Informasi Manfaat Sawit Bagi Perekonomian

Oleh : Wiyanto | Sabtu, 29 Februari 2020 - 11:52 WIB

Kepala Divisi Perusahaan BPDPKS Achmad Maulizal Sutawijaya, Kepala Sekolah MAN Insan Cendekia dan Pimred Warta Ekonomi
Kepala Divisi Perusahaan BPDPKS Achmad Maulizal Sutawijaya, Kepala Sekolah MAN Insan Cendekia dan Pimred Warta Ekonomi

INDUSTRY.co.id - Tenggerang Selatan - Isu sawit sangat menarik diperbincangkan, tidak hanya di kalangan pengusaha sawit dan pemerintah, juga masuk ke ranah pelajar. Ini bagian dari edukasi ke pelajar tentang fakta dan manfaat sawit bagi perekonomian dan konsumsi bahkan kosmetik di Indonesia dan belahan dunia lainnya.

Kepala Divisi Perusahaan BPDPKS Achmad Maulizal Sutawijaya mengatakan, pelajar harus faham tentang sawit punya banyak manfaat dan tidak termakan isu negatif sawit. Maka, pelajar diharapkan tidak termakan isu negatif kalau sawit berbahaya bagi lingkungan, kesehatan. Kenyataannya sawit banyak manfaat.

"Sawit dianggap berbaya bagi lingkungan, kekeringan, sawit berbahaya bagi orang hutan dan sawi bahaya bagi kesehatan. Padahal enggak," kata dia pada acara Palm Oil Edu Talk to School di Tanggerang Selatan, Sabtu (29/2/2020).

Ia menjelaskan tujuan diadakan kegiatan edukasi ke pelajar khususnya MAN Insan Cendekia Tanggerang Selatan, diharapkan terciptanya pemahaman yang baik tentang sawit sejak dini.

"Tujuan ke kampanye positif dan hal sebenarnya tentang manfaat kepala sawit," katanya.

Menurutnya, manfaat sawit bisa membantu perekonomian karena ekspor sawit menghasilkan devisa ke Indonesia yang cukup besar. Sekitar 35 juta ton sawit diekspor setara US$19 miliar atau devisa Rp320 triliun.

Perlu diketahui juga, lanjut dia, sawit dapat dijadikan substitusi energi terutama ke solar atau disebut biodiesel. Yang kini sudah diarahkan ke B30 persen.

"Program peremajaan sawit berupa insentif, hilirisasi sawit jadi B30," katanya.

Indonesia adalah produsen dan pengekspor terbesar kelapa sawit di dunia. Komoditas kelapa sawit menjadi salah satu penyumbang devisa terbesar bagi negara.

Menurut catatan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), nilai sumbangan ekspor minyak kelapa sawit mencapai Rp260,167 triliun. Sementara tenaga kerja yang terserap di indutri sawit sekitar 4,6 juta orang yang dipekerjakan oleh 2,3 juta usaha tani di bidang kelapa sawit.

Bagi masyarakat Indonesia, kemanfaatan dari produk-produk sawit dan turunannya sudah menjadi keseharian. Seperti produk kecantikan dan kosmetik, makanan dan bahan makanan berkualitas, serta energi terbarukan. Contoh produk makanan dari sawit berupa minyak goreng, margarin, mentega, hingga mi instan. Produk kecantikan dan kosmetik berupa lipstik, sampo, hingga sabun. Adapun energi terbarukan yang dihasilkan dari sawit berupa biodiesel.

Makin inovatif pengolahan sawit dalam mencetak produk-produk turunannya, maka peluang untuk membuka bisnis baru, pasar baru, dan peluang kerja baru makin terbuka lebar. Sepuluh tahun ke depan, milenial akan memasuki pasar tenaga kerja dan menjadi pelaku bisnis potensial yang dapat mengembangkan industri sawit.

Untuk menyosialisasikan dan mengedukasi masyarakat khususnya milenial tentang sawit dan pentingnya komoditas ini bagi masyarakat dan negara, Badan Pengelolaan Dana Perusahaan Kelapa Sawit (BPDPKS) bekerja sama dengan Warta Ekonomi mengadakan Palm Oil Edu Talk to School di MAN Insan Cendekia, Serpong, Tangerang Selatan, Sabtu, 29 Februari 2020.

BPDPKS merupakan Badan Layanan Umum (BLU) di bawah Kementerian Keuangan yang memiliki visi menjadi badan pengelola dana yang terpercaya dalam pengembangan sawit berkelanjutan sebagai komoditas strategis nasional untuk kesejahteraan rakyat Indonesia.

Palm Oil Edu Talk to School mengundang narasumber Kepala Divisi Perusahaan BPDPKS Achmad Maulizal Sutawijaya, Ketua Bidang Komunikasi GAPKI Tofan Mahdi, dan Head of Corporate Communications Sinar Mas Agribusiness and Food Wulan Suling. Sekitar 300 peserta siswa-siswi dan guru dari sejumlah sekolah menengah atas (SMA) di Tangerang Selatan dan Tangerang mengikuti talkshow dan kegiatan menarik lainnya seperti fun games dan lomba foto Instagram.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…