Bukukan Penjualan Rp460 Miliar dalam Tiga Bulan Terakhir, Crown Group Optimis Pasar Properti Australia Makin Cerah di 2020

Oleh : Ridwan | Senin, 13 Januari 2020 - 19:10 WIB

Infinity by Crown Group
Infinity by Crown Group

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Crown Group optimis pasar properti khususnya di Australia di tahun 2020 ini masih cerah. Dalam tiga bulan terakhir, pengembang terkemuka Australia ini sukses membukukan penjualan Rp 460 miliar.

Direktur Penjualan Crown Group, Prisca Edwards mengatakan, kepercayaan telah kembali ke pasar properti Australia, yang ditunjukan dengan hasil penjualan Crown Group.

Menurutnya, pemotongan suku bunga Reserve Bank tahun ini dan dimulainya musim penjualan pada musim semi-musim panas yang kuat secara tradisional telah membuat pembeli kembali ke dua pasar properti terbesar negara itu, Sydney dan Melbourne, serta pertumbuhan positif di Brisbane.

"Sydney menikmati minggu lelang tersibuk kedua tahun 2019 selama minggu kedua November, mencatat tingkat pembukaan (lelang) awal sebesar 81% dan 664 penjualan," katanya melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (13/1/2020).

Antrian pembeli dari musim dingin dan stok yang terbatas juga menyebabkan lonjakan harga di dua pasar properti terbesar Australia tersebut selama bulan Oktober, dengan nilai unit meningkat sebesar 1,85% dengan nilai median AUS$ 720.658 di Sydney dan 2,37% dengan nilai median AUS$ 558.254 di Melbourne.

Secara nasional, Prisca melihat, nilai hunian tumbuh sebesar 1,2%, yang terjadi selama empat bulan berturut-turut sejak Juli 2019, dan kenaikan bulanan terbesar sejak Mei 2015, menurut laporan CoreLogic Home Value Index.

"Crown Group mengalami lonjakan kuat dalam penjualan selama tiga bulan terakhir dan kami berharap akan terus tumbuh secara eksponensial pada 2020," lanjut Prisca.

Pada Agustus 2019 lalu, Crown Group menjual proyek hunian di Sydney senilai total Rp 192 miliar dan pada September dan Oktober angka tersebut tetap kuat dengan penjualan lebih dari Rp.110 miliar setiap bulannya.

"Kami melihat tahun yang sangat kuat di depan, ditandai dengan minat baru dari pembeli karena fundamental pasar yang solid: suku bunga rendah, pembangunan hunian yang lambat dan meningkatnya permintaan," ujarnya.

Para ekonom sendiri memperkirakan bahwa terbatasnya pasokan apartemen baru, yang ditunjukkan oleh penurunan 20% dalam persetujuan pembanugunan apartemen pada bulan Juli, dikombinasikan dengan rekor suku bunga rendah, dapat memicu rebound yang cepat untuk harga hunian dalam beberapa bulan mendatang.

Ekonom Moody’s, Katrina Ell, meyakini bahwa koreksi harga hunian sebagian besar telah berlalu di sepanjang pantai timur.

Nilai apartemen di kota  Sydney diprediksi meningkat rata-rata 7,9% pada tahun 2020, diikuti oleh peningkatan sebesar 8,4% pada tahun 20121.

Laporan yang dibuat oleh CoreLogic  -Moody's juga memperkirakan pertumbuhan sebesar 7% pada tahun 2020 diikuti dengan peningkatan 7,8% pada tahun 2021 untuk Melbourne.

Laporan tesebut juga sesuai dengan perkiraan HSBC – pertumbuhan harga hunian sebesar satu digit pada tahun 2020 untuk Sydney dan Melbourn

Laporan akhir tahun yang dibuat oleh Commonwealth Bank of Australia juga memperekuat prediksi yang dibuat oleh CoreLogic – Moody’s.

Commonwealth Bank of Australia memperkirakan penurunan suku bunga deposito sebesar 0,5% pada bulan Maret 2020. Sementara tingkat hunian sewa di kota Sydney, diprediksi di bawah 3%. 

Sydney perlu mendorong kegiatan pembangunan hunian mendekati 35.000 Unit untuk memgimbangi  pertumbuhan penduduk yang terjadi dengan tingkat pembangunan saat Ini yang masih berkisar di angka 25.000 Unit

Lebih lanjut Commonwealth Bank of Australia juga menjelaskan beberapa kunci utama dalam cerahnya prospek tahun 2020 

Kondisi perekonomian dan pertumbuhan lapangan pekerjaan yang positif, tingginya pengeluaran pemerintah kota Sydney dalam hal infrastruktur trasporatsi yang mencapai Rp. 460 triliun, semakin menurunnya hutang usaha serta kembalinya kepercayaan di sektor pasar hunian.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Launching I Konser yang hadir di Indihome

Rabu, 29 Januari 2020 - 16:23 WIB

Indihome Sediakan i Konser Gaet Penikmat Musik

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui brand IndiHome terus berupaya menyediakan produk dan layanan yang berkualitas bagi seluruh segmen pelanggannya.

Kepala BKPM Bahlil Lahadalia (Tengah)

Rabu, 29 Januari 2020 - 16:00 WIB

Lampaui Target, Realisasi Investasi Tahun 2019 Tembus 800 Triliun

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyampaikan pencapaian realisasi investasi periode Triwulan IV (Oktober-Desember) 2019 sebesar Rp 208,3 triliun, meningkat 12…

Check Point Software Technologies Ltd

Rabu, 29 Januari 2020 - 15:25 WIB

Check Point Software Launches New Global Partner Program to Accelerate and Scale Channel Success

Check Point® Software Technologies Ltd, a leading provider of cyber security solutions, today announced the launch of its new global partner program. Developed in close consultation with hundreds…

Petani jagung

Rabu, 29 Januari 2020 - 15:24 WIB

Kementan Kawal Gerakan Pengendalian Spodoptera Frugiperda

Bulan Januari ini merupakan masa panen jagung di Kabupaten Gowa. Aktivitas memetik jagung yang telah menguning terlihat di berbagai wilayah. Tak terkecuali di Desa Sengka, Kecamatan Bontonompo…

Kimia Farma Lakukan Ekspor Perdana Bahan Baku Kosmetik ke Korea Selatan

Rabu, 29 Januari 2020 - 15:00 WIB

Kimia Farma Lakukan Ekspor Perdana Bahan Baku Kosmetik ke Korea Selatan

Berlokasi di Pabrik Cikarang, PT Kimia Farma (Persero) Tbk secara resmi melepaskan ekspor perdana bahan baku kosmetik (bedak dan lotion) ke Korea Selatan. Dalam seremoni pelepasan ekspor perdana,…