IBM Security QRadar XDR sekaligus ke pasar Indonesia

Jakarta-PT Multipolar Technology Tbk (IDX: MLPT), anak perusahaan PT Multipolar Tbk (IDX: MLPL) yang berperan sebagai mitra dalam mendukung pengembangan teknologi digital perusahaan di berbagai…

Gedung Bank KB Bukopin

Selasa, 17 Mei 2022 - 21:58 WIB

KB Bukopin Masuk Indeks Global MSCI, Sentimen Positif Investor Saham

PT. Bank KB Bukopin, Tbk. terus bergerak positif pada lantai bursa. Morgan Stanley Capital International (MSCI) mengumumkan hasil tinjauan indeks semi tahunan pada Mei 2022.