Hutama Karya-BPJT dan Korlantas Tindak Kendaraan yang Tak Taat Aturan

Oleh : Herry Barus | Senin, 27 Januari 2020 - 14:41 WIB

Hutama Karya-BPJT dan Korlantas Tindak Kendaraan yang Tak Taat Aturan
Hutama Karya-BPJT dan Korlantas Tindak Kendaraan yang Tak Taat Aturan

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) berkolaborasi dengan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menunjukkan komitmennya dalam untuk menegakkan aturan berkendara dengan selamat di jalan tol yang dikelolanya dengan menggalakkan kampanye peningkatan kesadaran keselamatan dalam berkendara di jalan tol.

Kampanye bertajuk SETUJU yang merupakan singkatan dari “Selamat Sampai Tujuan” ini sebelumnya telah diluncurkan sejak bulan Desember tahun 2019 lalu.

Bertempat di ruas tol Akses Tanjung Priok KM60, Senin (27/1/2020) Hutama Karya bersama dengan BPJT, Dirjen Jalan Bebas Hambatan Kementerian PUPR, Korlantas, serta Asosiasi Tol Indonesia (ATI) melakukan kick off kampanye setuju tahap dua yang diiringi dengan penindakan tegas bagi pengemudi yang melanggar aturan berkendara di jalan tol salah satunya adalah membawa kendaraan dengan muatan berlebih atau Over Dimension and Over Load (ODOL).

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala BPJT, Danang Parikesit; Sekretaris Jendral ATI, Kris Ade; Perwakilan Direktorat Jalan Bebas Hambatan Kementerian PUPR, Wahyudi; Direktur Human Capital & Pengembangan Hutama Karya, Putut Ariwibowo; Execuitve Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya, J. Aries Dewantoro serta perwakilan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) lainnya.

Menariknya dalam Kampanye SETUJU lanjutan ini sejalan dengan tujuan untuk mendukung Tahun Dekade Aksi Keselamatan di Jalan Tol dengan mengajak pengemudi bersepakat bahwa keselamatan adalah nomor satu.

Tidak hanya itu, implementasi SETUJU yang dilakukan oleh Hutama Karya dan BPJT ini menyusul telah dikeluarkannya Nota Kesepahaman tentang Pelaksanaan Pelayanan Bersama, Pengamanan, dan Penegakan Hukum pada Jalan Tol di seluruh Indonesia antara BPJT Kementerian PUPR, Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Asosiasi Jalan Tol Indonesia, dan Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Kepala BPJT Danang Parikesit menyatakan bahwa berkat sosialisasi masif yang sudah dilakukan sebelumnya oleh para BUJT termasuk Hutama Karya, tingkat pelanggaran dapat dikatakan menurun dan tingkat kepatuhan pengemudi meningkat.

“Kita lihat seperti pagi ini hanya ada 1 (satu) kendaraan golongan III yang melakukan praktik overdimension dan overload (ODOL) dimana kendaraannya hanya berkapasitas 48 ton mengangkut hingga 68 ton dan telah kami tindak tegas. Selain itu, kendaraan yang melintas masih dalam kondisi wajar. Ini berarti banyak pengemudi sudah memahami jika akan masuk ke jalan tol mereka harus memperhatikan kapasitas kendaraan. Ini juga menjadi bentuk dari upaya penegakan hukum di jalan tol yang telah kita sepakati bersama,” ujar Danang.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan serentak di seluruh ruas tol di Indonesia. “Pertama dimulai di ruas tol yang dikelola Hutama Karya, lalu bulan berikutnya akan bergilir ke seluruh BUJT,” imbuh Danang.

Executive Vice President Hutama Karya, J. Aries Dewantoro mengatakan bahwa Hutama Karya mendukung penuh pelaksanaan Kampanye SETUJU tahap 2 ini termasuk penindakannya. Berbeda dengan kampanye sebelumnya, guna mengoptimalisasi efektifitas kampanye, dalam pelaksanaannya kali ini Hutama Karya, BPJT dan ATI juga melakukan penindakan hukum yang cukup tegas terhadap pelanggaran yang terjadi di jalan tol dimanasalah satunya yang sedang menjadi perhatian saat ini adalah kendaraan Over Dimension dan Overload (ODOL).

“Ada 5 pesan kunci yang ingin kami sampaikan dalam kampanye kali ini yaitu setuju bahwa keselamatan adalah nomor satu, setuju untuk turunkan fatalitas kecelakaan di jalan tol, setuju untuk tertib kecepatan berkendara di jalan tol, setuju untuk tertib berkendara di jalan tol, dan setuju untuk tertib over dimensi menuju zero over load di jalan tol,” ujar Aries.

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa aksi kampanye dan penindakan ini akan dilaksanakan dengan cakupan wilayah yang lebih luas yaitu serempak di seluruh ruas tol yang dikelolanya yakni di ruas tol Medan-Binjai, Palembang-Indralaya, Bakauheni-Terbanggi Besar, hingga Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung untuk di wilayah Jalan Tol Trans Sumatra; serta ruas tol JORR Seksi S dan tol Akses Tanjung Priok di Wilayah Jawa.

“Jadi ini sesuai dengan pesan terakhir dari lima aksi setuju ya, yaitu setuju untuk tertib over dimensi menuju zero over load di jalan tol. Nah mulai hari ini hingga seterusnya, kami sudahmemberlakukan penindakan bagi pengemudi yang mengendarai kendaraan dengan kapasitasyang melebihi batas yang sudah ditentukan,” pungkas Aries menambahkan.

Kampanye SETUJU akan terus digaungkan oleh Hutama Karya, BPJT dan ATI hingga akhir tahun ini. Diharapkan dengan adanya sosialisasi yang masif diikuti dengan penindakan tegas

dan dukungan dari berbagai pihak seperti BPJT dan Korlantas, pengemudi dapat memahami bahaya mengendarai kendaraan dengan muatan berlebih yang dapat berdampak padameningkatnya potensi kecelakaan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…