Kementan Antisipasi Dini Serangan Hama PBP Dengan Agens Hayati

Oleh : Wiyanto | Senin, 20 Januari 2020 - 10:30 WIB

Petani sedang menyiapkan agens hayati
Petani sedang menyiapkan agens hayati

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Hama Penggerek Batang Padi (PBP) salah satu hama utama yang sering menyerang tanaman padi, yang dapat menyebabkan kerusakan dari tingkat ringan, sedang, berat hingga puso. Hama PBP menyerang tanaman padi pada fase pertumbuhan vegetatif yang dikenal sebagai hama Sundep, dan menyerang tanaman pada fase pertumbuhan generatif dikenal dengan nama hama Beluk.

Untuk mengurangi tingkat kerusakan tanaman akibat serangan hama PBP ini, harus dilakukan antisipasi sejak dini dengan melakukan tindakan pengendalian yang tepat, salah satu tindakan antisipasi dini dengan menggunakan musuh alaminya, seperti melepas agens pengendali hayati PBP yaitu parasitoid telur yang dikenal dengan nama ilmiah Trichogramma sp.

Dua orang petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) dari Kecamatan Babelan, Dede Siti dan dari Kecamatan Cikarang Pusat Dede Zakaria mengungkapkan bahwa petani di wilayah kerjanya telah mencoba melakukan upaya pengendalian hayati dengan memasang pias-pias berisi telur parasitoid Trichogramma sp. dipertanaman padi sejak usia tanaman muda.

Cara antisipasi dini serangan PBP ini menjadi satu strategi pengendalian yang cukup efektif menekan perkembangan hama Sundep dan Beluk di Kelompok Tani Beting Jaya Desa Kedungjaya Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi.

Dijelaskan Dede Siti, petugas POPT yang mengawal pengamanan pertanaman padi di wilayah kecamatan Babelan bahwa pemilihan pemasangan pias Trichogramma dilakukan sebagai antisipasi adanya penerbangan ngengat-ngengat imago hama PBP di wilayah tersebut agar populasinya tidak berkembang lebih lanjut.

“Dari pengamatan kami, telah ada penerbangan ngengat imago hama PBP pada saat awal tanam padi, jadi untuk antisipasinya kami musyawarahkan bersama kelompok tani dan diputuskan untuk memasang pias-pias berisi telur Trichograma sp. di pertanaman padi muda”, jelas Dede Siti di Jakarta, Senin (20/1/2020).

Lebih lanjut diungkapkan oleh Dede Siti untuk mendapatkan pias berisi telur parasitoid Trichogramma sp. mereka langsung berkoordinasi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi dan diarahkan untuk mengambil di Laboratorium OPT Cibitung.

“Pemasangan pias berisi telur parasitoid Trichogramma sp. ini akan mengendalikan populasi awal hama PBP yang hadir di pertanaman padi. Penerbangan ngengat imago PBP biasanya akan diikuti dengan peletakan telur. Nah telur-telur PBP ini akan segera diparasit oleh imago-imago Trichogramma sp. yang menetas dari pias-pias yang sudah dipasang sejak awal di pertanaman padi, sehingga banyak telur hama PBP akan terparasit dan gagal menetas menjadi hama” demikian diterangkan oleh Dede Siti.

Senanda dengan ungkapan POPT Kecamatan Babelan, demikian pula yang disampaikan oleh POPT kecamatan Cikarang Pusat Dede zakaria, yang juga mendampingi Kelompok Tani Lemah Sugih III Desa Pasir Tanjung Kecamatan Cikarang Pusat menggunakan agens hayati parasitoid Trichogramma sp. sebagai pilihan untuk mengantisipasi dini perkembangan populasi hama PBP di wilayahnya.

“Kami dari Cikarang pusat telah mencoba membimbing petani untuk menggunakan cara pengendalian hayati dengan menggunakan agens hayati Trichogramma untuk mengendalikan hama PBP. Kami telah memasang pias-pias berisi telur parasitoid Trichogramma sp. untuk menangani kedatangan (penerbangan) hama PBP sejak awal tanam, dan hasilnya cukup efektif menghidarkan pertanaman terserang hama PBP, selain itu cara ini juga aman terhadap lingkungan, karena tidak menggunakan pestisida sehingga tidak menyebabkan kematian organisme berguna lainnya di lingkungan pertanaman dan produk padi yang dihasilkan juga aman dari racun pestisida”.

Kementerian Pertanian melalui Direktorat Perlindungan Tanaman Pangan menyatakan bahwa pihaknya terus menerus mendorong dan mendukung praktek-praktek kegiatan pengendalian organisme penggenggu tumbuhan (OPT) berbasis alami dengan menggunakan agens hayati sebagai bahan pengendaliannya.

Deddy Ruswansah, selaku Kepala Sub Direktorat Pengendalian OPT Serealia Direktorat Perlindungan Tanaman Pangan mengungkapkan pemasyarakatan Sistem Pengendalian Hama Terpadu (PHT) terus perlu terus diupayakan.

"Kita dorong, dan kita dukung agar menjadi ujung tombak bagi upaya-upaya pengendalian OPT untuk pengamanan produksi pangan kita, dan penggunaan agens hayati seperti Trichogramma sp. untuk mengendalikan hama PBP ini menjadi amunisi andalan, yang dapat mendukung tingkat produksi tinggi, aman dari serangan OPT dan bebas dari residu pestisida," ujarnya.

Pernyataan tersebut sesuai dengan harapan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo kepada semua jajaran Kementerian Pertanian dari pusat, daerah sampai petugas lapangan hendaknya dapat terus membimbing petani berinovasi cerdas, sederhana namun tepat guna, dengan mengoptimalkan dukungan sumberdaya alam yang ada seperti potensi pengembangan dan pemberdayaan agens hayati untuk mengendalikan OPT dan mendukung pengamanan produksi pangan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…