Bisnis Agro Peluang Besar Lewat E Commerce

Oleh : Wiyanto | Selasa, 25 Februari 2020 - 19:37 WIB

Diskusi Pertanian di Kampus Binus Alam Sutera Tanggerang Selatan
Diskusi Pertanian di Kampus Binus Alam Sutera Tanggerang Selatan

INDUSTRY.co.id - Tanggerang Selatan - Generasi milenial dari kalangan mahasiswa didorong berbisnis agro, tidak hanya sebagai petani, tetapi bisa dijadikan agro wisata atau memasarkan hasil pertanian.

Kementerian Pertanian bekerja sama dengan Warta Ekonomi menggelar Talkshow with Milea (Milenial & Agripreneur) dengan tema Peluang Bisnis Generasi Milenial pada Sektor Agribisnis di Kampus Binus University, Serpong, Selasa (25/2/2020).

Kegiatan yang dihadiri 200 peserta mahasiswa ini dimaksudkan untuk meningkatkan perhatian kaum milenial terhadap industri pertanian. Sebab 15 tahun ke depan, 34 persen penduduk Indonesia adalah generasi milenial yang identik dengan generasi digital. Mereka dapat aktif berperan mempertahankan industri pertanian dengan memanfaatkan peluang bisnis yang dikombinasikan dengan teknologi yang berkembang saat ini.

.

“Menurut data Badan Pusat Statistik, petani di Indonesia 65 persennya berusia di atas 45 tahun. Baru 15,2 persen petani yang menggunakan internet. Padahal pengguna internet dan pengguna gadget kita termasuk yang terbesar. Untuk itulah kita ingin milenial menjadi pengusaha di bidang pertanian dengan memanfaatkan teknologi ini,” kata CEO & Chief Editor Warta Ekonomi, Muhammad Ihsan.

Target pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia pada tahun 2045 seperti yang dicita-citakan Presiden Joko Widodo bisa jadi hanya khayalan jika pertanian dan agribisnis tidak lagi dilirik sebagai pekerjaan menjanjikan oleh generasi milenial. Satu-satunya jalan untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengajak kaum milenial turut aktif di sektor pertanian.

“Kalau dibilang pertanian itu bukan pekerjaan menjanjikan bagi milenial, justru terbalik. Sektor pertanian kita cukup baik. Kita lihat dari neraca perdagangan yang positif dengan kontribusi besar dari sektor pertanian,” kata Kabiro Humas dan Informasi Kementerian Pertanian, Kuntoro Boga Andri.

Untuk meningkatkan produksi pertanian, Kementerian Pertanian kini mengembangkan pusat data berbasis teknologi, Agriculture War Room, yang akan menyajikan single data mengenai lahan dan produksi serta melakukan kontrol terhadap pembangunan pertanian. “Pertanian sekarang bukanlah sektor yang dianggap rendah tetapi sektor yang menjanjikan,” katanya.

Selain Kabiro Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian Kuntoro Boga Andri dan CEO & Chief Editor Warta Ekonomi Muhamad Ihsan, kagiatan ini juga menghadirkan Binus Incubator Coach Gatot Hendra Prakoso dan Head of Partnership and Social Impact Tanihub Group Deeng Sanyoto.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.