Tol Terpanjang Turut Sosialisaikan Pencegahan Virus Corona

Oleh : Herry Barus | Kamis, 19 Maret 2020 - 07:00 WIB

Tol Terpanjang Turut Sosialisaikan Pencegahan Virus Corona
Tol Terpanjang Turut Sosialisaikan Pencegahan Virus Corona

INDUSTRY.co.id - Terbanggi Besar – Meluasnya penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) atau yang lebih dikenal dengan virus corona di Indonesia, membuat PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) melalui kantor cabang ruas tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) berinisiatif untuk menggelar sosialisasi dan edukasi terkait pencegahan penyebaran virus corona khususnya di lingkungan kantor cabang, gerbang, hingga tempat istirahat jalan tol.

Digelar di Kantor Cabang ruas tol Terpeka pada Selasa (17/3/200), Hutama Karya selaku pengelola ruas tol terpanjang di Indonesia ingin memastikan bahwa meluasnya penyebaran virus corona tidak menghambat pelayanan optimal yang diberikan kepada pengguna tol, dengan tetap memperhatikan aspek kesehatan lingkungan kerja.

Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya, J. Aries Dewantoro mengatakan bahwa sosialisasi dan edukasi diberikan kepada seluruh petugas tol baik di kantor cabang mapun di gerbang tol. “Kami mengundang dokter dan tenaga medis dari rumah sakit setempat mengajak seluruh petugas tol lebih mengenali virus corona. Mulai dari memahami identifikasi gejala terpaparnya, hingga cara menghindarinya,” ujar Aries.

Tak hanya itu, seluruh petugas juga diberitahu mengenai kebiasaan yang perlu dan tidak perlu dilakukan berlebihan dalam menyikapi corona. “Seperti tidak usah ikut-ikutan menggunakan masker bila tidak sakit hingga tidak latah dalam penggunaan thermometer. Semuanya kita edukasi, dari Branch Manager nya hingga petugas operasional tolnya di Terpeka ini. Semua memiliki potensi resiko terpapar yang sama karena dalam bekerja kita berhubungan dengan banyak orang,” pungkas Aries.

Hingga hari ini, Rabu (18/3/2020), Hutama Karya telah melakukan berbagai tindakan preventif guna mencegah penyebaran virus corona khususnya di ruas tol yang dioperasikannya. Seluruh Branch Manager setiap ruas jalan tol wajib memastikan area kerja kondusif. Setiap petugas jalan tol wajib mencuci tangan dengan hand sanitizer yang disediakan serta dilakukan pengecekan dengan thermometer infrared. Adapun tamu mulai diperketat dengan diberlakukannya meeting online.

Selain itu penyemprotan disinfektan juga dilakukan secara rutin baik di kantor cabang, gerbang tol, hingga mesin tapping kartu tol. Seluruh gerbang tol juga telah dilengkapi dengan hand sanitizer yang memudahkan petugas untuk rutin menjaga kebersihan tangan setelah melayani pengguna tol. “Kami juga menyarankan kepada pengguna tol untuk dapat menggunakan tongkat e-toll untuk mempermudah proses tapping uang elektronik sehigga meminimalisir kontak dengan petugas juga,” tutup Aries, EVP Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya.

Hutama Karya memastikan bahwa perusahaan tetap akan berupaya memberikan pelayanan masksimal bagi pengguna tol ditengah merebaknya wabah Covid-19 dengan tetap memperhatikan aspek kesehatan guna pencegahan penyebaran virus yang lebih meluas.

Di JTTS, Hutama Karya juga memastikan tempat istirahat sudah dapat berfungsi maksimal dengan berbagai fasilitas yang ada didalamnya seperti SPBU, musholla, toilet, lahan parkir yang memadai, tempat pengisian Uang Elektronik, hingga rumah makan. Untuk di sepanjang tol Terpeka sendiri, Hutama Karya telah menyediakan 7 Tempat Istirahat (TI) dengan 2 (dua) tipe yaitu tipe A (TIP) di km 163, km 208, km 234,  km 296, dan km 277, serta dan tipe B (TI) yaitu di km 172 dan km 215. Dimana 2 TI sudah berfungsi permanen di km 215 dan 234, sedangkan 5 TI lainnya masih dalam proses pembangunan, namun disediakan TI sementara.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…