Wujudkan Pandeglang Destinasi Pariwisata Nasional

Oleh : Herry Barus | Selasa, 28 Maret 2017 - 15:15 WIB

KEK Tanjung Lesung Pandeglang Banten
KEK Tanjung Lesung Pandeglang Banten

INDUSTRY.co.id - Pandeglang- Bupati Pandeglang, Provinsi Banten Irna Narulita mengajak seluruh elemen di daerah itu, termasuk masyarakat, untuk menjadikan daerah itu sebagai destinasi pariwisata nasional.

"Kita memiliki objek wisata cukup banyak dan bagus-bagus, jadi sangat potensial daerah ini menjadi destinasi pariwisata nasional," katanya di Pandeglang, Senin (27/3/2017)

Pemkab Pandeglang, menjadikan keinginan menjadikan daerah itu sebagai destinasi pariwisata nasional sebagai tema pada peringatan HUT ke-137 Kabupaten Pandeglang yang akan diperingai pada 1 April 2017.

Irna juga menyatakan telah menetapkan dua kecamatan yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), yakni Kecamatan Sumur dan Cimanggu sebagai destinasi wisata.

"Kita tetapkan sebagai destinasi wisata dan sudah direncanakan untuk dikembangkan," katanya.

Kedua kecamatan tersebut memiliki keindahan laut yang tak kalah dengan Raja Ampat di Papua dan memiliki ekosistem flora dan fauna yang sangat baik, apalagi sudah ditetapkannya Tanjung Lesung sebagai KEK (Kawasan Ekonomi Khusus).

Data dari Dinas Pariwisata menyebukan, di daerah itu terdapat tujuh kawasan wisata,, yakni kawasan Gunung Karang, kawasan Carita, kawasan Laba, kawasan Tanjung Lesung, kawasan Cikeudal, kawasan Ujung Kulon dan kawasan Pantai Selatan.

Pada kawasan Gunung Karang, selain terdapat panorama alam yang masih alami juga ada objek wisata Cikoromoy yang merupakan pemandian dengan mata air dari gunung.

Kemudian, di kawasan Gunung Karang juga terdapat pemandian air panas Cisolong serta pemandian dan situs Cihunjuran.

Di kawasan Carita, terdapat objek wisata Pantai Carita yang telah terkenal hingga mancanegara serta objek wisata religius Penziarahan Caringin.

Sedangkan di kawasan Laba, terdapat objek wisata Pantai Laba, dan kawasan Tanjung Lesung ada Pantai Tanjung Lesung dan saat ini telah ditetapkan sebagai lokasi pembangunan kawasan ekonomi khusus (KEK) pariwisata oleh pemerintah pusat.

Kawasan Cikeudal, terdapat Situ Cikeudal, di kawasan Ujung Kulon terdapat Taman Nasional Ujung Kulon yang merupakan hutan tropis terbesar di Pulau Jawa dan menjadi habitat badak jawa atau badak bercula satu yang merupakan salah satu hewan sangat langka.

“Hadirnya Kawasan Ekonomi Khusus seperti Tanjung Lesung bisa mendongkrak  laju pertumbuhan perekonomian mencapai 5-6 persen. Tidak mustahil dengan pembangunan KEK bisa mendongkrak PAD hingga Rp 270 miliar yang saat ini hanya Rp 188 miliar,” kata Bupati Pandeglang Irna Nurlita dalam sebuah kesempatan berberapa waktu lalu.

Pemkab Pandeglang pun akan mendorong masyarakat sekitar untuk sadar wisata, yakni menggeliatkan kerajinan-kerajinan lokal setempat, pembangunan UKM, penyediaan ribuan  homestay bagi wisatawan. Selain itu, menurutnya Pandeglang juga memiliki 256 potensi objek pariwisata yang indah, dan 251 seni budaya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Badan Karantina Pertanian Ali Jamil saat musnahkan komoditas Ilegal

Rabu, 17 Juli 2019 - 11:55 WIB

Barantan Gandeng Polri Bidang Pengawasan dan Penegakan Hukum

Jakarta - Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian menjalin kerjasama dengan Kepolisian. Kerjasama dalam bidang pengawasan dan penegakan hukum.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Ditjen ILMATE Kemenperin, Putu Juli Ardika

Rabu, 17 Juli 2019 - 11:15 WIB

AMMDes Pengumpan Ambulans Jadi Pilot Project di Banten

Kementerian Perindustrian terus mendorong pemanfaatan pada Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) di seluruh daerah Indonesia.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin, Eko S.A. Cahyanto

Rabu, 17 Juli 2019 - 10:40 WIB

Bikin SDM Industri Kompetitif, Kemenperin Susun Kurikulum Hingga Usul Insentif

Kementerian Perindustrian terus memacu ketersediaan dan kompetensi sumber daya manusia (SDM) sektor industri. Langkah strategis yang telah dilakukan, salah satunya adalah pelaksanaan pendidikan…

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero)/ASDP Ira Puspadewi

Rabu, 17 Juli 2019 - 10:00 WIB

Sinergi Pengembangan Destinasi Pariwisata baru di Bakauheni, Lampung

Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/ Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M. Mansoerdan Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero)/ASDP Ira…

Dirjen Bina Konstruksi selaku Ketua Komite K2 Syarif Burhanuddin

Rabu, 17 Juli 2019 - 08:55 WIB

Ini Hasil Evaluasi Komite Keselamatan Konstruksi Atas Peristiwa Runtuhnya Formwork Pierhead Tol BORR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Komite Keselamatan Konstruksi (Komite K2) dan Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) telah melakukan evaluasi atas…