Kualitas Beberapa Tol Layang yang Dibangun BUMN Karya Dinilai Buruk

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 19 Februari 2020 - 07:27 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Komisi VI Mufti Anam mengkritisi buruknya kualitas tol layang Jakarta-Cikampek yang dibangun oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk pada Senin (17/2), sebagaimana melansir dari laman CNN Indonesia (Selasa, 18/02/20200.

Pada rapat dengar pendapat dengan PT Wijaya Karya (Persero), PT Hutama Karya (Persero), PT Waskita Karya (Persero) Tbk, PT Adhi Karya (Persero) Tbk dan PT Pembangunan Perubahan (Persero) Tbk tersebut Mufti mempertanyakan perencanaan yang dilakukan oleh perusahaan pelat merah tersebut.

"Tol layang Jakarta-Cikampek kilometer 9-28 adalah tol terburuk yang pernah saya lalui, membahayakan, ada 4 sampai 5 kendaraan yang mengalami kecelakaan, kenapa bisa terjadi?" ungkap anggota dari fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut.

Senada, keprihatinan yang sama juga disampaikan oleh anggota dari fraksi Partai Nasdem Percha Leanpuri. Dia menyebut lintasan jalan tol trans Sumatera khususnya di daerah Lampung tak maksimal sebab dirinya menemukan perbaikan di sepanjang jal tol meski baru diresmikan tak lama.

Selain kualitas, Percha juga mempertanyakan kajian keselamatan yang dilakukan oleh Hutama Karya sebab dia menilai minimnya rambu jalan di sepanjang jalan tol membahayakan keselamatan pengguna Trans Sumatera.

"Kunjungan kerja di Lampung saya mencoba hasil kerja dari Hutama Karya, (Trans Sumatera) memang sudah beroperasi tapi banyak perbaikan. Baru operasi sudah banyak perbaikan," kritiknya kepada Direktur Utama lima perusahaan BUMN Karya tersebut.

Di kesempatan yang sama, anggota DPR dari fraksi Gerindra Zuristyo heran dengan tingginya material baja dan besi yang diimpor oleh perusahaan-perusahaan pelat merah itu. Dia menyebut 90 persen dari bahan baku baja dan besi BUMN konstruksi diimpor dari luar.

Dia mengatakan penggunaan bahan baku industri murah dari luar mematikan perusahaan BUMN lainnya seperti PT Krakatau Steel (Persero) yang memproduksi baja.

"90 persen BUMN konstruksi impor, tidak menggunakan produksi dalam negeri sehingga Krakatau Steel terus merugi. Apakah ini bagian sesama perusahaan BUMN bersinergi?" ujarnya.

Seperti diketahui pada Januari lalu PT Krakatau Steel (Persero) Tbk melakukan restrukturisasi utang perseroan setelah perusahaan menunggak sebesar US$2,2 mliar atau setara Rp30 triliun (kurs Rp13.663 per dolar As) per kuartal III 2019.

Restrukturisasi utang terbesar yang melibatkan 10 bank nasional, bank swasta nasional dan bank swasta asing tersebut ditempuh demi menyelamatkan perseroan dari kebangkrutan. Diproyeksikan dengan proses ini utang perseroan akan lunas pada 2027.

"Proyek restrukturisasi ini akan berlangsung selama sembilan tahun, jangka panjang. Diharapkan operasi perusahaan menjadi lebih baik," ujar Direktur Utama Krakatau Steel Silmy Karim beberapa waktu lalu. (sumber: CNN Indonesia).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

#samasamadirumah hastag viral aplikasi tiktok

Rabu, 08 April 2020 - 00:05 WIB

Hastag #SamaSamaDiRumah Dilihat 800 juta kali, Berikut 6 Konten Keseruan di Aplikasi TikTok

Sembari mengikuti anjuran pemerintah untuk di rumah selama pandemi COVID-19 ini, TikTok menyajikan beberapa konten dan program dalam #SamaSamaDiRumah. Di TikTok, hashtag ini ternyata sudah mendapat…

On Robot

Selasa, 07 April 2020 - 22:25 WIB

OnRobot Soft Gripper Brings Highly Flexible, Food-Grade-Certified Handling to Challenging Pick-and-Place Applications

The new OnRobot food-grade Soft Gripper is able to pick a wide array of irregular shapes and delicate items in food and beverage, cosmetics and pharmaceuticals production, as well as manufacturing…

Atal Depari Ketum PWI

Selasa, 07 April 2020 - 22:15 WIB

Lindungi Wartawan, Ketum PWI Atal Depari: Panduan Peliputan Wabah Covid-19 Berlaku Mulai Rabu 8 April 2020

Wartawan yang akan meliput wabah Covid-19 harus memiliki pengetahuan yang memadai mengenai Covid-19. Selain itu wartawan yang sedang dalam status diduga atau dalam pengawasan penyakit Covid-19…

Prajogo Pangestu

Selasa, 07 April 2020 - 21:36 WIB

Tambah Rp10 miliar, Total Gelontoran Sumbangan Covid-19 Prajogo Pangestu Capai Rp40 miliar

Prajogo Pangestu, Founder dan Chairman Barito Pacific Group kembali menyalurkan bantuan untuk penanganan pandemi COVID-19 sebesar Rp 10 Miliar. Bantuan dikirimkan ke Yayasan BUMN Hadir Untuk…

Kuehne + Nagel

Selasa, 07 April 2020 - 21:05 WIB

Kuehne + Nagel launches eShipAsia to meet the logistics needs of Intra-Asia shippers

Kuehne + Nagel launches eShipAsia – an online logistics platform enabling Intra-Asia shippers to optimise every shipment based on the route, transit time and cost instantly.