RI - Hongaria Jejaki Peluang Kerjasama Beasiswa Hingga Pelatihan Sepakbola

Oleh : Ridwan | Kamis, 23 Januari 2020 - 20:30 WIB

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Perdana Menteri (PM) Hongaria, Viktor Orbán, di Istana Merdeka (Setkab)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Perdana Menteri (PM) Hongaria, Viktor Orbán, di Istana Merdeka (Setkab)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Perdana Menteri (PM) Hongaria, Viktor Orbán, di Istana Merdeka, Provinsi Jakarta, Kamis (23/1). 

Berbagai hal yang berkaitan dengan peningkatan hubungan bilateral menjadi agenda pembahasan di antaranya terkait peluang beasiswa dan pelatihan sepakbola bagi warga negara Indonesia (WNI) di Hongaria.

"Ini adalah bukan kunjungan yang pertama kalinya, kunjungan yang kedua kalinya. Dan antara dua pemimpin ini terjadi atau terdapat hubungan yang sangat baik. Jadi di dalam pertemuan yang kedua ini, beberapa hal dibahas," ujar Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi, menyampaikan keterangan usai pertemuan bilateral tersebut di Istana Merdeka. 

Hal pertama yang menjadi pembahasan, menurut Menlu, komitmen dari kedua pemimpin untuk terus meningkatkan hubungan bilateral. 

Dari segi jarak, sambung Menlu, Indonesia dengan Hongaria memiliki jarak yang jauh, tetapi jika dilihat dari substansi hubungan kedua negara semakin lama semakin meningkat.

"Nah, dengan jarak yang cukup jauh tersebut, maka hal yang pertama yang penting harus dilakukan adalah membangun hubungan people to people," tandas Menlu. 

Dalam kesempatan itu, Menlu menyampaikan bahwa membangun hubungan people to people contacts ini ada beberapa hal yang sudah dilakukan, antara lain adalah dari program beasiswa atau scholarship.

"Pemerintah Hongaria menyediakan one hundred (100) scholarship for Indonesian students, dan tadi dibahas mengenai bidang-bidang yang akan digunakan oleh para mahasiswa," ujar Menlu. 

Saat pertemuan bilateral tadi, menurut Menlu, Presiden menyampaikan beasiswa tersebut terkait dengan science, kemudian technology innovation, yang menjadi prioritas. 

Poin pembahasan kedua, menurut Menlu, dari pihak Hongaria berkomitmen untuk melakukan simplifikasi terhadap proses visa bagi warga negara Indonesia. 

"Yang ketiga, masih di people to people contact, kita memiliki kerja sama yang terkait dengan olahraga, yaitu pelatihan pemain sepak bola Indonesia di Hongaria," ujar Menlu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

NU CARE-LAZISNU dan Treasury

Senin, 24 Februari 2020 - 15:23 WIB

Kolaborasi NU CARE-LAZISNU dan Treasury Mempelopori Donasi Emas

Sebagai lembaga yang bergerak dibidang sosial, NU CARE-LAZISNU memiliki mimpi untuk turut mewujudkan kesejahteran umat dan masyarakat Indonesia, dengan menggunakan instrumen yang bisa memberikan…

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perhubungan, Carmelita Hartoto

Senin, 24 Februari 2020 - 14:50 WIB

Status Negara Berkembang Dicabut, Kadin Minta Pemerintah Perkuat Daya Saing

Langkah Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengeluarkan Indonesia dari status negara berkembang harus dipandang sebagai tantangan.

Ilustrasi properti di Kota Sydney

Senin, 24 Februari 2020 - 14:45 WIB

Perubahan Demografis Dorong Pergeseran Pasar Properti di Kota Sydney

Perubahan demografis telah mengubah tren properti di Australia. Diperkirakan pasar properti Negeri Kanguru itu bisa kembali bangkit sebagai salah satu destinasi investasi utama.

Economic Forum

Senin, 24 Februari 2020 - 14:33 WIB

Omnibus Law dan Transformasi Percepatan Ekonomi

Omnibus law tentang cipta lapangan kerja, omnibus law tentang perpajakan, omnibus law tentang usaha mikro kecil dan menengah serta omnibus law tentang perpindahan ibukota baru. Omnibus law yang…

Avrist Assurance Kembali Jadi Official Insurance Partner Java Jazz Festival 2020

Senin, 24 Februari 2020 - 14:21 WIB

Avrist Assurance Kembali Jadi Official Insurance Partner Java Jazz Festival 2020

Partisipasi Avrist Assurance ini sejalan dengan misinya untuk menyediakan satu polis bagi satu rumah tangga di Indonesia dan untuk melindungi masyarakat Indonesia ketika mereka mewujudkan aspirasi…