Kearifan Cita Rasa Ranah Minang dalam Menu Western ada di CIKANG Resto

Oleh : Herry Barus | Senin, 16 Maret 2020 - 12:18 WIB

Kearifan Cita Rasa Ranah Minang dalam Menu Western ada di CIKANG Resto
Kearifan Cita Rasa Ranah Minang dalam Menu Western ada di CIKANG Resto

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Masakan Padang telah dikenal di seluruh dunia, ini terbukti dengan masuknya Rendang dalam jajaran makanan terlezat di dunia. Tidak hanya rendang, keragaman dan keunikan kuliner padang selalu menarik untuk dicoba dan dinikmati, setiap kuliner memberikan sensasi makan dan cerita tersendiri dalam cita rasanya.

Berawal dari kenangan masa kecil, dimana Dr. Ivan Sini sering diajak oleh orangtuanya  mengunjungi kedai kopi legendaris di kawasan pecinan Padang bernama “Lee Chi Kwang” dan mimpi dari salah satu keluarga Padang untuk menghadirkan kekayaan serta keunikan kuliner padang yang belum diketahui orang banyak dan berbeda dari restaurant padang lainnya,  CIKANG hadir menyajikan beragam masakan Padang peranakan berserta keunikan cerita dari sajian dan  penamaan menunya.

Guna menarik dan memuaskan pelanggan yang datang untuk bersantap, beragam Inovasi kuliner terus  dilakukan oleh para chef handal CIKANG, aneka kuliner dan cerita tercipta pada menunya. Memasuki tahun Ke – 5, CIKANG meluncurkan Menu Baru “KARAMBIA STEAK” yaitu menu western yang berpadu dengan kearifan kuliner lokal.

Mengungkap Cerita Dibalik Kelezatan  “KARAMBIA STEAK”

Karambia adalah Bahasa Minang dari Kelapa, Dikenal sebagai tumbuhan yang serba guna, Seluruh bagian dari tanaman ini bisa dimanfaatkan, mulai dari Akar, Batang, Daun, Daging buah kelapa, Serabut hingga batok kelapa. Pemanfaatan batok kelapa sebagai bahan bakar (arang) telah dikenal oleh masyarakat di Sumatera Barat selama bertahun tahun.

Seperti menu – menu lainnya, di CIKANG yang selalu ada cerita dibalik setiap menunya, Dr. Ivan R. Sini, Owner CIKANG mengisahkan ide awal terciptanya menu  “KARAMBIA STEAK”.  Ivan menceritakan “bagaimana penggunaan arang dan minyak kelapa dapat menjadi racikan yang otentik untuk banyak ragam kuliner yang tidak hanya ditujukan pada masakan lokal tetapi juga masakan luar negeri. Cerita ini merupakan sebagian dari inovasi kuliner yang diturunkan oleh ayahanda Ivan, Dr Rizal Sini (alm) yang selalu membanggakan kemampuan kearifan lokal dalam citarasa kuliner mancanegara.

Berangkat dari pengalaman tersebut maka tercetuslah ide untuk menyajikan menu steak di CIKANG, “KARAMBIA STEAK” adalah kuliner steak yang dagingnya  dipanggang menggunakan arang batok kelapa dan disajikan bersama  saus otentik CIKANG yang terbuat dari paduan minyak kelapa dan local herbs serta dilengkapi oleh Salada uci  (uci = Nenek dalam bahasa padang) plus kerupuk padang sebagai ciri khas kuliner nusantara. Menu ini hanya ada di CIKANG dan tidak ada ditempat lain”. jelasnya.

Dengan diluncurkannya menu baru “KARAMBIA STEAK” akan semakin memperkaya keragaman menu yang ditawarkan CIKANG kepada pelanggan, sehingga memberikan lebih banyak pilihan menu yang dapat dinikmati saat mereka bersantap di restaurant.

Menggunakan Daging Sapi khas Impor terbaik “KARAMBIA STEAK” ditawarkan dalam 2 pilihan jenis potongan maupun berat daging yaitu  Tenderloin dan Sirloin dengan berat 150 dan 180 gram. Untuk menikmati hidangan lezat tersebut kamu cukup membayar Rp 120.000 sampai dengan Rp. 160.000 tergantung pada berat dan jenis daging yang kamu pilih. Buat kamu yang mau coba sesuatu yang baru,  Cikang Resto juga menawarkan pilihan Sotong Bakar Pantai Padang yang tak kalah lezatnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

RUPST PT PP tahun buku 2023

Rabu, 24 April 2024 - 21:14 WIB

Dua Direksi dan Satu Komisaris Baru Perkuat Pengurus PTPP

PT PP mengubah jajaran direksi dan Komisari usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).

Ilustrasi produksi keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:30 WIB

Dukung Proyek IKN, Industri Keramik Siap Investasi di Kaltim

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) optimis pemerintahan baru yang akan dipimpin oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan melanjutkan proyek Ibu Kota Negara (IKN)…

Proses bongkar muat sekam padi di storage area sekam padi di Pabrik Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh.

Rabu, 24 April 2024 - 18:13 WIB

Keren! Reduksi Emisi Gas Rumah Kaca, SIG Tingkatkan Penggunaan Bahan Bakar Alternatif Menjadi 559 Ribu Ton

Jakarta– Isu perubahan iklim yang disebabkan oleh emisi gas rumah kaca (GRK) telah menjadi perhatian dunia, dengan munculnya komitmen global untuk mewujudkan net zero emission pada 2060.

Industri keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:00 WIB

Asaki Desak Pemerintah Segera Terapkan Antidumping Keramik China, Besaran Tarif Capai 150%

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) mendesak KADI untuk bekerja serius dan segera menerapkan kebijakan Antidumping untuk produk keramik impor asal Tiongkok yang secara tren tahunan…

Platform Teknologi Laboratorium di Indonesia Digelar untuk Ketujuh Kalinya

Rabu, 24 April 2024 - 17:56 WIB

Program Keberlanjutan dan Kecerdasan Buatan Menjadi Topik Hangat pada Pameran Lab Indonesia 2024

Jakarta– Lab Indonesia 2024 kembali mempertemukan elit industri laboratorium ilmiah dan analisis pada tanggal 24 – 26 April 2024 di Jakarta Convention Center (JCC).