Kostratani Bangkitkan Gairah Pembangunan Pertanian di Sumbar

Oleh : Wiyanto | Rabu, 11 Maret 2020 - 17:40 WIB

Rakor Kostratani di Sumbar
Rakor Kostratani di Sumbar

INDUSTRY.co.id - Sumbar - Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani ) digagas oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo sebagai ujung tombak dalam menggerakakan sumberdaya di tingkat kecamatan dan juga sebagian sumber data dan sumber informasi di bidang pertanian.

“Kuncinya adalah koordinasi dan kerjasama dari berbagai stakeholder pertanian. Sehingga permasalahan dan potensi di suatu wilayah dapat dikelola dengan baik demi kemajuan pembangunan pertanian “ demikian ungkap Takdir Mulyadi sebagai ketua tim supervisi program dalam rapat Koordinasi Koostratani wilayah Sumatera Barat, Rabu (11/3/2020).

Program kostrani ini akan lebih berhasil karena mengoptimalkan peran BPP di tingkat kecamatan dan melibatkan kades,camat dan elemen masyarakat lainnya. “ Kita sangat mendukung adanya kostratani sehingga kita bisa mengulng kembali kejayaan kita,“ cetus Candra Kepala Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Barat di forum yang sama. Diharapkan kepada PPL maupun KCD agar membantu mendorong petani melalui kostratani untuk dapat bisa memanfaatkan kemudahan dari pemerintah. “Ada KUR, Asuransi Jasindo serta bantuan bantuan sarana produksi lainnya,“ tandas Candra.

Sejalan dengan Candra , Kepala BPTP Sumbar Jekvy Hendra menambahkan bahwa pihaknya sudah mengupayakan segala sesuatu untuk mendukung program ini. Kegiatan desiminsi, bimbingan teknis dan demo plot dalam rangka mensosialisasikan penggunaaan varietas unggul baru untuk meningkatkan produksi.

Pada kesempatan ini turut hadir perwakilan Kementerian Kominfo dan perwakilan BNI. “Kami punya program andalan yaitu KUR Tani. Dan kami merencanakan untuk merealisasikan KUR di Sumatera Barat paling tidak 600 milyar untuk mendukung permodalan di bidang pertanian,“ tandas Rosy Diana kepala perwakilan BNI cabang kota Padang. KUR Tani BNI akan memberikan bunga rendah, petani cukup membayar bunga hutang 6 % dan selebihnya bunga bank akan disubsidi pemerintah.

Acara rakor ini dihadiri oleh tidak kurang 220 peserta yang terdiri dari Sekda kabupaten, kadis pertanian kabipaten/kota, KCD dan koordinator penyuluh se provinsi Sumatera Barat. “Insya Allah usulan dan masukan yang menjadi kendala dan permasalahan dalam pembangunan pertanian disini akan dikoordinasikan dengan berbagai pihak di pusat untuk mencari solusi terbaik," tutup Takdir.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion