Proposal Perdamaian AS Dinilai Legitimasi Penjajahan Israel atas Pelestina

Oleh : Wiyanto | Rabu, 05 Februari 2020 - 18:12 WIB

Ketua Adara Relief International Nurjanah Hulwani
Ketua Adara Relief International Nurjanah Hulwani

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Indonesia menolak proposal perdamaian Timur Tengah yang diumumkan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang bertajuk Deal of the Century pada 28 Januari 2020.

Menurut Ketua Adara Relief International Nurjanah Hulwani, Deal of Century semakin melegitimasi penjajahan Israel atas tanah bangsa Palestina. Negara Palestina baru yang diusulkan pada Deal of the Century adalah negara semu karena dibentuk dari beberapa wilayah yang terpisah-pisah.

Selain itu, pada Deal of The Century persenjataan militer Palestina akan dilucuti. “Melucuti persenjataan militer Palestina sama dengan menghapus unsur penting sebuah negara yang berkewajiban melindungi warga negaranya, terutama termasuk di antaranya perempuan dan anak-anak,” ungkap Nurjanah dalam siaran pers di Jakarta, Rabu (5/2/2020).

Tak kalah penting, Deal of the Century ala Trump ini juga melanggar Resolusi PBB. “Tentang hak kembali para pengungsi diinjak-injak, karena Deal of Century menghapus hak kembali para pengungsi ke tanah asal mereka,” terang Nurjanah.

Deal of the Century juga menetapkan Jerusalem sepenuhnya sebagai ibukota Israel dengan tetap menjamin Umat Islam aman mendatangi Masjid Al-Aqsa. Hal ini, tegas Nurjanah, merupakan klaim sepihak dan janji-janji manis untuk melegalkan perampasan dan penjajahan atas Masjid Al-Aqsa.

Soal janji manis investasi 50 Miliar USD untuk pembangunan Palestina dinilai Nurjanah tidak sebanding dengan penderitaan lebih dari 100 tahun bangsa Palestina.

Pada kesempatan ini Adara dan FOLPIP berharap daftar panjang kejahatan kemanusiaan Israel atas bangsa Palestina segera dihentikan dan diproses secara hukum dengan seadil-adilnya.

Adara Relief International bersama FOLPIP menghimbau kepada semua pihak, secara lokal atau regional dan internasional untuk terus mendukung kedaulatan dan kemerdekaan Bangsa Palestina, membela hak-hak kaum terjajah dan segera menghentikan penjajahan serta kezhaliman Israel terhadap Bangsa Palestina.

“Perdamaian dunia akan benar-benar tercipta bila penjajahan di atas bumi berhasil dihapuskan,” kata Nurjanah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki

Selasa, 17 Mei 2022 - 11:10 WIB

Menteri Teten Identifikasi Koperasi yang Siap Produksi Minyak Goreng

Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki terus mengidentifikasi koperasi-koperasi yang memungkinkan untuk memproduksi minyak goreng sehingga setidaknya bisa memberikan alternatif pasokan…

Juru bicara pemerintah untuk Presidensi G20 Indonesia Maudy Ayunda

Selasa, 17 Mei 2022 - 11:08 WIB

Maudy Ayunda Beberkan Tiga Isu Transisi Energi yang Bakal Diangkat dalam Presidensi G20 Indonesia

Sebagai salah satu isu prioritas Presidensi G20 Indonesia, pemerintah menyoroti dampak perubahan iklim yang diakibatkan oleh sektor energi yang relevan dalam keseharian masyarakat.

Pakaian Tradisional Jepang, Yukata dan Kimono (Foto: saibumi.com)

Selasa, 17 Mei 2022 - 11:00 WIB

Jepang Pertimbangkan Buka Kunjungan Wisatawan Pada Juni 2022

Pandemi dua tahun ini membuat Jepang menutup perbatasannya untuk wisatawan asing. Tetapi, baru-baru ini Jepang telah dibuka pada April untuk beberapa penduduk luar negeri misalnya, pelancong…

Juru bicara pemerintah untuk Presidensi G20 Indonesia Maudy Ayunda

Selasa, 17 Mei 2022 - 10:55 WIB

Jubir G20 Maudy Ayunda Ungkap Pentingnya Ekosistem Kendaraan Listrik

Penggunaan kendaraan listrik dan infrastruktur pengisian baterai bahkan mendai keseriusan pemerintah dalam menjalankan transisi energi berkelanjutan dan berkesibambungan.

Tambang Batubara (ist)

Selasa, 17 Mei 2022 - 10:44 WIB

Pasokan Batubara Dunia Melimpah, HBA Mei Turun Jadi USD275,64 per Ton

Harga Batubara Acuan (HBA) bulan Mei 2022 turun USD12,76 dari bulan sebelumnya ke angka USD275,64 per Ton. Penurunan HBA bulan Mei 2022 disebabkan oleh meningkatnya jumlah pasokan batubara dunia,…