Wujudkan Pandeglang Destinasi Pariwisata Nasional

Oleh : Herry Barus | Selasa, 28 Maret 2017 - 15:15 WIB

KEK Tanjung Lesung Pandeglang Banten
KEK Tanjung Lesung Pandeglang Banten

INDUSTRY.co.id - Pandeglang- Bupati Pandeglang, Provinsi Banten Irna Narulita mengajak seluruh elemen di daerah itu, termasuk masyarakat, untuk menjadikan daerah itu sebagai destinasi pariwisata nasional.

"Kita memiliki objek wisata cukup banyak dan bagus-bagus, jadi sangat potensial daerah ini menjadi destinasi pariwisata nasional," katanya di Pandeglang, Senin (27/3/2017)

Pemkab Pandeglang, menjadikan keinginan menjadikan daerah itu sebagai destinasi pariwisata nasional sebagai tema pada peringatan HUT ke-137 Kabupaten Pandeglang yang akan diperingai pada 1 April 2017.

Irna juga menyatakan telah menetapkan dua kecamatan yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), yakni Kecamatan Sumur dan Cimanggu sebagai destinasi wisata.

"Kita tetapkan sebagai destinasi wisata dan sudah direncanakan untuk dikembangkan," katanya.

Kedua kecamatan tersebut memiliki keindahan laut yang tak kalah dengan Raja Ampat di Papua dan memiliki ekosistem flora dan fauna yang sangat baik, apalagi sudah ditetapkannya Tanjung Lesung sebagai KEK (Kawasan Ekonomi Khusus).

Data dari Dinas Pariwisata menyebukan, di daerah itu terdapat tujuh kawasan wisata,, yakni kawasan Gunung Karang, kawasan Carita, kawasan Laba, kawasan Tanjung Lesung, kawasan Cikeudal, kawasan Ujung Kulon dan kawasan Pantai Selatan.

Pada kawasan Gunung Karang, selain terdapat panorama alam yang masih alami juga ada objek wisata Cikoromoy yang merupakan pemandian dengan mata air dari gunung.

Kemudian, di kawasan Gunung Karang juga terdapat pemandian air panas Cisolong serta pemandian dan situs Cihunjuran.

Di kawasan Carita, terdapat objek wisata Pantai Carita yang telah terkenal hingga mancanegara serta objek wisata religius Penziarahan Caringin.

Sedangkan di kawasan Laba, terdapat objek wisata Pantai Laba, dan kawasan Tanjung Lesung ada Pantai Tanjung Lesung dan saat ini telah ditetapkan sebagai lokasi pembangunan kawasan ekonomi khusus (KEK) pariwisata oleh pemerintah pusat.

Kawasan Cikeudal, terdapat Situ Cikeudal, di kawasan Ujung Kulon terdapat Taman Nasional Ujung Kulon yang merupakan hutan tropis terbesar di Pulau Jawa dan menjadi habitat badak jawa atau badak bercula satu yang merupakan salah satu hewan sangat langka.

“Hadirnya Kawasan Ekonomi Khusus seperti Tanjung Lesung bisa mendongkrak  laju pertumbuhan perekonomian mencapai 5-6 persen. Tidak mustahil dengan pembangunan KEK bisa mendongkrak PAD hingga Rp 270 miliar yang saat ini hanya Rp 188 miliar,” kata Bupati Pandeglang Irna Nurlita dalam sebuah kesempatan berberapa waktu lalu.

Pemkab Pandeglang pun akan mendorong masyarakat sekitar untuk sadar wisata, yakni menggeliatkan kerajinan-kerajinan lokal setempat, pembangunan UKM, penyediaan ribuan  homestay bagi wisatawan. Selain itu, menurutnya Pandeglang juga memiliki 256 potensi objek pariwisata yang indah, dan 251 seni budaya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih

Senin, 18 November 2019 - 14:05 WIB

Sampai Akhir Tahun 2019, Kemenperin Bidik Ekspor Industri Aneka Tembuh USD 4,66 Miliar

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan pertumbuhan ekspor industri Aneka dalam negeri mampu mencapai 10 persen pada akhir tahun 2019.

Dermaga IPCC (Foto Istimewa)

Senin, 18 November 2019 - 13:21 WIB

Aktifitas Bongkar Muat Alat Berat, Spareparts IPCC Melambat

Jakarta - Belum sepenuhnya pulih sektor pertambangan, perkebunan, maupun infrastruktur membuat permintaan berbagai alat berat masih cenderung stagnan. Bahkan masih menunjukan pelemahan. Kondisi…

Ketua Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Soeseno

Senin, 18 November 2019 - 13:15 WIB

Tak Hanya Hancurkan Sektor IHT, Revisi PP 109/2012 Bakal Rugikan 2 Juta Tenaga Kerja

Industri Hasil Tembakau (IHT) nasional semakin terpuruk akibat usulan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk merevisi Peraturan Pemerintah 109/2012 tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung…

PT Intiland Development Tbk (DILD)

Senin, 18 November 2019 - 13:01 WIB

Intiland Gandeng Tokopedia Untuk Pemasaran Perumahan Talaga Bestari

Kerjasama ini sekaligus juga sebagai upaya mengantisipasi perubahan habit transaksi para konsumen di era digital serta sekaligus memberi kesempatan kepada masyarakat luas dalam memperoleh informasi…

Hypertherm announces successful raid of counterfeiting operation in Vietnam

Senin, 18 November 2019 - 12:35 WIB

Hypertherm announces successful raid of counterfeiting operation in Vietnam

Hypertherm announces successful raid of counterfeiting operation in Vietnam