Bisnis Agro Peluang Besar Lewat E Commerce

Oleh : Wiyanto | Selasa, 25 Februari 2020 - 19:37 WIB

Diskusi Pertanian di Kampus Binus Alam Sutera Tanggerang Selatan
Diskusi Pertanian di Kampus Binus Alam Sutera Tanggerang Selatan

INDUSTRY.co.id - Tanggerang Selatan - Generasi milenial dari kalangan mahasiswa didorong berbisnis agro, tidak hanya sebagai petani, tetapi bisa dijadikan agro wisata atau memasarkan hasil pertanian.

Kementerian Pertanian bekerja sama dengan Warta Ekonomi menggelar Talkshow with Milea (Milenial & Agripreneur) dengan tema Peluang Bisnis Generasi Milenial pada Sektor Agribisnis di Kampus Binus University, Serpong, Selasa (25/2/2020).

Kegiatan yang dihadiri 200 peserta mahasiswa ini dimaksudkan untuk meningkatkan perhatian kaum milenial terhadap industri pertanian. Sebab 15 tahun ke depan, 34 persen penduduk Indonesia adalah generasi milenial yang identik dengan generasi digital. Mereka dapat aktif berperan mempertahankan industri pertanian dengan memanfaatkan peluang bisnis yang dikombinasikan dengan teknologi yang berkembang saat ini.

.

“Menurut data Badan Pusat Statistik, petani di Indonesia 65 persennya berusia di atas 45 tahun. Baru 15,2 persen petani yang menggunakan internet. Padahal pengguna internet dan pengguna gadget kita termasuk yang terbesar. Untuk itulah kita ingin milenial menjadi pengusaha di bidang pertanian dengan memanfaatkan teknologi ini,” kata CEO & Chief Editor Warta Ekonomi, Muhammad Ihsan.

Target pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia pada tahun 2045 seperti yang dicita-citakan Presiden Joko Widodo bisa jadi hanya khayalan jika pertanian dan agribisnis tidak lagi dilirik sebagai pekerjaan menjanjikan oleh generasi milenial. Satu-satunya jalan untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengajak kaum milenial turut aktif di sektor pertanian.

“Kalau dibilang pertanian itu bukan pekerjaan menjanjikan bagi milenial, justru terbalik. Sektor pertanian kita cukup baik. Kita lihat dari neraca perdagangan yang positif dengan kontribusi besar dari sektor pertanian,” kata Kabiro Humas dan Informasi Kementerian Pertanian, Kuntoro Boga Andri.

Untuk meningkatkan produksi pertanian, Kementerian Pertanian kini mengembangkan pusat data berbasis teknologi, Agriculture War Room, yang akan menyajikan single data mengenai lahan dan produksi serta melakukan kontrol terhadap pembangunan pertanian. “Pertanian sekarang bukanlah sektor yang dianggap rendah tetapi sektor yang menjanjikan,” katanya.

Selain Kabiro Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian Kuntoro Boga Andri dan CEO & Chief Editor Warta Ekonomi Muhamad Ihsan, kagiatan ini juga menghadirkan Binus Incubator Coach Gatot Hendra Prakoso dan Head of Partnership and Social Impact Tanihub Group Deeng Sanyoto.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Asuransi Ilustrasi

Minggu, 05 April 2020 - 19:33 WIB

AAJI Minta OJK Izinkan Penjualan PAYDI Tanpa Pertemuan Langsung

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) meminta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk memberikan relaksasi kepada perusahaan asuransi jiwa yang memasarkan Produk Asuransi Yang Dikaitkan Dengan…

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih

Minggu, 05 April 2020 - 19:02 WIB

Kemenperin Identifikasi Tantangan dan Kerugian IKM Komponen Otomotif Imbas Pandemi Covid-19

Kementerian Perindustrian terus berupaya mendampingi dan mendukung keberlangsungan industri kecil dan menengah (IKM) dalam menghadapi dampak dari pandemi Covid-19 di Indonesia.

Heru Kristiyana, Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK (Foto Ist)

Minggu, 05 April 2020 - 18:47 WIB

Penyelamatan Perbankan Bisa Dipercepat Ketahuan Tidak Sehat

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai adanya Perpu 1 2020, sebagai alat penyelamatan dini terhadap lembaga keuangan seperti perbankan agar tetap sehat sebelum goyang.

Chairman ITBC dan juga menjabat Ketua Harian Kadin-Komite Taiwan, Rini Lestari bersama Ketua KADIN- Komite Taiwan, Setyono Djuandi Darmono

Minggu, 05 April 2020 - 18:05 WIB

ITBC, ICATI, dan KSPK Gandeng Kadin-Komite Taiwan Dukung Tim Medis Lawan Covid-19

Indonesia Taiwan Business Council (ITBC) menggandeng ICATI (Ikatan Citra Alumni Taiwan seIndonesia) Jakarta dan Komunitas Sahabat Pelita Kasih (KSPK) menggalang dana untuk mendukung dan memberikan…

Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh

Minggu, 05 April 2020 - 17:45 WIB

Dewan Pers Minta Pemerintah Kucurkan Stimulus untuk Perusahaan Pers

Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh mengusulkan kepada pemerintah untuk memberi stimulus pada perusahaan pers, berupa subsidi pembelian bahan baku (kertas) serta pemberian keringan pajak.