Tahun 2019, Penjualan Lahan Kawasan Industri Naik 50 Persen

Oleh : Ridwan | Kamis, 30 Januari 2020 - 16:30 WIB

Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri (HKI) Sanny Iskandar (Foto: Herlambang/Industry.co.id)
Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri (HKI) Sanny Iskandar (Foto: Herlambang/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id

Jakarta - Penjualan lahan kawasan industri pada tahun 2019 meningkat tajam hingga 50 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri (HKI) Sanny Iskandar saat ditemui Industry.co.id seusai acara Dialog Nasional di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (30/1/2020).

"Tahun 2019 penjualan lahan meningkat 50 persen dari tahun lalu atau sekitar 270 ha," kata Sanny.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh HKI, angka penjualan lahan kawasan industri pada tahun 2018 jumlahnya mencapai 180 hektare (ha).

Menurut Sanny, meningkatnya penjualan lahan kawasan industri karena didukung oleh keberlanjutan program-program perbaikan dari pemerintah. Apalagi gelaran Pemilu 2019 berjalan aman dan lancar.

"Setelah dipastikan Pemilu berjalan baik, para investor mulai melanjutkan kontrak-kontrak negoisasi dan investasi," terangnya.

Sanny optimis tahun 2020, angka penjualan lahan kawasan industri akan semakin meningkat. Pasalnya, sudah ada beberapa industri besar yang telah menyatakan minatnya untuk berinvestasi di Indonesia.

"Salah satu contohnya kan ada Hyundai yang sudah masuk ke Deltamas, Cikarang. Dan juga ada beberapa imvestor besar dari industri makanan dan minuman, dan industri data center (Amazon)," terang Sanny.

Seperti diketahui, Hyundai Motor Company (HMC) akan realisasikan komitmen investasi di Indonesia sebesar US$ 1,5 miliar di tahun ini mulai bulan Maret mendatang. Investasi sebesar US$ 1,5 miliar adalah untuk pembangunan pabrik baru Hyundai dalam dua tahap. Tahap pertama akan dikerjakan pada periode 2019-2021 dan tahap kedua pada periode 2022 - 2030

Tak hanya Hyundai, perusahaan penyedia layanan komputasi awan asal Amerika Serikat, Amazon Web Services (AWS) juga akan menanamkan invetasi di Indonesia.

Perusahaan yang merupakan divisi layanan teknologi milik Amazon ini akan membuka kawasan infrastruktur atau AWS region di Jakarta pada akhir tahun 2021 atau awal 2022.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, pemerintah bertekad untuk terus menciptakan iklim investasi yang kondusif, salah satunya melalui pemberian kemudahan perizinan usaha dan insentif.

"Berdasarkan implementasi peta jalan Making Indonesia 4.0, salah satu program prioritasnya adalah pengembangan kawasan industri terpadu," jelasnya.

Melihat antusiasme dari para investor yang ingin mengembangkan usahanya, menurut Menperin, pemerintah juga siap menyambut dengan membangun infrastruktur yang terintegrasi, pembukaan kawasan industri baru, dan menyediakan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten untuk memenuhi kebutuhan sektor industri.

"Ini yang menjadi tugas kami untuk mendorong peningkatan investasi di sektor industri," terangnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BRI pastikan narasi ini hoax

Rabu, 24 April 2024 - 15:35 WIB

BRI Pastikan Hoax Berita Uang Nasabah Hilang Akibat Bansos Saat Pemilu

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) kembali diterpa hoax. Itu dipastikan narasi di media sosial tidaklah benar.

Prabowo dan Gibran (foto Istimewa)

Rabu, 24 April 2024 - 13:06 WIB

KPU: Prabowo-Gibran, Presiden & Wapres Terpilih

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka secara sah dan resmi ditetapkan sebagai pasangan Presiden dan Wakil Presiden RI untuk Tahun 2024-2029. Ketetapan tersebut disampaikan langsung oleh…

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Rabu, 24 April 2024 - 13:00 WIB

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendukung rencana pagelaran fashion show, 'Keindahan Karya Kain. Tenun dan Batik Ku Indonesia', oleh Dian Natalia Assamady.…

Kusnanto Saidi

Rabu, 24 April 2024 - 12:05 WIB

Salah Sebut Data LHKPN Kusnanto Saidi, Ini Kata Pengamat

Muncul pemberitaan Direktur RSUD Chasbullah Abdul Majid Kota Bekasi Dr. dr. Kusnanto Saidi, MARS yang tidak melaporkan harta kekayaan dalam 2 tahun terakhir. Menyikapi hal tersebut, pengamat…

Edukasi Keuangan Pegadaian

Rabu, 24 April 2024 - 11:33 WIB

Peringati Hari Kartini, PT Pegadaian Laksanakan Kegiatan Edukasi Keuangan Perempuan

Dalam rangka memperingati Hari Kartini, PT Pegadaian dukung Kegiatan Edukasi Keuangan bertema "Perempuan Cerdas Keuangan, Perempuan Indonesia Hebat" yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan…