Kearifan Cita Rasa Ranah Minang dalam Menu Western ada di CIKANG Resto

Oleh : Herry Barus | Senin, 16 Maret 2020 - 12:18 WIB

Kearifan Cita Rasa Ranah Minang dalam Menu Western ada di CIKANG Resto
Kearifan Cita Rasa Ranah Minang dalam Menu Western ada di CIKANG Resto

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Masakan Padang telah dikenal di seluruh dunia, ini terbukti dengan masuknya Rendang dalam jajaran makanan terlezat di dunia. Tidak hanya rendang, keragaman dan keunikan kuliner padang selalu menarik untuk dicoba dan dinikmati, setiap kuliner memberikan sensasi makan dan cerita tersendiri dalam cita rasanya.

Berawal dari kenangan masa kecil, dimana Dr. Ivan Sini sering diajak oleh orangtuanya  mengunjungi kedai kopi legendaris di kawasan pecinan Padang bernama “Lee Chi Kwang” dan mimpi dari salah satu keluarga Padang untuk menghadirkan kekayaan serta keunikan kuliner padang yang belum diketahui orang banyak dan berbeda dari restaurant padang lainnya,  CIKANG hadir menyajikan beragam masakan Padang peranakan berserta keunikan cerita dari sajian dan  penamaan menunya.

Guna menarik dan memuaskan pelanggan yang datang untuk bersantap, beragam Inovasi kuliner terus  dilakukan oleh para chef handal CIKANG, aneka kuliner dan cerita tercipta pada menunya. Memasuki tahun Ke – 5, CIKANG meluncurkan Menu Baru “KARAMBIA STEAK” yaitu menu western yang berpadu dengan kearifan kuliner lokal.

Mengungkap Cerita Dibalik Kelezatan  “KARAMBIA STEAK”

Karambia adalah Bahasa Minang dari Kelapa, Dikenal sebagai tumbuhan yang serba guna, Seluruh bagian dari tanaman ini bisa dimanfaatkan, mulai dari Akar, Batang, Daun, Daging buah kelapa, Serabut hingga batok kelapa. Pemanfaatan batok kelapa sebagai bahan bakar (arang) telah dikenal oleh masyarakat di Sumatera Barat selama bertahun tahun.

Seperti menu – menu lainnya, di CIKANG yang selalu ada cerita dibalik setiap menunya, Dr. Ivan R. Sini, Owner CIKANG mengisahkan ide awal terciptanya menu  “KARAMBIA STEAK”.  Ivan menceritakan “bagaimana penggunaan arang dan minyak kelapa dapat menjadi racikan yang otentik untuk banyak ragam kuliner yang tidak hanya ditujukan pada masakan lokal tetapi juga masakan luar negeri. Cerita ini merupakan sebagian dari inovasi kuliner yang diturunkan oleh ayahanda Ivan, Dr Rizal Sini (alm) yang selalu membanggakan kemampuan kearifan lokal dalam citarasa kuliner mancanegara.

Berangkat dari pengalaman tersebut maka tercetuslah ide untuk menyajikan menu steak di CIKANG, “KARAMBIA STEAK” adalah kuliner steak yang dagingnya  dipanggang menggunakan arang batok kelapa dan disajikan bersama  saus otentik CIKANG yang terbuat dari paduan minyak kelapa dan local herbs serta dilengkapi oleh Salada uci  (uci = Nenek dalam bahasa padang) plus kerupuk padang sebagai ciri khas kuliner nusantara. Menu ini hanya ada di CIKANG dan tidak ada ditempat lain”. jelasnya.

Dengan diluncurkannya menu baru “KARAMBIA STEAK” akan semakin memperkaya keragaman menu yang ditawarkan CIKANG kepada pelanggan, sehingga memberikan lebih banyak pilihan menu yang dapat dinikmati saat mereka bersantap di restaurant.

Menggunakan Daging Sapi khas Impor terbaik “KARAMBIA STEAK” ditawarkan dalam 2 pilihan jenis potongan maupun berat daging yaitu  Tenderloin dan Sirloin dengan berat 150 dan 180 gram. Untuk menikmati hidangan lezat tersebut kamu cukup membayar Rp 120.000 sampai dengan Rp. 160.000 tergantung pada berat dan jenis daging yang kamu pilih. Buat kamu yang mau coba sesuatu yang baru,  Cikang Resto juga menawarkan pilihan Sotong Bakar Pantai Padang yang tak kalah lezatnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Pekerja (ist)

Rabu, 03 Juni 2020 - 07:05 WIB

Sah! Jokowi Teken PP Tapera, Siap-siap Gaji Pekerja ASN, BUMN, TNI, Polri Hingga Swasta Dipotong 3 persen

Presiden Jokowi telah meneken Peraturan Pemerintah atau PP No. 25 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera).

Direksi Bhinneka support UMKM

Rabu, 03 Juni 2020 - 06:51 WIB

Bhinneka.Com Ajak UMKM dan Korporasi Gerakkan Ekonomi

Bhinneka.Com meluncurkan gerakan #BangkitLagi yang melibatkan para pelaku bisnis dari berbagai segmen (UMKM dan korporasi) dari lintas sektor dan ini sebagai wujud semangat dan optimisme di…

CEO Crown Group, Iwan Sunito (Foto Ridwan/Industry.co.id)

Rabu, 03 Juni 2020 - 06:13 WIB

Pengusaha Sukses Asal Surabaya Ini Sebut Pandemi Covid-19 Dorong Transformasi Teknologi jadi Lebih Cepat

Sejumlah perusahaan global mulai beradaptasi dengan teknologi pada saat pandemi Covid-19. Adanya wabah tersebut, telah memaksa banyak perusahaan untuk melakukan proses transformasi menjadi perusahaan…

Tanda Kehormatan Bintang Dharma kepada KASALdan KASAU

Rabu, 03 Juni 2020 - 06:00 WIB

Tanda Kehormatan Bintang Dharma kepada KASAL dan KASAU

Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C) Hadi Tjahjanto, S.I.P. memimpin upacara penyematan Tanda Kehormatan Bintang Dharma kepada Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Rabu, 03 Juni 2020 - 05:30 WIB

Era New Normal Sejalan dengan Gaya Hidup Baru

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyatakan bahwa dirinya lebih suka menggunakan istilah gaya hidup baru ketimbang ‘new normal’ pasca pandemi covid-19. Dan Indonesia, menurutnya harus…