Wujudkan Pandeglang Destinasi Pariwisata Nasional

Oleh : Herry Barus | Selasa, 28 Maret 2017 - 15:15 WIB

KEK Tanjung Lesung Pandeglang Banten
KEK Tanjung Lesung Pandeglang Banten

INDUSTRY.co.id - Pandeglang- Bupati Pandeglang, Provinsi Banten Irna Narulita mengajak seluruh elemen di daerah itu, termasuk masyarakat, untuk menjadikan daerah itu sebagai destinasi pariwisata nasional.

"Kita memiliki objek wisata cukup banyak dan bagus-bagus, jadi sangat potensial daerah ini menjadi destinasi pariwisata nasional," katanya di Pandeglang, Senin (27/3/2017)

Pemkab Pandeglang, menjadikan keinginan menjadikan daerah itu sebagai destinasi pariwisata nasional sebagai tema pada peringatan HUT ke-137 Kabupaten Pandeglang yang akan diperingai pada 1 April 2017.

Irna juga menyatakan telah menetapkan dua kecamatan yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), yakni Kecamatan Sumur dan Cimanggu sebagai destinasi wisata.

"Kita tetapkan sebagai destinasi wisata dan sudah direncanakan untuk dikembangkan," katanya.

Kedua kecamatan tersebut memiliki keindahan laut yang tak kalah dengan Raja Ampat di Papua dan memiliki ekosistem flora dan fauna yang sangat baik, apalagi sudah ditetapkannya Tanjung Lesung sebagai KEK (Kawasan Ekonomi Khusus).

Data dari Dinas Pariwisata menyebukan, di daerah itu terdapat tujuh kawasan wisata,, yakni kawasan Gunung Karang, kawasan Carita, kawasan Laba, kawasan Tanjung Lesung, kawasan Cikeudal, kawasan Ujung Kulon dan kawasan Pantai Selatan.

Pada kawasan Gunung Karang, selain terdapat panorama alam yang masih alami juga ada objek wisata Cikoromoy yang merupakan pemandian dengan mata air dari gunung.

Kemudian, di kawasan Gunung Karang juga terdapat pemandian air panas Cisolong serta pemandian dan situs Cihunjuran.

Di kawasan Carita, terdapat objek wisata Pantai Carita yang telah terkenal hingga mancanegara serta objek wisata religius Penziarahan Caringin.

Sedangkan di kawasan Laba, terdapat objek wisata Pantai Laba, dan kawasan Tanjung Lesung ada Pantai Tanjung Lesung dan saat ini telah ditetapkan sebagai lokasi pembangunan kawasan ekonomi khusus (KEK) pariwisata oleh pemerintah pusat.

Kawasan Cikeudal, terdapat Situ Cikeudal, di kawasan Ujung Kulon terdapat Taman Nasional Ujung Kulon yang merupakan hutan tropis terbesar di Pulau Jawa dan menjadi habitat badak jawa atau badak bercula satu yang merupakan salah satu hewan sangat langka.

“Hadirnya Kawasan Ekonomi Khusus seperti Tanjung Lesung bisa mendongkrak  laju pertumbuhan perekonomian mencapai 5-6 persen. Tidak mustahil dengan pembangunan KEK bisa mendongkrak PAD hingga Rp 270 miliar yang saat ini hanya Rp 188 miliar,” kata Bupati Pandeglang Irna Nurlita dalam sebuah kesempatan berberapa waktu lalu.

Pemkab Pandeglang pun akan mendorong masyarakat sekitar untuk sadar wisata, yakni menggeliatkan kerajinan-kerajinan lokal setempat, pembangunan UKM, penyediaan ribuan  homestay bagi wisatawan. Selain itu, menurutnya Pandeglang juga memiliki 256 potensi objek pariwisata yang indah, dan 251 seni budaya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sabtu, 20 April 2024 - 07:24 WIB

Leet Media Luncurkan “Pertamina Renjana Cita Srikandi” yang disupport oleh Pertamina, Siap Dukung Pemberdayaan Perempuan

Dalam rangka mendorong pemberdayaan perempuan Indonesia, Leet Media dengan bangga mempersembahkan Pertamina Renjana Cita Srikandi, yang akan dilaksanakan pada tanggal 17-19 Mei 2024 di Senayan…

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Sabtu, 20 April 2024 - 06:12 WIB

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, "Ramela - Cultural Taste of Indonesia". Restoran ini akan menjadi…

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Sabtu, 20 April 2024 - 05:12 WIB

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Menjelang acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Logistik Komandan Korps Marinir (Aslog Dankormar) dilaksanakan memorandum Serah Terima Jabatan dari pejabat lama Kolonel Marinir Tri Subandiyana,…

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Sabtu, 20 April 2024 - 05:04 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Perdana Menteri Inggris Raya (1997-2007) dan Executive Chairman Tony Blair Institute, Mr. Tony Blair, di Kementerian Pertahanan, Jakarta,…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Sabtu, 20 April 2024 - 04:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri Rapat Koordinasi membahas perkembangan situasi di Papua dan Rapat Koordinasi membahas penyelesaian masalah lahan antara Pemda Sumatera Selatan…